Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
By Thomas W
Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil-otospector

Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini. Tidak bisa sembarangan, karena pada dasarnya over kredit adalah pengalihan jaminan utang debitur pada leasing. Jadi ada aspek legal yang harus diperhatikan.

Agar semakin jelas dan berhati-hati, mari kita cermati beberapa rambu-rambu over kredit mobil dan cara perhitungannya:

#1: Over Kredit Harus Sepengetahuan Bank Atau Leasing

Perhitungan Over Kredit Mobil

Sumber: Hartfourt Courant

Over kredit pada dasarnya adalah pengalihan status kepemilikan kredit dari pihak penjual kepada pembeli. Artinya, akan terjadi pengalihan jaminan utang debitur pada leasing atau lembaga keuangan sebelumnya.

Risiko dari transaksi jual-beli di bawah tangan adalah leasing atau lembaga pembiayaan yang pertama bakal menanggung biaya ganti rugi. Karena itu hindarilah transaksi yang tanpa sepengetahuan bank atau leasing.

Baca juga: Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

#2: Pembeli Membayar Kompensasi

Perhitungan Over Kredit Mobil

Sumber: Aofund.org

Dalam proses over kredit pihak penjual akan mendapatkan kompensasi dari pembeli atas uang muka yang telah dibayarkan beserta besaran angsuran ataupun kredit yang telah dibayarkan.

Angsuran atau kredit yang tersisa selanjutnya akan diteruskan pelunasannya oleh pembeli.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Transaksi Harus Transparan Dan Adakan Perjanjian Kontrak

Perhitungan Over Kredit Mobil

Sumber: SegevLLP

Penjualan secara over kredit baru bisa dilakukan setelah pencicilan dilakukan selama 6 bulan. Apabila ada kredit yang belum lunas, maka penjual wajib melunasi sebelum over kredit.

Jika penjualan dilakukan karena tidak mampu melanjutkan biaya cicilan, maka harus dipastikan pihak leasing atau pembeli akan melunasi.

Komunikasikan selalu segala sesuatu sebelum melakukan perjanjian kontrak. Serta jangan lupa menandatangani persetujuan.

#4: Persyaratan Administratif Over Kredit Mobil

Perhitungan Over Kredit Mobil

Sumber: Kompas.com

Lengkapilah beberapa persyaratan seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Slip Gaji atau Surat Keterangan Kerja yang Asli
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Rekening Koran atau Tabungan selama Periode 3 Bulan Terakhir
  • Rekening Listrik atau PBB dan Rekening Telepon
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5. Lakukan Inspeksi Mobil Terlebih Dahulu

Perhitungan Over Kredit Mobil

Sumber: Otospector

Meski Otofriends membeli mobil dari orang atau penjual yang terpercaya, tidak ada salahnya untuk memastikan kondisinya dengan melakukan inspeksi mobil terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan gambaran tentang kondsi mobil secara lengkap, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang rinci dan dilakukan oleh tenaga profesional, maka akan didapat hasil laporan yang memuaskan.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling Depok 2024

#6: Cara Menghitung Over Kredit Mobil

Perhitungan Over Kredit Mobil

Sumber: Geeksforgeeks

Contoh: Pihak kedua akan over kredit dari pihak pertama dengan angsuran selama 18 bulan. Angsuran yang sudah berjalan adalah 9 bulan. Besarnya angsuran per bulan Rp5 juta. Bunga cicilan 10%. Harga mobil Rp130 juta. Biaya modifikasi dan lain-lain Rp2 juta.

Rumus yang dapat dipakai adalah Harga kendaraan sekarang + (bunga x harga sekarang) + (lama asuransi x harga asuransi) + biaya modifikasi – jumlah sisa angsuran.

Perhitungannya:  Rp130 juta + (10% x Rp130 juta) + (1/2 x Rp12 juta) + Rp2 juta – (9 x Rp5 juta) = Rp106 juta.

Pihak kedua atau pembeli juga perlu membayar biaya administrasi untuk over kredit. Biayanya berkisar Rp800 ribu sampai Rp3 jutaan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca Lebih Lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

Januari 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut