Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik.
Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun bukan berarti opsi mobil keluarga dengan harga di bawah 50 juta ini tidak bisa mobil-mobil yang berkualitas. Apalagi pilihan mobil di bawah ini tergolong cukup legendaris pada zamannya. Udah makin gak sabar? Simak rekomendasi mobil bekas dibawah 50 juta.
Mari kita lihat merek apa saja yang masuk dalam rekomendasi kami:
Selama masa penjualannya, yakni 1994 sampai 2007, Espass adalah salah satu mobil favorit keluarga Indonesia. Espasss disukai terutama karena kabinnya yang lapang; mampu memuat 8 penumpang dewasa tanpa berdesakan ditambah barang bawaan di bagasinya. Kala itu minibus memang masih jadi favorit.
Awalnya Espass masih menggunakan sistem karburator, namun kemudian pada keluaran terakhir sudah mengadopsi Fuel Injection sehingga semakin irit BBM. Performa di Espass geneasi terbaru itu juga meningkat, yakni dengan mesin 1.3 liter, tenaga 82 PS dan torsi 114 Nm, sedangkan mesin 1.6 liter punya tenaga 97 PS dan torsi 138 Nm.
Jika ada kekurangan pada Espass adalah desain dan fitur yang sangat biasa-biasa saja. Pengemudi zaman sekarang mungkin akan komplain dengan suspensinya yang terasa keras. Sedangkan selebihnya, harus dimaklumi saja.
Tak berlebihan kalau dikatakan Kijang Kapsul adalah mobil keluarga paling ideal di Indonesia. Selain karena kabinnya lapang dan berkapasitas hingga 8 orang, perawatan dan spare part-nya terhitung mudah, harganya juga cenderung stabil.
Awalnya Kijang sempat menggunakan sistem karburator, namun pilihan terbaik saat ini tentu yang menggunakan sistem injeksi (EFI) atau Kijang produksi setelah tahun 2000. Berkat injeksi, Kijang yang sebelumnya dianggap boros, bisa lebih efisien dalam konsumsi BBM.
Kijang Kapsul tersedia dalam dua mesin pilihan. Mesin bensin memakai mesin berkode 7K 1.800 cc 4 silinder yang sama seperti generasi Kijang sebelumnya. Sedangkan varian diesel memakai mesin 2L 2.400 cc, 4 silinder. Dua mesin ini sama-sama tangguh dan dijamin memenuhi harapan para pecinta Kijang yang umumnya menggunakan mobil ini sebagai kendaraan serbaguna.
Mobil keluarga yang harganya murah, ternyata juga bisa berpenampilan mewah. Fakta inilah yang bisa kita temui pada Trajet yang dipasarkan di Indonesia antara tahun 2000-2009. Generasi awal Trajet sempat didatangkan secara CBU, baru kemudian dirakit di dalam negeri dengan sejumlah penyesuaian fitur.
Bukan cuma mewah, Trajet juga menawarkan kenyamanan maksimal jika kita berada di baris penumpang. Keberadaan captain seat di baris kedua, table tray, jok kulit serta sunroof (pada generasi awal) makin menjadi pembeda antara mobil ini dengan rival-rivalnya yang kala itu tampil sederhana.
Saat perjalanan, kenyamanan akan makin dirasakan karena suspensi yang berkualitas. Bantingannya lembut, serta stabil saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi dan bermanuver. Kalaupun ada keluhan, lebih kepada konsumsi BBM-nya yang lumayan boros yakni 7-8 km/liter di dalam kota. Maklum, bobot mobil ini juga cukup berat yakni 1,5 ton.
Low SUV cikal bakal Terios ini sejatinya pernah dipasarkan dalam dua generasi yaitu sasis pendek (C-Series) dan sasis panjang (F-Series). Pilihan terbaik tentu saja sasis panjang yang dipasarkan sejak 2001 karena bisa bisa menampung hingga 7 penumpang.
Dengan mesin 1.500 cc HE-E Electronic Fuel Injection (EFI), Taruna generasi baru ini tentu saja lebih irit BBM namun tetap tangguh sesuai peruntukkannya sebagai mobil penjelajah. Konsumsi BBM mencapai 10 km per liter untuk dalam kota. Sementara tenaganya 100 PS dan torsi 127 Nm,
Ada pendapat, jika dibandingkan dengan Low MPV seperti Avanza atau Xenia, memilih Taruna jelas lebih menguntungkan. Antara lain karena suspensi nyaman, plat body tebal, dan spare part yang melimpah meski termasuk mobil lama. Fitur juga tergolong maju di zamannya seperti power window, electric mirror, sistem audio 1DIN dan AC dengan blower tengah.
Karimun generasi pertama atau biasa disebut Karimun Kotak (karena body-nya yang boxy) ini boleh dibilang paling legendaris dibanding dua penerusnya. Selain karena kabin yang terasa lega, mesin juga termasuk tangguh. Pada masanya, mobil ini malah pernah disebut-sebut tahan banjir.
Mesin berkode F10A memang bukan mesin sembarangan, karena sudah teruji pada pemakaian di Suzuki Katana dan Suzuki Carry 1.0 liter. Dengan kubikasi 970 cc, 4-silinder 8 katup SOHC mampu dihasilkan tenaga 55 Hp. Sementara transmisinya hanya tersedia manual 5-percepatan saja.
Sejak 2003 Karimun punya dua varian yaitu DX dan GX. Pilihan terbaik tentu saja tipe GX atau tipe tertinggi yang sudah dilengkapi roof rail, fog lamps, gril krom, pelek palang 5, dan wiper belakang. Sedangkan pada interior sudah tersedia jam digital, laci di bawah penumpang depan, dan kantung di panel pintu depan.
Dengan anggaran yang terbatas, pertimbangkan secara cermat mobil yang hendak dipilih. Apalagi mobil keluarga pada umumnya termasuk produk yang populer dan banyak peminat. Jika tidak dipersiapkan langkah yang tepat, kesempatan untuk mendapat unit yang terbaik bisa terlewatkan.
Hal lain yang patut diperhitungkan adalah soal usia kendaraan. Karena rata-rata usia kendaraan di dalam rekomendasi mobil keluarga ini sudah di atas 10 tahun, maka kondisinya harus benar-benar dicermati.
Untuk mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, agar kita bisa memperoleh unit sesuai dengan kondisi yang diharapkan.
Bagikan