Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus

Juni 13, 2024
By Thomas W
Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus-otospector

Sering ada pertanyaan, mobil bekas 30 jutaan yang bagus, kira-kira apa pilihannya? Jujur saja, pertanyaan semacam ini sebenarnya sangat sulit dijawab. Karena pengertian “bagus”, memang sangat sifatnya sangat subyektif, tergantung pada selera masing-masing calon pembeli.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Perlu juga dipahami, dengan anggaran 30 jutaan, tentu saja pilihannya adalah mobil yang usianya sudah cukup tua atau di atas 20 tahun, bahkan lebih. Mobil dengan usia seperti itu tentu ada kondisi-kondisi yang harus dipahami, entah butuh perawatan ekstra atau performanya sudah sangat terbatas. 

Nah, apa saja mobil bekas 30 jutaan yang bagus? Sebelum kami berikan pilihan, simak juga beberapa faktanya:

#1: Siapkan Dana Lebih Untuk Perawatan

Siapkan dana lebih

Sumber: Flip.id

Mobil-mobil yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, bisa dipastikan butuh perawatan ekstra, karena memang biasanya kondisi komponennya rata-rata sudah aus dan butuh pergantian. 

Karena itu, Otofriends sebaiknya jangan terpaku pada anggaran Rp30 juta untuk beli mobil saja. Siapkan juga dana cadangan. Dana ini nantinya akan dipergunakan untuk servis awal sebelum mobil dipakai, dan jadi pegangan kalau sewaktu-waktu butuh pergantian spare part mendadak.   

Jumlah dana cadangan tergantung jenis mobil dan kondisinya. Kalau mau aman, bisa disiapkan sekitar 20 persen sampai 30 persen dari harga beli mobil, atau antara Rp5 juta sampai Rp10 juta.

Baca juga: Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

#2: Tentukan Pilihan Mobil Di Awal

Tentukan pilihan mobil di awal

Sumber: Mobil123.com

Di pasar mobil bekas, maupun penjual perorangan, ada banyak pilihan mobil harga Rp30 jutan. Tetapi sebaiknya Otofriends jangan memilih berdasarkan anggaran atau harga saja. Jenis dan model mobil sebaiknya sudah diincar sejak awal. 

Kalau jenis mobil sudah ditetapkan sejak awal, kita bisa mencari banyak informasi soal kelebihan dan kekurangannya. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas pemilik mobil tersebut untuk berdiskusi agar lebih paham isu-isu di dalamnya. 

Saat ini di Indonesia, umumnya mobil bekas yang disukai adalah merek-merek asal Jepang, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, atau Suzuki. Salah satu faktornya adalah karena populasi mobil-mobil ini cukup besar, sehingga memudahkan dalam perawatan nantinya.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Perhatikan Servis dan Spare Part

Perhatikan soal servis dan spare part

Sumber: Bee.id

Bisa dikatakan, dua hal inilah yang paling penting saat membeli mobil bekas 30 jutaan yang bagus. 

Karena memang kenyataannya semakin tua sebuah mobil, akan semakin sulit pula mencari tempat servis yang bisa menanganinya. Begitu pula dengan ketersediaan spare part-nya yang sering kali sudah tidak diproduksi atau tidak ada substitusinya dengan merek lain.

Dengan membeli mobil yang dulu dalam sejarahnya sempat populer dan angka penjualannya tinggi, bisa jadi salah satu jaminan bahwa servis dan spare part-nya relatif mudah.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pilihan Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus 

Pilihan mobil bekas 30 jutaan yang bagus

Sumber: Kompas.com

Sedan 

  • Toyota Soluna (2001) harga Rp39 juta 
  • Toyota Corona (1989) harga Rp30 juta 
  • Suzuki Esteem (2000) harga Rp 29 juta 
  • Honda Accord (2000) harga Rp 29 juta
  • Hyundai Accent (1999) harga Rp 29 juta.
  • Toyota Corolla (1990) harga Rp 28 juta.
  • Peugeot 306 STMT (2000) harga Rp25 juta
  • Suzuki Baleno (2001) harga Rp35 juta

MPV

  • Suzuki Carry (1995) harga Rp30 juta
  • Daihatsu Feroza (2005) harga Rp35 juta 
  • Suzuki Futura (1996) harga Rp33 juta.
  • Toyota Kijang Super (1998) harga Rp30 juta.
  • Daihatsu Espass (1998) harga Rp29 juta.
  • Honda Odyssey Prestige 2.4 AT (2002) harga Rp35 juta

SUV

  • Suzuki Katana (2001) harga Rp31 juta.
  • Daihatsu Feroza (1994) harga Rp38 juta
  • Daihatsu Taruna FGX (2005) harga Rp34,8 juta

Hatchback/City Car

  • Suzuki Karimun (2005) harga Rp33 juta 
  • Daihatsu Ceria KL (2002) harga Rp30,5 juta

Baca juga: 5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Beli mobil usia tua sebaiknya transmisi matic atau manual?

Tidak ada patokan pasti, apakah transmisi yang layak dipilih adalah matic atau manual. Semua tergantung kondisi dan kebutuhan calon pembeli.

Yang jelas setiap jenis transmisi punya usia pakai masing-masing. Sejauh ini transmisi manual lebih panjang usia pakainya dan memang lebih tangguh. Seiring usia kendaaraan, risiko kerusakan transmisi juga semakin besar.

Kalau Otofriends ingin melakukan pengecekan transmisi mobil bekas, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Perbaikan Central Lock Mobil

Maret 30, 2024
Ketika datang ke perawatan dan perbaikan mobil, salah satu komponen penting yang sering membutuhkan perhatian adalah sistem kunci pintu sentral atau central lock. Sistem ini bertanggung jawab untuk mengunci dan membuka pintu mobil secara otomatis, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Tapi, seperti halnya bagian lain dari kendaraan, central lock juga bisa mengalami masalah dari
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut