Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

Maret 08, 2024
By Getan Metodius
Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?-otospector

Mana nih yang mau otw mudik lebaran tahun 2024? Spesial buat kamu yang bawa mobil udah berumur atau tua. Jangan lupa cek beberapa komponen yang bisa menyebabkan penyakit untuk mobil-mobil tua.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Buat yang pada mau otw mudik, terutama saat dua minggu mau lebaran, biasanya jalanan cukup macet. Nah saat mudik emang nggak bisa diprediksi bakalan ada macet dimana, dan biasanya yang agak ribet, kalau kita bawa mobil tua. Pasti rasanya deg-degan banget, takut mobil tiba-tiba bermasalah dijalan.

Karena nggak seperti mobil baru, mobil tua itu udah butuh banyak perhatian dan juga perawatan. Terlebih saat ingin dibawa saat mudik lebaran, biasanya apa aja sih penyakit-penyakit dari mobil yang udah tua? Kita bakal bedah secara detail penyakit-penyakit mobil tua.

#1: Cepat panas berlebih (overheat).

mobil overheat

Sumber: Freepik

Kalau ini sih emang udah bukan rahasia umum otofriends, mobil lawas paling sering kumat overheat. Ini disebabkan karena adanya kegagalan dari sistem pendinginan yang bikin mesin terlalu panas. Dan seringkali juga disebabkan karena bocornya sistem pendingin serta juga ada kebocoran pada thermostat.

Tentu overheat bikin mobilitas jadi terganggu, kita sebagai pengemudi bisa mengenali mobil sedang overheat dari indikator suhu yang meningkat di dashboard. Atau bahkan jika sudah sangat parah, akan keluar asap dari kap mesin mobil.

Jika ini terjadi pada mobil lawas kamu saat mudik, minggir dulu di tempat yang aman dan memeriksanya ya. Biarkan dingin secara alami, periksa kebocoran pada pendingin dan pastikan juga thermostat berfungsi dengan baik, jika diperlukan tambah cairan pendingin mesin, jika ada bengkel yang dekat, tidak ada salahnya langsung bawa ke bengkel.

Baca juga: Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini 5 Keuntungan Dan Kerugiannya Update 2024

#2: Masalah pada sistem pengapian.

pengapian mobil

Sumber: duitpintar

Selain overheat, ada juga masalah selanjutnya yang sering dijumpai pada mobil-mobil lawas. Yaitu kendala pada sistem pengapian mobil, dimana komponen busi, kabel atau juga koil aus bisa membuat mobil tidak berjalan lancar saat dikendarai.

Tandanya mudah, jika saat dikendarai mobil sering mati mendadak, ini bisa jadi ada masalah pada penagapian, begitupun gejala seperti mesin susah menyala.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Masalah pada sistem pelumas.

filter udara mobil

Sumber: Mobbi

Karena mobil yang udah berumur itu cenderung ada beberapa penyakit yang membandel. Kamu perlu rutin memantau kondisi pelumasannya, sistem pelumasan yang baik tentu bisa menjaga mobil dari kebocoran oli, sampai pada peningkatan gesekan mesin.

Kuncinya perlu melakukan perawatan yang rutin, ganti oli yang sesuai, jangan pakai kekentalan yang kecil, gunakan mulai dari 10W. Rutin juga ganti filter oli pada inverval yang udah direkomendasiin. Pastiin sering cek penurunan volume atau penurunan tekanan oli supaya nggak terjadi seperti ini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Catat! Biaya Cat Mobil Dipengaruhi 5 Faktor Ini

#4: Masalah pada transmisi.

transmisi mobil

Sumber: antaranews

Sistem transmisi juga sering terjadi pada mobil-mobil lawas. Seperti contoh gejalanya adalah perpindahan transmisi yang keras saat diganti, mobil sulit bergerak sampai ada suara kasar saat pergantian transmisi.

Penyebabnya dari transmisi mobil itu sendiri yang udah mulai aus, fluida transmisi yang kotor, sampai kopling yang rusak. Oleh karena itu, langkah terbaik adalah rutin ganti fluida transmisi secara berkala, melakukan penyetelan ulang di kopling atau ganti komponen-komponen transmisi yang sekiranya sudah butuh diganti.

#5: Karat dibagian besi-besi.

karat di mobil

Sumber: shutterstock

Namanya mobil udah tua, otofriends harus lebih jeli dan juga teliti. Dimana karat bisa aja muncul pada sisi mobil, seperti pada lubang di bodi sampai bodi yang sudah mulai retak. Itulah beberapa tanda yang bisa aja kamu kenali.

Ini semua terjadi karena, paparan udara yang berlebihan dan juga perawatan yang tidak benar bisa membuat karat muncul. Lakukan pengecatan ulang dan perbaikan pada bagian bodi yang rusak, serta melakukan perawatan berakala untuk cegah korosi tadi muncul kembali.

Pastikan mobil sehat saat dibawa mudik lebaran:

Udah berapa kali bang min bilang, yang namanya mudik lebaran itu seru sekaligus bisa menjadi ajang perawatan besar untuk mobil. Makanya sebelum mudik, kamu perlu pastikan semua komponen mobil siap untuk berangkat.

Termasuk untuk yang mau beli mobil bekas berkualitas nih, kamu perlu mengecek mobil bekas yang akan kamu beli. Biar nggak salah beli dan gak repot sendiri buat ngecek, mending pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja ya. Inspeksi mobil dari Otospector sangat detail, pengecekan per satu unit bisa sampai 1 jam.

Jadi ketika kamu udah dapat laporan inspeksi mobil tersebut lulus inspeksi, baru deh kamu bisa beli dan tenang saat mudik lebaran nanti.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

4 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Surabaya 2024

Maret 11, 2024
Beli kendaraan itu tidak selalu dituntut untuk yang baru, kendaraan second atau bekas jika kita memilihnya cermat, kita akan menemukan seperti mobil berkualitas seperti mutiara. Otofriends tahu kan kalau beli mobil bekas itu punya beberapa keuntungan, pertama keuntungan dari sisi nilai pembelian yang tidak terlalu mahal, lalu selanjutnya adalah jika kita memilih mobil yang tepat
Baca Lebih Lanjut

Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Maret 11, 2024
Ada sebagian orang yang memilih servis berkala mobil di bengkel resmi, sementara sebagian lagi memilih ke bengkel biasa. Kedua pilihan itu tentu tidak masalah, asalkan tetap dilakukan perawatan kendaraan sesuai periode servisnya. Service mobil tetap dalam kondisi prima secara berkala. Service jadi salah satu cara agar mobil bisa tetap sehat, service untuk mobil harus dilakukan.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Matic Murah Harga Dibawah 100 Juta, Per 2024

Maret 10, 2024
Arus lalu-lintas di perkotaan yang padat namun tetap ada kebutuhan dalam efisiensi berkendara, membuat konsumen saat ini banyak mencari mobil matic murah. Membeli mobil udah jadi kebutuhan dan bukan lagi barang mewah, disini kita bahas rekomendasi mobil matic murah terbaik. Bagi sebagian orang, transmisi otomatis memang masih terkesan mahal. Tapi itu tidak berlaku lagi setelah
Baca Lebih Lanjut