Apa Saja yang Harus Kita Cek Saat Beli Mobil Bekas?

Juli 16, 2024
By Getan Metodius
Apa Saja yang Harus Kita Cek Saat Beli Mobil Bekas?-otospector

Seperti yang kita ketahui jika nilai kendaraan mobil cenderung akan terus menurun walaupun usia kendaraan tersebut masih kondisi baru atau belum lama dimiliki oleh tangan pertama. Maka sebagian orang jika membeli mobil baru bukanlah sebuah keharusan yang dimiliki. 

Berikut ini ada beberapa tips buat kamu jika ingin membeli mobil yang bekas, kamu harus perhatikan dan simak tips berikut ini:

#1: Harus Melakukan Survei Terlebih Dahulu.

cek detail mobil bekas

Sumber: Suara.com

Tips pertama yang harus kamu ketahui adalah untuk melakukan survei sebelum kamu ingin membeli mobil bekas, baik survei secara langsung atau survei secara online.

Untuk survei secara langsung kamu bisa langsung datangi dealer mobil bekas tersebut, dengan melakukan survei secara kamu jadi bisa melihat ketersediaan serta kondisi mobil bekas tersebut.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Perhatikan dan Cek Kondisi dari Eksterior Mobil.

pengecekan eksterior bodi mobil

Yang harus di cek adalah bagian eksterior mobil bekas tersebut, seperti cek eksterior pada bagian mobil bekas tersebut. Disarankan untuk memilih mobil yang tidak terlalu banyak modifikasi dibagian mobil bekas tersebut. 

Lalu jangan lupa untuk cek bagian suspensinya, cara untuk mengeceknya adalah dengan cara kamu harus melihat apakah mobil bekas tersebut miring atau tidak, kemudian kondisinya berayun ketidak pintu bagasi ketika ditutup atau tidaknya.

Kemudian kamu juga harus perhatikan dan cek kondisi ban mobil bekas tersebut. Jika kondisi ban mobil bekas tersebut sudah mulai jelek akan mempengaruhi kinerja mobil bekas tersebut, dan kamu juga harus membelikan mobil yang baru lagi.

Perhatikan juga kondisi bagian kampas rem, karena kampas rem mobil yang masih baik akan memiliki ketebalan minimal di sisa ¼.

Baca juga: Harga Mobil Toyota Agya Bekas Dibawah 100 Juta

#3: Cek Identitas Penjualannya.

dokumen penjualan mobil

Sumber: Kompas

Mengetahui identitas penjualannya sangatlah penting untuk kamu jika kamu ingin membeli mobil bekas, jangan sampai mobil bekas yang akan kamu beli hasil dari pencurian, kejahatan, atau penipuan.

Kamu juga harus menanyakan tentang mobil yang kamu beli kenapa mobil bekas tersebut dijual serta alasan mobil bekas dititip jual ke dealer.

#4: Beli Mobil Bekas Sesuaikan Dengan Budget.

dana dan dokumen pembelian mobil bekas

Sumber: Momobil

Jika kamu ingin membeli mobil bekas, alangka baiknya kamu menanyakan berapa harga mobil bekas tersebut. Dengan kamu bisa merencanakan skema pembayaran sejak awal akan membantu kamu untuk mengurangi beban keuangan kamu. 

Jika mau dapat membeli mobil bekas tersebut ditangani pertama maka kamu bisa mendapatkan harga yang terjangkau dibandingkan kamu harus membelinya di dealer.

Untuk mobil bekas kamu bisa melakukan pembayaran secara kredit, over kredit atau secara tunai.

Namun jika kamu membeli mobil bekas tersebut dengan cara kredit maka kamu harus perhatikan bunga nya agar kelak tidak terlalu membebani keuangan kamu, dan jika kamu hendak ingin melakukan pembayaran secara tunai maka kamu harus mengeluarkan uang yang besar di uang muka nya dan kamu bisa memilih jangka waktu pembayaran yang lebih panjang juga. 

Dan kamu juga harus pastikan angsuran pembukanya agar tidak lebih dari 35% dari pemasukan bulanan. 

Dan jika kamu ingin membeli mobil bekas dengan over kredit, alangka baiknya kamu harus membawa pendamping dengan lembaga keuangan, agar mempermudah kamu untuk pengurusan dokumen di kemudian hari.  

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

#5: Cek Kondisi Mesin Mobil Bekas Tersebut.

mobil Rubicon bekas

Hal yang jangan sampai terlewatkan yaitu kamu harus cek kondisi mesin mobil tersebut.

Karena mesin merupakan salah satu yang komponen yang paling penting saat kamu ingin membeli mobil beka, lalu periksa mesin tersebut secara menyeluruh, seperti cek pada bagian kebocoran oli atau di komponen lainnya, dan jangan lupa untuk tetap perhatikan suara mobil sedang dinyalakan, apakah suara mesin tersebut kedengaran kasar atau halus.

Beli mobil bekas lebih tenang pakai Otospector.

Otofriends biar nggak salah pilih mending pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector aja ya. Otospector akan membantu kamu sebagai pihak independen dalam menilai mobil tersebut bagus atau tidak.

Jika proses inspeksi mobil ini selesai dan mobil lulus inspeksi maka akan mendapatkan layanan garansi. Kapan lagi bisa dapet keuntungan yang bertubi-tubi gini? Buruan hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Penyebab RPM Mobil Matic Naik Turun?

Mei 19, 2024
RPM mobil matic yang naik turun adalah tanda adanya ketidakberesan pada mesin atau sistem idle speed control. Pengemudi yang peduli kepada mobilnya, tentu bakal terganggu  dengan kondisi ini. Tetapi sebenarnya, yang lebih parah lagi kondisi ini bakal menyebabkan performa mobil yang tidak optimal bahkan mengakibatkan kerusakan. Kondisi RPM mobil matic yang naik turun bisa menyebabkan
Baca Lebih Lanjut

Cara Mudah Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu

Mei 18, 2024
Seperti yang kita ketahui, kaca film merupakan komponen yang sangat penting, karena berfungsi sebagai untuk penolak panas ketika kita di kabin mobil dan juga berfungsi untuk menjaga privasi penumpang. Di zaman sekarang ini banyak sekali merek kaca film yang mudah ditemui baik itu asli atau palsu. Tapi kalau nggak hati-hati kamu bisa dapetin yang aspal,
Baca Lebih Lanjut

Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
Baca Lebih Lanjut