Klik disini untukJual Mobil Anda

SYARAT & KETENTUAN

Harap dibaca dengan teliti Syarat dan Ketentuan berikut sebelum menggunakan situs dan/atau layanan dari PT. Otospector Global Indonesia (“Otospector”). Dengan menggunakan situs dan/atau layanan kami, Anda kami anggap telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan yang berlaku di bawah ini.

Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan di bawah, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan kami dan dipersilakan untuk meninggalkan situs dan tidak menggunakan layanan Otospector.

Dengan menggunakan layanan kami, Anda mempercayakan informasi Anda kepada kami. Harap dibaca Kebijakan Privasi kami agar Anda memahami informasi apa yang kami kumpulkan, alasan dan bagaimana kami menggunakannya untuk membangun layanan yang Anda gunakan.


Laporan dan Sertifikat Inspeksi


1.
Laporan dan sertifikat inspeksi adalah berdasarkan hasil pemeriksaan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan, kami tidak bertanggung jawab atas segala perubahan kondisi yang terjadi pada kendaraan setelah inspeksi dilakukan.
2.
Untuk menghindari terjadinya perubahan kondisi kendaraan, kami menyarankan Anda untuk memastikan tanggal pada laporan dan/atau sertifikat inspeksi masih dalam rentang waktu yang berdekatan dengan waktu rencana Anda membeli kendaraan tersebut.
3.
Selain jaminan yang diberikan melalui Garansi Otospector, kami tidak memberikan jaminan lain dalam bentuk apapun atas hasil inspeksi kami. Harap dibaca dengan teliti persyaratan dan ketentuan Garansi Otospector yang tercantum di bawah.
4.
Fokus dari jasa inspeksi mobil bekas. Otospector adalah untuk mendeteksi indikasi tabrakan besar, indikasi terendam banjir, indikasi kerusakan pada komponen mekanis mesin dan transmisi kendaraan.
5.
Komponen kendaraan yang diperiksa akan tercantum pada laporan inspeksi. Jika komponen tidak tercantum, maka kami tidak melakukan inspeksi terhadap komponen tersebut.
6.
Kami hanya dapat mendeteksi kerusakan yang terlihat pada saat inspeksi. Ada kemungkinan adanya kerusakan internal yang tidak bisa terdeteksi karena inspeksi dilakukan tanpa membongkar komponen kendaraan.
7.
Kami tidak dapat mendeteksi keaslian odometer kendaraan yang kami inspeksi.
8.
Kerusakan visual yang wajib dilaporkan adalah yang jelas terlihat dan berdiameter minimal 15 cm. Selain itu, kerusakan mungkin tidak dilaporkan karena bersifat minor dan pelaporan akan tergantung pada penilaian teknisi kami di lapangan.
9.
Pernyataan pada laporan dan sertifikat inspeksi, termasuk skor pada laporan inspeksi, adalah opini kami terhadap kondisi kendaraan pada saat inspeksi dilakukan. Opini ini berdasarkan standar internal Otospector yang kami tetapkan sendiri berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan inspeksi kendaraan.
10.
Sebelum menggunakan layanan kami, pastikan Anda mengerti setiap istilah yang tercantum pada laporan dan/atau sertifikat inspeksi. Harap dibaca dengan teliti definisi dari istilah yang kami gunakan di sini.
11.
Pihak peminta inspeksi bertanggung jawab memastikan pemilik mobil bersedia mobilnya diperiksa oleh Otospector. Jika inspeksi tidak dapat dilakukan secara optimal dikarenakan pemilik mobil tidak bersedia, maka hal ini adalah sepenuhnya tanggung jawab pihak peminta inspeksi.
12.
Jika inspeksi tidak dapat dilakukan secara optimal, maka ada kemungkinan kami tidak dapat mengeluarkan penilaian skor pada laporan inspeksi, pernyataan bebas dari indikasi tabrakan besar dan/atau terendam banjir, karena laporan kami harus berdasarkan data inspeksi yang lengkap.
13.
Demi menjaga kelancaran jadwal inspeksi, jika terjadi keterlambatan lebih dari 20 menit dari pihak customer atau pemilik mobil, maka kami berhak membatalkan atau menjadwalkan ulang inspeksi.
14.
Kami berhak merubah jadwal inspeksi yang sudah ditentukan apabila terjadi hambatan di luar kendali kami, misal: cuaca di lokasi kendaraan yang tidak mendukung.
15.
Ada beberapa titik inspeksi yang tidak selalu memungkinkan untuk dilakukan, misal: scan OBD, kelengkapan dokumen. Titik inspeksi yang tidak bisa dilakukan akan dilewati dan dicatat di laporan kami.
16.
Perlu diingat juga bahwa terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil inspeksi, misalnya, kebersihan kendaraan, luas lokasi inspeksi, pengaruh cahaya terang/gelap, atau human error.
17.
Data hasil inspeksi akan kami berikan kepada pihak yang meminta inspeksi. Akan tetapi, data tersebut adalah milik kami, dan kami berhak untuk menjual dan/atau mengalihkan data tersebut ke pihak lain bilamana diminta atau diperlukan.
18.
Kami tidak akan memberikan rekomendasi kepada Anda apakah Anda harus membeli kendaraan yang sudah diinspeksi atau tidak. Lebih lanjut, kami tidak bertanggung jawab atas sah atau tidaknya hak penjual kendaraan untuk menjual kendaraannya kepada Anda.
19.
Pemeriksaan dokumen tidak selalu bisa dilakukan, untuk sertifikat Otospector, dokumen dinyatakan lengkap berdasarkan pernyataan dan komitmen dari dealer rekanan kami bahwa semua mobil yang dijual akan mempunyai surat yang lengkap.
20.
Permintaan pengembalian biaya inspeksi yang sudah dibayar dapat dilakukan maksimal 1 (satu) kali per customer dan hanya jika inspeksi belum dilakukan. Pengembalian akan dipotong biaya administrasi sebesar 50%.
21.
Biaya inspeksi yang sudah dibayar akan hangus apabila pembatalan inspeksi dilakukan secara mendadak dan/atau sepihak.
22.
Pengembalian biaya inspeksi tidak dapat dilakukan untuk pembelian promo paket inspeksi, jika salah satu inspeksi sudah dilaksanakan.
23.
Biaya inspeksi yang sudah dibayar dan belum digunakan akan disimpan sebagai deposit. Deposit akan hangus dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah tanggal pembayaran jika tidak digunakan.
24.
Otospector tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun yang timbul baik secara langsung maupun tidak langsung yang berhubungan dengan keputusan pembelian kendaraan yang kami inspeksi. Jasa kami hanya bersifat membantu dan kami selalu menyarankan untuk melihat kendaraan terlebih dahulu sebelum membeli untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai dengan harapan Anda.


Garansi Otospector


1.
Garansi Otospector adalah perjanjian garansi atas kendaraan untuk memberikan kompensasi biaya perbaikan atau penggantian suku cadang kendaraan yang mengalami kerusakan.
2.
Yang dimaksud dengan “garansi atas kendaraan” adalah garansi terhadap kendaraan sebagai “alat” dan bukan garansi atas pemakaian alat tersebut sebagaimana diatur dalam sertifikat garansi Otospector.
3.
Jaminan garansi Otospector tunduk kepada perjanjian garansi sebagaimana diatur oleh pasal 1316 KUHPerdata serta Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 1999 dan bukan merupakan produk asuransi.
4.
Garansi ini adalah garansi terbatas yang berlaku spesifik pada suku cadang atau komponen kendaraan yang tercantum pada sertifikat garansi. Jika komponen tidak tercantum, maka komponen tersebut tidak kami jamin.
5.
Garansi diberikan melalui proses pengajuan dan persetujuan oleh Otospector.
6.
Jika data pengajuan garansi ditemukan palsu atau tidak benar, maka bisa mengakibatkan garansi tidak berlaku dan/atau penolakan klaim perbaikan, tanpa pengembalian biaya garansi.
7.
Garansi Otospector tidak menjamin perbaikan untuk kondisi atau kerusakan yang terjadi sebelum garansi aktif atau selama masa tenggang sebagaimana diatur dalam sertifikat garansi.
8.
Segala ketentuan mengenai jaminan garansi diatur dalam sertifikat garansi yang akan dikirimkan setelah data pengajuan garansi diterima dan disetujui. Harap dibaca sertifikat garansi yang dikirimkan dengan seksama.
9.
Dengan terbitnya sertifikat garansi, pemilik kendaraan dianggap menyetujui segala syarat dan ketentuan mengenai garansi.
10 .
Untuk melakukan klaim garansi, pemilik kendaraan harus mengikuti prosedur klaim yang tercantum pada sertifikat garansi.
11 .
Jika melakukan perbaikan tanpa mengikuti prosedur klaim, maka klaim yang diajukan oleh pemilik kendaraan tidak akan diproses atau gugur.
12 .
Penggantian biaya hanya berlaku untuk perbaikan yang sudah disetujui dan dilakukan di bengkel yang ditunjuk oleh Otospector.
13 .
Garansi akan batal dengan sendirinya, ketika kendaraan bermotor telah berpindah kepemilikan atau diperjualbelikan.
14 .
Dalam hal terjadi inkonsistensi atau perbedaan interpretasi di antara ketentuan dalam sertifikat garansi dengan persyaratan dan ketentuan di sini, maka ketentuan yang berlaku adalah ketentuan yang tercantum pada sertifikat garansi.


Definisi Tabrakan Besar


deskripsi-mobil-bekas-tabrakan-otospectorTabrakan kami tetapkan berskala besar jika kerasnya benturan mengakibatkan kerusakan struktur rangka utama kendaran yang melindungi kabin interior (ditandai warna merah pada diagram di atas). Selain mengurangi keamanan penumpang, tabrakan ini akan mengganggu fungsi kendaraan dan tidak bisa diperbaiki seperti semula.

Benturan yang terjadi pada kolong mobil tidak termasuk dalam indikasi tabrakan.


Definisi Terendam Banjir


Kendaraan kami definisikan terindikasi terendam banjir jika air masuk dan merendam kabin interior dengan tinggi minimal di atas tempat duduk jok mobil, seperti tergambar pada diagram di bawah.deskripsi-mobil-terendam-banjir-otospector
Jika mobil menerjang banjir atau air masuk ke dalam kabin tapi ketinggian air lebih rendah dari batas yang ditentukan seperti pada diagram di atas, maka mobil tersebut masih bisa kami definisikan bebas dari indikasi terendam banjir.


Syarat dan Ketentuan di atas dapat berubah dan/atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Otospector menyarankan agar Anda membaca dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun.

Dengan tetap menggunakan situs dan/atau layanan Otospector, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan kami.