5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Maret 05, 2024
By Thomas W
5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024-otospector

Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia.

Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan konsumen, khususnya untuk kendaraan penumpang. Apalagi ban sangat berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Kita bakal bedah beberapa rekomendasi merek ban mobil terbaik di Indonesia. Merek apa saja sih yang layak masuk dalam daftar merek ban mobil terbaik? Berikut 5 merek yang pilihan Otospector:

#1: Bridgestone

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2021

Merek asal Jepang ini termasuk salah satu produk ban terlama yang dijual di Indonesia, yakni sejak 50 tahun lalu. Ban yang didesain cocok untuk iklim tropis ini tersedia untuk beragam jenis kendaraan, dari mobil penumpang, truk, hingga alat berat. Brand ini punya berbagai tipe dan model ban yang sangat baik. Siapa yang suka dengan ban mobil bridgestone ini?

Bridgestone juga begitu populer karena menjadi ban bawaan mobil baru sejumlah merek ternama seperti Honda Brio RS, Honda Jazz RS, Mitsubishi Xpander, Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga Dreza, Toyota Sienta, sampai Toyota Kijang innova.

Ban ini dikenal berkualitas tinggi karena menurut produsennya ada banyak lembar anyaman paralel (cord) untuk membentuk rangka ban. Teknologi ini menghasilkan daya cengkeram yang kuat sehingga ban tidak mudah tergelincir. Desainnya juga stylish namun tetap fungsional.

Di kalangan konsumen Indonesia, Bridgestone dikenal sebagai ban paling tahan lama alias awet dipakainya.  Harga juga sesuai dengan kualitasnya hara mulai Rp420 ribu sampai Rp4,4 juta. Penggunaannya dalam kondisi normal sehari-hari bisa mencapai 2-3 tahun.

#2: GT Radial

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2021

Merupakan merek ban dari dalam negeri yang selain menguasai pasar, kualitasnya juga dianggap bisa bersaing dengan merek-merek luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Merek ini begitu populer di pasar karena produsennya, PT. Gajah Tunggal, fokus pada produksi ban pengganti yang pasarnya terus tumbuh. Meski begitu GT Radial juga memasok ban-ban untuk bawaan mobil merek tertentu seperti Suzuki Ertiga, Wuling Confero, dan Wuling Confero S.

GT Radial juga memiliki pilihan jenis dan ukuran yang cukup lengkap, khususnya untuk mobil penumpang, dari rim 13 sampai 20. Pilihan alur bannya juga tersedia mulai dari asimetris sampai sporty, karena itu sangat cocok digunakan untuk berbagai kondisi jalan kering maupun basah.

Soal harga juga sangat kompetitif, mulai dari Rp375 ribu sampai Rp1,4 juta. Tingkat keawetannya juga dikenal cukup baik. Untuk penggunaan normal sehari-hari, dapat dipergunakan antara 1-2 tahun.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Rajin Cek Tekanan Ban Mobil Bikin Kita Selamat, Ini Tipsnya

#3: Dunlop

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2021

Ban produksi pabrikan asal Amerika Serikat ini dikenal menerapkan berbagai teknologi terbaru untuk menghasilkan ban yang andal di berbagai kondisi jalan. Ban mobil dunlop sudah juga banyak digunakan di dunia, serta menjadi sponsor acara otomotif balapan, sehingga membuat ban ini jadi terkenal.

Saat mobil bermanuver ada teknologi Jointless Band Construction yang menjamin posisi ban bertahan secara optimal saat steering maksimal. Ketika menghadapi jalanan basah, ada pengaplikasian teknologi Asymmetric Tread Design yang menepis genangan air sehingga bisa meningkatkan daya cengkeram ban.

Istimewanya lagi, ada Noise Shield Technology yang bakal mengurangi tingkat kebisingan kabin sampai 50 persen. Teknologi ini mengikat lapisan advanced polyurethane foam ke permukaan internal ban. Bunyi ban lebih senyap tanpa mengurangi performanya.  

Di kalangan konsumen, Dunlop dikenal sebagai ban dengan karakteristik lebih empuk dibanding yang lain. Namun penggunaanya dalam kondisi normal sehari-hari, masih bisa sekitar 1-2 tahun.

Di pasaran, Dunlop punya pilihan yang variatif, dari rim 13 sampai 22. Untuk sebuah ban berteknologi impor, harga juga sangat kompetitif, yakni Rp342 ribu sampai Rp1,2 juta.

#4: Achilles 

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2021

Konsumen memilih ban mobil Achilles ini tentu karena beragam alasan, namun yang paling menonjol adalah faktor harga ban mobil yang ekonomis dengan performa yang cukup baik.

Sebagai produsen, PT. Multistrada Arah Sarana sengaja fokus pada pasar ban-ban mobil penumpang berukuran besar atau rim 16 sampai rim 25. Langkah ini didasari tren dunia juga bergeser ke arah ban-ban ukuran besar yang dipelopori BMW dan Mercedes-Benz.

Karena faktor tren itulah, selain andal di jalan, Achilles juga populer sebagai ban yang fashionable. Disukai para pehobi modifikasi mobil yang umumnya anak-anak muda.

Di pasaran, Achilles dikenal memiliki varian sangat beragam untuk setiap ukuran rim, sehingga konsumen punya banyak pilihan sesuai kebutuhan. Rentang harganya juga sangat lebar, mulai dari Rp380 ribu sampai sekitar Rp5,5 jutaan.

Meski merek ban ini berasal dari dalam negeri, Achilles juga mampu bersaing di pasar internasional melalui ekspor ke mancanegara.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ban Perlu Dirawat, Berikut Beberapa Tipsnya

#5: Michelin

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2021

Dibandingkan ban-ban merek lainnya, Michelin memang tidak terlalu terdengar di pasaran ban mobil penumpang di Indonesia. Merek ini lebih populer di dunia hobi dan balap, bahkan sangat populer di balapan sepeda motor.

Merek ban asal Prancis ini sebenarnya tak kalah andal di pasar roda empat. Apalagi ban ini juga dikenal sebagai ban bawaan mobil-mobil kelas premium antara lain dari keluarga Porsche, seperti Porsche 918 Spyder, Porsche GT3, dan Porsche Macan.

beli mobil bekas di tokopedia

Dengan target market untuk kelas mapan, tentu soal kualitas tidak perlu diragukan. Salah satu penerapan teknologi terbaru adalah memiliki compound karet ban dari full silica. Hasilnya tingkat kelembutan ban lebih tinggi dengan daya cengkeram yang lebih baik.

Berkat teknologi ini, ban sangat andal dalam kondisi jalan basah maupun pengereman mendadak bahkan ekstrem. Produsen Michelin mengklaim, jarak pengereman bisa 1,5 meter lebih awal dibanding merek lain. Jarak tempuh juga lebih baik 25 persen.

Di Indonesia, pilihan ban Michelin tidak sebanyak merek besar lain. Harganya berkisar antara Rp817 ribu sampai Rp4,8 juta.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Agar Interior Mobil Tidak Berjamur

April 08, 2024
Agar interior mobil tidak berjamur memang perlu dilakukan dalam perawatan kendaraan. Alasannya, karena jamur bukan cuma merusak keindahan, tapi juga merugikan kesehatan. Interior juga lama kelamaan akan rusak. Bagi pengemudi dan penumpang, ada lagi alasan lain yakni munculnya aroma tidak sedap alias kabin jadi berbau. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu perjalanan. Suasana kabin jadi
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin. Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas
Baca Lebih Lanjut

Mesin Bergetar Sampai ke Kabin, Ini 5 Penyebabnya

April 07, 2024
Mesin bergetar sampai ke kabin bisa menjadi pertanda bahwa satu atau beberapa komponen di dalam mesin sedang bermasalah. Tentu saja akibat  getaran, pengemudi maupun penumpang merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pusing karena juga ada kebisingan. Getaran memang wajar terjadi di saat putaran mesin atau RPM sedang rendah. Namun biasanya getarannya tidak sampai ke
Baca Lebih Lanjut