Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

November 05, 2023
By Thomas W
Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi-otospector

Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel, termasuk di mana pengecatan dilakukan. Bahkan pengecatan di bengkel resmi dengan bengkel umum juga bisa berbeda cukup signifikan.

Nah, biar semakin paham seputar biaya cat mobil, yuk kita bahas dari fakta-fakta berikut ini:

#1: Biaya Cat Mobil Full Body Di Bengkel Umum

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Total biaya pengecatan di bengkel umum biasanya lebih murah dibanding bengkel resmi. Namun Otofriends harus benar-benar memastikan bengkel umum yang terpercaya agar hasilnya maksimal dan harganya bersahabat.

Maklum, pengecatan full body di bengkel umum biasanya menggunakan teknik cat oven atau dijemur di bawah terik matahari secara langsung.

Karena pengeringan langsung, agar hasilnya maksimal, pilih jenis cat yang berkualitas serta bahan yang lebih mudah kering. Langkah ini membuat proses pengeringan lebih cepat sehingga terhindar dari partikel-partikel yang menempel dan dapat merusak permukaan cat.

Untuk biaya pengecatan tergantung jenis cat. Jika memakai bahan dasar Blinken, Apsara, DuPont dan Nippon Paint, biasanya adalah Rp4 juta. Sedangkan menggunakan bahan Spies Hecker atau Sikkens, biaya berkisar Rp6,5 juta – Rp9 juta.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Mobil Yang Terawat Bisa Terlihat Dari Kondisi Cat. Begini Cara Mengeceknya

#2:  Biaya Pengecatan Per Panel Di Bengkel Umum

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Biaya pengecatan akan lebih murah jika hanya melakukan pengecatan beberapa panel saja.

Jika menggunakan cat jenis polyurethane, biaya cat per panel:

  • Standard panel pintu, spakbor/fender bumper, side skirt dan spoiler atau wing berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 450.000
  • Kap mesin dan bagasi berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 600.000
  • Atap mobil berkisar Rp 500.000 hingga Rp 800.000

Jika ingin biaya cat yang lebih murah, bisa dipilih bahan Acrylic Lacquer. Kisaran harga untuk pengecatan per panel:

  • Kap mesin        : Rp 450.000
  • Kabin            : Rp 650.000
  • Kap bagasi        : Rp 350.000
  • Pintu per panel    : Rp 350.000
  • Fender per panel     : Rp 350.000
  • Bemper depan    : Rp 350.000
  • Bemper belakang     : Rp 350.000

#3: Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Biaya cat mobil full body di bengkel resmi biasanya tergantung dari merk mobil. Contoh biaya pengecatan mobil Toyota di bengkel resmi berkisar antara Rp 7.000.000  hingga Rp 17.000.000 tergantung ukuran mobil. Biaya sudah termasuk biaya kerok total.

Jika dirinci per merek, kisaran biaya pengecatan mobil full body di bengkel resmi Toyota contohnya:

  • Toyota Agya    : Rp 7.000.000
  • Toyota Avanza    : Rp 10.400.000
  • Kijang Innova    : Rp 11.811.000

#4: Biaya Cat Body Mobil Per Panel Di Bengkel Resmi

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Bengkel resmi juga menawarkan servis pengecatan per panel. Biaya cat per panel di bengkel resmi berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 1.800.000 tergantung jenis mobil dan bagian yang akan dilakukan pengecatan ulang.

Biayanya cukup beragam tergantung bagian yang akan dilakukan pengecatan. Lokasi pengecatan di bengkel resmi atau bengkel umum juga menawarkan harga yang berbeda.

Sebagai acuan, inilah estimasi harga cat mobil per panel untuk jenis mobil Daihatsu Xenia:

  • Bumper : Rp 620.000
  • Fender : Rp 650.000 – Rp 700.000
  • Kap mesin : Rp 720.000 – Rp 750.000
  • Biaya cat mobil Bagasi : Rp 750.000 – Rp 800.000
  • Pintu belakang/bagasi : Rp 720.000 – Rp 750.000
  • Roof : Rp 1.800.000
  • Triplang Kaki Bawah : Rp 450.000

Pada jenis mobil dan ukuran yang berbeda, biaya juga akan berbeda.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil

Apakah nilai jual dari sebuah mobil bekas bisa dipengaruhi oleh kondisi cat?

Kondisi cat mobil boleh dikatakan bisa mewakili kondisi mobil secara keseluruhan. Sebab dari kondisi cat kita bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah dilakukan perbaikan bodi atau bahkan dicat ulang. Perbaikan dan pengecatan bodi juga bisa jadi indikasi apakah mobil tersebut pernah tabrakan hebat atau kecelakaan.

Untuk mengetahui kondisi cat mobil bekas dan kondisi bodinya, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan peralatan dan inspektor yang andal, Otofriends bisa mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Dari sinilah kita akan dapat memilih mobil bekas yang terbaik sesuai harapan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Begini Cara Top Up E-Money Di HP

Januari 08, 2024
Cara top up e-money di HP sangat penting dipahami oleh para pengguna jalan tol. Alasan pertama, tentu karena saat ini semua pembayaran tol di Indonesia saat ini memang hanya bisa dengan uang elektronik yaitu kartu emoney. Mau tidak mau, Otofriends harus menyediakan kartu e-money dengan saldo yang cukup. Namun suatu saat bukan tidak mungkin saldo
Baca lebih lanjut

Cek Poin-Poin Ini Ketika Mau Beli Mobil Bekas

Januari 08, 2024
Hai otofriends! Kalau lagi mikirin beli mobil bekas, ini nih tips seru buat kalian! Pertama, tindakan kamu membeli mobil bekas yang akan dijadikan mobil pertama adalah salah satu tindakan yang sangat tepat. Karena membeli mobil bekas bisa menjaga keuangan kamu, tidak terlalu terbeban akan DP sampai cicilan per bulan yang begitu besar. Tapi sebelum memutuskan
Baca lebih lanjut

Mulai 250jt Harga Toyota Fortuner Bekas Per 2024

Januari 08, 2024
Toyota Fortuner adalah mobil SUV yang menjadi salah satu mobil favorit konsumen di Indonesia. Selain karena performanya yang tangguh, penampilan keren, fitur lengkap, mobil ini juga menyandang brand Toyota yang sudah banyak dipercaya. Ga heran, kalau harga Fortuner bekas masih relatif stabil. Toyota Fortuner dijual dalam kondisi bekas di Indonesia sangat diburu, kamu salah satunya
Baca lebih lanjut