Sekilas mungkin sebagian orang akan bingung ketika mendengar kata-kata: “mobil harga 20 jutaan”. Tapi jangan heran kalau kemudian akhirnya mereka malah jadi penasaran: mobil harga segitu kira-kira bentuknya kayak apa? Mobil bekas 20 jutaan ada disini.
Dengan anggaran yang minim tersebut tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada mobil yang layak pakai. Apalagi kalau Otofriends berburunya di daerah-daerah di mana mobil-mobil lawas rata-rata masih terawat. Mobil atau kendaraan roda empat bukan lagi barang mewah, dengan harga murah bisa dibeli.
Memilih mobil murah, biasanya sering diasumsikan membeli mobil tua karena harganya yang murah, perlu diperhatikan seperti ketersediaan onderdilnya yang mulai langka. Daripada bingung membeli mobil apa, atau bingung cari pilihan mobil dengan budget Rp 20 jutaan, baca artikel ini sampai habis. Mobil bekas harga 20 juta.
Yang jelas, pastikan dulu kondisi mobil dengan memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pastikan sebelum membeli mobil bekas dicek terlebih dulu. Agar Otofriends yakin bahwa tidak ada persoalan yang bakal merepotkan saat mobil dipergunakan sehari-hari.
Nah, biar gak penasaran, yuk kita intip 6 pilihan mobil bekas Rp 20 jutaan ini:
Hadir pertama kali pada tahun 1995 untuk menggantikan Daihatsu Zebra, Ezpass langsung mendapat sambutan positif. Selain dikenal sebagai mobil keluarga yang dapat memuat banyak penumpang, keberadaan pintu geser-nya juga jadi daya tarik tersendiri.
Kehadirannya mendapat perhatian, pas untuk membuat keluarga menjatuhkan pilihan pada mobil ini. Dengan status minibus, tentu saja luas ruang kabinnya boleh diadu dengan mobil-mobil lain, tak terkecuali mobil sekelas Toyota Kijang atau Isuzu Panther.
Di pasaran Otofriends bisa menemui tiga jenis kubikasi mesin mobil ini yakni 1.300 cc, 1.500 cc, dan 1.600 cc. Istimewanya, ketiga-tiganya sama-sama terkenal irit konsumsi BBM-nya. Kalaupun ada kekurangan, sebatas pada bantingannya yang kurang lembut.
Inilah satu-satunya wakil Eropa di deretan harga mobil 20 jutaan. Peugeot 306 ini sekaligus tipe Peugeot yang paling populer di pasaran Indonesia. Faktornya terutama adalah karena desainnya yang seperti tidak ketinggalan zaman.
Sebagai mobil Eropa, tentu 306 unggul di fitur yang tergolong mewah pada zamannya. Contoh ada power window, central lock, adjustable steering column, serta wiper belakang.
Dengan mesin 1.8 liter dan bobot tidak lebih dari 1.100 kg, 306 jelas unggul di akselerasi. Akselerasi 0 – 100 km/jam-nya cuma butuh 12 detik saja. Hanya saja kompensasinya tentu pada konsumsi BBM-nya yang lumayan boros yakni 6 km/liter.
Mobil ini adalah andalan Suzuki untuk segmen kendaraan niaga ringan dan penumpang pada era 1990-an. Menariknya, Carry memiliki banyak tipe bodi yang berasal dari berbagai karoseri terkenal saat itu.
Meski tampilannya mungil, keunggulan Carry adalah pada kabinnya yang cukup luas. Bahkan bisa digunakan untuk mengangkut sampai 9 orang. Kelincahannya saat bermanuver di lalu-lintas perkotaan, tidak perlu diragukan lagi.
Dalam kondisi bekas, di pasaran saat ini tersedia Carry Extra atau Carry 1.0 PV. Sementara Carry Futura harganya masih lebih tinggi Rp5 juta-Rp10 juta.
Di anggaran 20 jutaan, kita bisa mendapat sedan yang terlihat klasik dan sangat mewakili semangat tahun 1990-an atau yang sekarang dikenal dengan istilah motuba.
Dibangun dengan basis Suzuki Amenity yang sudah populer sebelumnya, Esteem rasanya memang sudah tidak fleksibel untuk zaman kini. Bodi terkesan mengkotak (boxy) yang ketika pada zamannya menjadi faktor pembeda dibanding kompetitor di kelasnya.
Esteem tersedia dalam dua pilihan kubikasi mesin yakni 1.300 cc dan mesin 1.600 cc. Keduanya masih sama-sama menggunakan karburator, sehingga membutuhkan perhatian ekstra.
Rasanya mobil yang satu ini sudah tidak perlu diperkenalkan lagi. Selain mereknya sudah sangat mengakar, mesinnya juga dikenal sangat tangguh hingga puluhan tahun. Karena itu jangan ragu untuk meminangnya, jika memang suka.
Kijang Super sendiri diproduksi antara tahun 1986 sampai 1996. Dengan mesin 1.500 cc bawaan dari Kijang generasi sebelumnya, sensasi berkendara yang dihasilkannya juga masih sama.
Kelebihan Kijang Super ada pada penyempurnaan sistem pasokan bahan bakar. Kemajuan juga ada pada sistem transmisi manual yang mencapai 5 kecepatan.
Sedan yang juga dikenal sebagai “mobnas” atau mobil nasional ini sebenarnya adalah Kia Sephia asal Korea Selatan. Di pasaran Indonesia, kita mengenal S515 sebagai model yang populer.
Timor diluncurkan pertama kali pada tahun 1996 dengan harga Rp35 jutaan. Jadi bisa dibilang harganya hingga kini sangat “stabil” jika tidak memperhitungkan inflasi.
Menariknya, tampilan Timor ternyata juga tetap layak dengan zaman kini, karena desain eksteriornya yang terlihat luwes dengan zaman. Dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.988 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 82 Hp, artinya cukup sesuai dengan kebutuhan di perkotaan.
Bagikan