5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Maret 12, 2024
By Thomas W
5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta-otospector

Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik.

Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun bukan berarti opsi mobil keluarga dengan harga di bawah 50 juta ini tidak bisa mobil-mobil yang berkualitas. Apalagi pilihan mobil di bawah ini tergolong cukup legendaris pada zamannya. Udah makin gak sabar? Simak rekomendasi mobil bekas dibawah 50 juta.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Mari kita lihat merek apa saja yang masuk dalam rekomendasi kami:

#1: Daihatsu Espass 1.3 2005, Rp30 juta – Rp37 juta

Daihatsu Espass Bekas
Daihatsu Espass 2005

Selama masa penjualannya, yakni 1994 sampai 2007, Espass adalah salah satu mobil favorit keluarga Indonesia. Espasss disukai terutama karena kabinnya yang lapang;  mampu memuat 8 penumpang dewasa tanpa berdesakan ditambah barang bawaan di bagasinya. Kala itu minibus memang masih jadi favorit.

Awalnya Espass masih menggunakan sistem karburator, namun kemudian pada keluaran terakhir sudah mengadopsi Fuel Injection sehingga semakin irit BBM. Performa di Espass geneasi terbaru itu juga meningkat, yakni dengan mesin 1.3 liter, tenaga 82 PS dan torsi 114 Nm, sedangkan mesin 1.6 liter punya tenaga 97 PS dan torsi 138 Nm.

Jika ada kekurangan pada Espass adalah desain dan fitur yang sangat biasa-biasa saja. Pengemudi zaman sekarang mungkin akan komplain dengan suspensinya yang terasa keras. Sedangkan selebihnya, harus dimaklumi saja.  

#2: Mobil Kijang Kapsul SGX 1998, Rp47 juta – Rp50 juta

Toyota Kijang Kapsul Bekas
Kijang Kapsul SGX 1997

Tak berlebihan kalau dikatakan Kijang Kapsul adalah mobil keluarga paling ideal di Indonesia. Selain karena kabinnya lapang dan berkapasitas hingga 8 orang, perawatan dan spare part-nya terhitung mudah,  harganya juga cenderung stabil.

Awalnya Kijang sempat menggunakan sistem karburator, namun pilihan terbaik saat ini tentu yang menggunakan sistem injeksi (EFI) atau Kijang produksi setelah tahun 2000. Berkat injeksi, Kijang yang sebelumnya dianggap boros, bisa lebih efisien dalam konsumsi BBM.

Kijang Kapsul tersedia dalam dua mesin pilihan. Mesin bensin memakai mesin berkode 7K 1.800 cc 4 silinder yang sama seperti generasi Kijang sebelumnya. Sedangkan varian diesel memakai mesin 2L 2.400 cc, 4 silinder. Dua mesin ini sama-sama tangguh dan dijamin memenuhi harapan para pecinta Kijang yang umumnya menggunakan mobil ini sebagai kendaraan serbaguna.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 5 Mobil Keluarga Murah Kelas Premium Harga 200 Jutaan

#3: Hyundai Trajet GL8 2005, Rp45 juta – Rp49 juta

Hyundai Trajet Bekas
Hyundai Trajet

Mobil keluarga yang harganya murah, ternyata juga bisa berpenampilan mewah. Fakta inilah yang bisa kita temui pada Trajet yang dipasarkan di Indonesia antara tahun 2000-2009. Generasi awal Trajet sempat didatangkan secara CBU, baru kemudian dirakit di dalam negeri dengan sejumlah penyesuaian fitur.

Bukan cuma mewah, Trajet juga menawarkan kenyamanan maksimal jika kita berada di baris penumpang. Keberadaan captain seat di baris kedua, table tray, jok kulit serta sunroof (pada generasi awal) makin menjadi pembeda antara mobil ini dengan rival-rivalnya yang kala itu tampil sederhana.

Saat perjalanan, kenyamanan akan makin dirasakan karena suspensi yang berkualitas. Bantingannya lembut, serta stabil saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi dan bermanuver. Kalaupun ada keluhan, lebih kepada konsumsi BBM-nya yang lumayan boros yakni 7-8 km/liter di dalam kota. Maklum, bobot mobil ini juga cukup berat yakni 1,5 ton.

#4: Daihatsu Taruna 2001, Rp45 juta – Rp48 juta

Daihatsu Taruna bekas
Daihatsu Taruna

Low SUV cikal bakal Terios ini sejatinya pernah dipasarkan dalam dua generasi yaitu sasis pendek (C-Series) dan sasis panjang (F-Series). Pilihan terbaik tentu saja sasis panjang yang dipasarkan sejak 2001 karena bisa bisa menampung hingga 7 penumpang.

Dengan mesin 1.500 cc HE-E Electronic Fuel Injection (EFI), Taruna generasi baru ini tentu saja lebih irit BBM namun tetap tangguh sesuai peruntukkannya sebagai mobil penjelajah. Konsumsi BBM mencapai 10 km per liter untuk dalam kota. Sementara tenaganya 100 PS dan torsi 127 Nm,  

Ada pendapat, jika dibandingkan dengan Low MPV seperti Avanza atau Xenia, memilih Taruna jelas lebih menguntungkan. Antara lain karena suspensi nyaman, plat body tebal, dan spare part yang melimpah meski termasuk mobil lama. Fitur juga tergolong maju di zamannya seperti power window, electric mirror, sistem audio 1DIN dan AC dengan blower tengah.

#5: Suzuki Karimun GX 2005, Rp40 juta – Rp48 juta

Suzuki Karimun Bekas
Karimun Kotak 2005

Karimun generasi pertama atau biasa disebut Karimun Kotak (karena body-nya yang boxy) ini boleh dibilang paling legendaris dibanding dua penerusnya. Selain karena kabin yang terasa lega, mesin juga termasuk tangguh. Pada masanya, mobil ini malah pernah disebut-sebut tahan banjir.

Mesin berkode F10A memang bukan mesin sembarangan, karena sudah teruji pada pemakaian di Suzuki Katana dan Suzuki Carry 1.0 liter. Dengan kubikasi 970 cc, 4-silinder 8 katup SOHC mampu dihasilkan tenaga 55 Hp. Sementara transmisinya hanya tersedia manual 5-percepatan saja.

Sejak 2003 Karimun punya dua varian yaitu DX dan GX. Pilihan terbaik tentu saja tipe GX atau tipe tertinggi yang sudah dilengkapi roof rail, fog lamps, gril krom, pelek palang 5, dan wiper belakang. Sedangkan pada interior sudah tersedia jam digital, laci di bawah penumpang depan, dan kantung di panel pintu depan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Mobil Mewah Keluarga Harga Murah Per Maret 2022

Dengan anggaran 50 jutaan, mobil keluarga yang seperti apa yang layak dipilih?

Dengan anggaran yang terbatas, pertimbangkan secara cermat mobil yang hendak dipilih. Apalagi mobil keluarga pada umumnya termasuk produk yang populer dan banyak peminat. Jika tidak dipersiapkan langkah yang tepat, kesempatan untuk mendapat unit yang terbaik bisa terlewatkan.

Hal lain yang patut diperhitungkan adalah soal usia kendaraan. Karena rata-rata usia kendaraan di dalam rekomendasi mobil keluarga ini sudah di atas 10 tahun, maka kondisinya harus benar-benar dicermati.

Untuk mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, agar kita bisa memperoleh unit sesuai dengan kondisi yang diharapkan.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Mlongo Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Januari 29, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut