Klik disini untukJual Mobil Anda

Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini Keuntungan Dan Kerugiannya

Mei 18, 2022
By Thomas W
Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini Keuntungan Dan Kerugiannya-otospector

Meski teknologi pengecatan sudah sangat berkembang, namun cat duco mobil masih jadi alternatif pilihan terbaik bagi sebagian orang. Semua itu karena pengecatan dengan cara ini masih dianggap lebih praktis dan ekonomis untuk mengatasi problem pada cat bodi mobil.

Ada banyak alasan pemilik mobil mengecat mobilnya. Mulai dari baret, tabrakan, cat pudar, atau sekadar modifikasi. Namun jika sudah menyangkut biaya dan kualitas, pemilik akan memilih yang berkualitas namun harga masih terjangkau. Pilihannya memperbaiki di jasa cat duco mobil.

Sebenarnya apa saja keunggulan dan kelemahan dari jasa pengecatan duco ini? Coba kita pahami dulu beberapa fakta berikut ini:

#1: Pengertian Cat Duco

Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini Keuntungan Dan Kerugiannya

Banyak orang salah memahami arti cat duco. Dikira, cat duco merujuk pada teknologi pengecatan yang berbeda dibanding cat di bengkel-bengkel resmi atau bengkel besar. Kasarannya, metode pengecatan pinggir jalanlah.

Padahal “duco” sebenarnya jenis cat, di mana Duco sendiri adalah varian cat dari DuPont Paint.  

DuPont Duco merupakan cat berjenis nitrocellulose (NC). Karena cat ini begitu populer di masa lalu, akhirnya semua jenis cat NC disebut Duco.

#2: Perbandingan Cat NC dan PU

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Dibandingkan dengan bahan pembuatan cat lain (seperti misalnya dengan polyurethane – PU) cat NC punya keunggulan. Antara lain harga cat NC lebih murah dan lebih cepat kering.

Tapi sayangnya cat NC kurang tahan terhadap panas, sehingga lebih cepat pudar kilau warnanya dibanding cat PU.

Karena dua keunggulan itu, maka cat ini jadi andalan bengkel-bengkel cat yang menjual kecepatan pengerjaan dengan harga miring pula. Di Jakarta, jasa pengecatan semacam ini bisa dilihat di sekitar kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Sementara jka menggunakan cat PU, biaya menjadi lebih mahal. Hal ini mengingat proses pengeringannya harus menggunakan oven yang membutuhkan lagi ruangan dan energi listrik.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

#3:  Kelebihan Mengecat Di Cat Duco

Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini Keuntungan Dan Kerugiannya

Jika memang Otofriends memilih mengecat di tempat cat duco, maka kelebihan yang langsung dirasakan adalah harga. Bahan cat harganya lebih murah dengan ongkos pengerjaan yang bisa ditawar.

Sekadar gambaran, saat ini untuk biaya pengecatan per panel berkisar antara Rp150 ribu sampai Rp250 ribu. Bandingkan dengan harga di bengkel cat yang mematok harga setidaknya Rp1 juta hingga Rp1,5 juta untuk bagian yang kecil atau per panel.

Kelebihan lain adalah proses yang sangat cepat. Dalam waktu sekitar satu jam, mobil sudah bisa digunakan kembali. Sementara di bengkel cat, bisa sampai berhari-hari karena pengeringannya membutuhkan proses yang lain.  

#4: Kelemahan Pengerjaan Di Cat Duco

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Sayangnya pengerjaan dengan cat duco punya kelemahan utama yakni hasil cat belang. Hal ini terjadi karena kualitas pendempulan dan pencampuran warna sulit untuk bisa sama persis dengan warna cat orisinilnya.

Risiko lain adalah cat bisa terlihat tidak rapi. Jika pengaplikasian cat terlalu tebal maka akan terjadi gumpalan dari tetesan cat yang membeku di bagian bawah cat.

Pengecatan yang dilakukan di tempat sembarangan juga rentan terhadap paparan debu saat proses pengeringan. Debu yang menempel bisa menimbulkan noda dan membuat tekstur tidak mulus.

Kelemahan yang cukup merugikan, warna cat juga bisa cepat pudar. Terutama jika hasil pengecatan tidak dirawat dan dicegah dari kerusakan.

#5:  Perawatan Hasil Pengecatan

Sarung Mobil

Meski kelemahan cat duco adalah warna cepat pudar, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diantisipasi. Caranya mudah yakni cukup dengan tidak memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung.

Akibat parkir di tempat terbuka, sinar matahari yang dikombinasikan dengan air hujan, akan membuat hasil pengecatan jadi lebih mudah rusak.

Otofriends juga bisa merawat hasil cat duco dengan memberi cover pada mobil. Selain bisa menghindarkan debu dan kotoran, cover membuat permukaan cat tidak tergores.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Catat! Biaya Cat Mobil Dipengaruhi 5 Faktor Ini

Apakah kondisi cat mobil bisa menentukan nilai atau harga dari sebuah mobil bekas?

Tentu saja. Dari kondisi cat kita bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah dilakukan perbaikan bodi atau bahkan dicat ulang. Dua kondisi itu bisa menjadi indikasi apakah mobil tersebut pernah tabrakan hebat atau kecelakaan.

Nah, untuk mengetahui kondisi cat mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan peralatan dan inspektor yang andal, Otofriends bisa mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Dari sinilah kita akan dapat memilih mobil bekas yang terbaik sesuai harapan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya