6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik 2024

Januari 10, 2024
By Thomas W
6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik 2024-otospector

Sekilas mungkin sebagian orang akan bingung ketika mendengar kata-kata: “mobil harga 20 jutaan”. Tapi jangan heran kalau kemudian akhirnya mereka malah jadi penasaran: mobil harga segitu kira-kira bentuknya kayak apa? Mobil bekas 20 jutaan ada disini.

Dengan anggaran yang minim tersebut tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada mobil yang layak pakai. Apalagi kalau Otofriends berburunya di daerah-daerah di mana mobil-mobil lawas rata-rata masih terawat. Mobil atau kendaraan roda empat bukan lagi barang mewah, dengan harga murah bisa dibeli.

Memilih mobil murah, biasanya sering diasumsikan membeli mobil tua karena harganya yang murah, perlu diperhatikan seperti ketersediaan onderdilnya yang mulai langka. Daripada bingung membeli mobil apa, atau bingung cari pilihan mobil dengan budget Rp 20 jutaan, baca artikel ini sampai habis. Mobil bekas harga 20 juta.

Yang jelas, pastikan dulu kondisi mobil dengan memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pastikan sebelum membeli mobil bekas dicek terlebih dulu. Agar Otofriends yakin bahwa tidak ada persoalan yang bakal merepotkan saat mobil dipergunakan sehari-hari.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Nah, biar gak penasaran, yuk kita intip 6 pilihan mobil bekas Rp 20 jutaan ini:

#1: Daihatsu Espass 1996-2000 – Rp 22 jutaan

Daihatsu Espass

Hadir pertama kali pada tahun 1995 untuk menggantikan Daihatsu Zebra, Ezpass langsung mendapat sambutan positif. Selain dikenal sebagai mobil keluarga yang dapat memuat banyak penumpang, keberadaan pintu geser-nya juga jadi daya tarik tersendiri.

Kehadirannya mendapat perhatian, pas untuk membuat keluarga menjatuhkan pilihan pada mobil ini. Dengan status minibus, tentu saja luas ruang kabinnya boleh diadu dengan mobil-mobil lain, tak terkecuali mobil sekelas Toyota Kijang atau Isuzu Panther.

Di pasaran Otofriends bisa menemui tiga jenis kubikasi mesin mobil ini yakni 1.300 cc, 1.500 cc, dan 1.600 cc. Istimewanya, ketiga-tiganya sama-sama terkenal irit konsumsi BBM-nya. Kalaupun ada kekurangan, sebatas pada bantingannya yang kurang lembut.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Semakin Murah, Berikut Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta

#2: Peugeot 306 1996-1999 – Rp 25 jutaan

6 Mobil Harga 20 Jutaan Ini Masih Layak Dilirik

Inilah satu-satunya wakil Eropa di deretan harga mobil 20 jutaan. Peugeot 306 ini sekaligus tipe Peugeot yang paling populer di pasaran Indonesia. Faktornya terutama adalah karena desainnya yang seperti tidak ketinggalan zaman.

Sebagai mobil Eropa, tentu 306 unggul di fitur yang tergolong mewah pada zamannya. Contoh ada power window, central lock, adjustable steering column, serta wiper belakang.

Dengan mesin 1.8 liter dan bobot tidak lebih dari 1.100 kg, 306 jelas unggul di akselerasi. Akselerasi 0 – 100 km/jam-nya cuma butuh 12 detik saja. Hanya saja kompensasinya tentu pada konsumsi BBM-nya yang lumayan boros yakni 6 km/liter.

#3: Suzuki Carry 2000-2004 – Rp 25 jutaan

6 Mobil Harga 20 Jutaan Ini Masih Layak Dilirik

Mobil ini adalah andalan Suzuki untuk segmen kendaraan niaga ringan dan penumpang pada era 1990-an. Menariknya, Carry memiliki banyak tipe bodi yang berasal dari berbagai karoseri terkenal saat itu.

Meski tampilannya mungil, keunggulan Carry adalah pada kabinnya yang cukup luas. Bahkan bisa digunakan untuk mengangkut sampai 9 orang. Kelincahannya saat bermanuver di lalu-lintas perkotaan, tidak perlu diragukan lagi.

Dalam kondisi bekas, di pasaran saat ini tersedia Carry Extra atau Carry 1.0 PV. Sementara Carry Futura harganya masih lebih tinggi Rp5 juta-Rp10 juta.  

#4: Suzuki Esteem 1992-1995 – Rp 22 jutaan

6 Mobil Harga 20 Jutaan Ini Masih Layak Dilirik

Di anggaran 20 jutaan, kita bisa mendapat sedan yang terlihat klasik dan sangat mewakili semangat tahun 1990-an atau yang sekarang dikenal dengan istilah motuba.

Dibangun dengan basis Suzuki Amenity yang sudah populer sebelumnya, Esteem rasanya memang sudah tidak fleksibel untuk zaman kini. Bodi terkesan mengkotak (boxy) yang ketika pada zamannya menjadi faktor pembeda dibanding kompetitor di kelasnya.

Esteem tersedia dalam dua pilihan kubikasi mesin yakni 1.300 cc dan mesin 1.600 cc. Keduanya masih sama-sama menggunakan karburator, sehingga membutuhkan perhatian ekstra.  

#5: Toyota Kijang Super 1988-1990 harga Rp 28 jutaan

Toyota Kijang Super

Rasanya mobil yang satu ini sudah tidak perlu diperkenalkan lagi. Selain mereknya sudah sangat mengakar, mesinnya juga dikenal sangat tangguh hingga puluhan tahun. Karena itu jangan ragu untuk meminangnya, jika memang suka.

Kijang Super sendiri diproduksi antara tahun 1986 sampai 1996. Dengan mesin 1.500 cc bawaan dari Kijang generasi sebelumnya, sensasi berkendara yang dihasilkannya juga masih sama.  

Kelebihan Kijang Super ada pada penyempurnaan sistem pasokan bahan bakar. Kemajuan juga ada pada sistem transmisi manual yang mencapai 5 kecepatan.

Baca juga: 5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

beli mobil bekas di tokopedia

#6: Sedan Timor 1997-2000 – Rp 23 jutaan

6 Mobil Harga 20 Jutaan Ini Masih Layak Dilirik

Sedan yang juga dikenal sebagai “mobnas” atau mobil nasional ini sebenarnya adalah Kia Sephia asal Korea Selatan. Di pasaran Indonesia, kita mengenal S515 sebagai model yang populer.

Timor diluncurkan pertama kali pada tahun 1996 dengan harga Rp35 jutaan. Jadi bisa dibilang harganya hingga kini sangat “stabil” jika tidak memperhitungkan inflasi.  

Menariknya, tampilan Timor ternyata juga tetap layak dengan zaman kini, karena desain eksteriornya yang terlihat luwes dengan zaman. Dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.988 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai  82 Hp, artinya cukup sesuai dengan kebutuhan di perkotaan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Maret 11, 2024
Ada sebagian orang yang memilih servis berkala mobil di bengkel resmi, sementara sebagian lagi memilih ke bengkel biasa. Kedua pilihan itu tentu tidak masalah, asalkan tetap dilakukan perawatan kendaraan sesuai periode servisnya. Service mobil tetap dalam kondisi prima secara berkala. Service jadi salah satu cara agar mobil bisa tetap sehat, service untuk mobil harus dilakukan.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Matic Murah Harga Dibawah 100 Juta, Per 2024

Maret 10, 2024
Arus lalu-lintas di perkotaan yang padat namun tetap ada kebutuhan dalam efisiensi berkendara, membuat konsumen saat ini banyak mencari mobil matic murah. Membeli mobil udah jadi kebutuhan dan bukan lagi barang mewah, disini kita bahas rekomendasi mobil matic murah terbaik. Bagi sebagian orang, transmisi otomatis memang masih terkesan mahal. Tapi itu tidak berlaku lagi setelah
Baca Lebih Lanjut

5 City Car Murah Harga 70 Jutaan Per 2024

Maret 10, 2024
Di pasaran mobil bekas, mobil city car murah masih jadi pencarian favorit bagi calon pembeli yang cermat dan punya anggaran terbatas. Mereka biasanya mencari mobil yang ekonomis, desain menarik, perawatan mudah, dan performa cukup baik. Adanya program Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah sejak tahun 2013 memang memberi konsumen lebih banyak pilihan city car
Baca Lebih Lanjut