Sering ada pertanyaan, mobil bekas 30 jutaan yang bagus, kira-kira apa pilihannya? Jujur saja, pertanyaan semacam ini sebenarnya sangat sulit dijawab. Karena pengertian “bagus”, memang sangat sifatnya sangat subyektif, tergantung pada selera masing-masing calon pembeli.
Perlu juga dipahami, dengan anggaran 30 jutaan, tentu saja pilihannya adalah mobil yang usianya sudah cukup tua atau di atas 20 tahun, bahkan lebih. Mobil dengan usia seperti itu tentu ada kondisi-kondisi yang harus dipahami, entah butuh perawatan ekstra atau performanya sudah sangat terbatas.
Nah, apa saja mobil bekas 30 jutaan yang bagus? Sebelum kami berikan pilihan, simak juga beberapa faktanya:
Sumber: Flip.id
Mobil-mobil yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, bisa dipastikan butuh perawatan ekstra, karena memang biasanya kondisi komponennya rata-rata sudah aus dan butuh pergantian.
Karena itu, Otofriends sebaiknya jangan terpaku pada anggaran Rp30 juta untuk beli mobil saja. Siapkan juga dana cadangan. Dana ini nantinya akan dipergunakan untuk servis awal sebelum mobil dipakai, dan jadi pegangan kalau sewaktu-waktu butuh pergantian spare part mendadak.
Jumlah dana cadangan tergantung jenis mobil dan kondisinya. Kalau mau aman, bisa disiapkan sekitar 20 persen sampai 30 persen dari harga beli mobil, atau antara Rp5 juta sampai Rp10 juta.
Sumber: Mobil123.com
Di pasar mobil bekas, maupun penjual perorangan, ada banyak pilihan mobil harga Rp30 jutan. Tetapi sebaiknya Otofriends jangan memilih berdasarkan anggaran atau harga saja. Jenis dan model mobil sebaiknya sudah diincar sejak awal.
Kalau jenis mobil sudah ditetapkan sejak awal, kita bisa mencari banyak informasi soal kelebihan dan kekurangannya. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas pemilik mobil tersebut untuk berdiskusi agar lebih paham isu-isu di dalamnya.
Saat ini di Indonesia, umumnya mobil bekas yang disukai adalah merek-merek asal Jepang, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, atau Suzuki. Salah satu faktornya adalah karena populasi mobil-mobil ini cukup besar, sehingga memudahkan dalam perawatan nantinya.
Sumber: Bee.id
Bisa dikatakan, dua hal inilah yang paling penting saat membeli mobil bekas 30 jutaan yang bagus.
Karena memang kenyataannya semakin tua sebuah mobil, akan semakin sulit pula mencari tempat servis yang bisa menanganinya. Begitu pula dengan ketersediaan spare part-nya yang sering kali sudah tidak diproduksi atau tidak ada substitusinya dengan merek lain.
Dengan membeli mobil yang dulu dalam sejarahnya sempat populer dan angka penjualannya tinggi, bisa jadi salah satu jaminan bahwa servis dan spare part-nya relatif mudah.
Sumber: Kompas.com
Sedan
MPV
SUV
Hatchback/City Car
Tidak ada patokan pasti, apakah transmisi yang layak dipilih adalah matic atau manual. Semua tergantung kondisi dan kebutuhan calon pembeli.
Yang jelas setiap jenis transmisi punya usia pakai masing-masing. Sejauh ini transmisi manual lebih panjang usia pakainya dan memang lebih tangguh. Seiring usia kendaaraan, risiko kerusakan transmisi juga semakin besar.
Kalau Otofriends ingin melakukan pengecekan transmisi mobil bekas, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.
Bagikan