Cara Mengecek Indikasi Mobil Terawat dari Kondisi Cat

November 25, 2019
By Thomas W
Cara Mengecek Indikasi Mobil Terawat dari Kondisi Cat-otospector

Jika memang sudah terbiasa berhubungan dengan mobil bekas, tentu Anda tahu, mobil bekas dengan cat orisinil akan memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibanding mobil yang sudah dicat ulang. Apalagi kalau catnya terlihat terawat rapi, meski usia kendaraan sudah cukup tua.

Sayangnya, orang awam kadang masih sulit membedakan mana cat yang masih asli dan mana yang sudah dicat ulang. Sulit, namun bukan berarti tidak bisa. Asalkan tahu, cara-caranya berikut ini bisa dipraktikkan siapapun:

#1: Meraba bagian atas bumper

Bumper mobil

Bagi orang yang sudah terbiasa, tentu dapat membedakan apakah permukaannya kasar atau tidak. Lihat catnya belepotan atau tidak. Walau terlihat bersih, tapi di pinggirnya pasti kasar, karena bagian tersebut susah diampelas.

#2: Melihat gradasi warna bodi

Suzuki Splash

Secara kasatmata kita bisa melihat gradasi cat dari bodi luar. Dari situ akan terlihat keaslian cat, karena mobil-mobil sekarang pada umumnya menggunakan material fiber, seperti misalnya di bumper. Bagian tersebut mempunyai serapan cat yang berbeda dibandingkan dengan logam. Tentu saja, tindakan ini harus dilakukan di tempat yang cukup cahaya.

Baca juga: Mobil Bekas Juga Harus Dicek Kelistrikannya. Inilah 5 Komponen Yang Wajib Ditengok.

#3: Cat di atas side skirt

Sideskirt mobil

Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya.

#4: Dari sisi kaca pintu

Kaca pitu belakang

Di dekat karet-karet, tepatnya pada bagian pinggir, ada titik-titik yang bisa kita lihat apakah cat itu orisinil atau tidak.

Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya.

#5: Diuji menggunakan alat penguji ketebalan cat

Alat pengukur ketebalan cat

Alat pengecek ketebalan cat (coating thckness gauge) berfungsi untuk mengukur ketebalan cat di permukaan suatu material atau benda yang akan dicat. Cukup ditempelkan saja di permukaan benda yang dicat, kita bisa tahu apakah ada lapisan cat yang lebih tebal dari biasanya. Jika ada pelapisan, itu artinya, mobil pernah dicat ulang.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Bertransmisi Automatic? Simak Dulu 5 Fakta Ini

Mobil yang masih memiliki cat orisinil, sedari baru, tentu akan lebih dihargai ketimbang mobil yang sudah dicat ulang. Cat yang masih asli, juga bisa menandakan pemilik sebelumnya cukup rajin dalam perawatan mobil. Hal itu bisa diartikan, bagian-bagian lain juga ikut dirawat.

Melakukan pengecekan cat mungkin tidak mudah, terutama bagi Anda yang tidak biasa. Jika memang Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya, silakan gunakan jasa inspeksi kendaraan yang profesional dan independen untuk membantu Anda.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

April 27, 2024
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

April 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut