Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
By Getan Metodius
Cara Cek BPKB Asli atau Tidak-otospector

Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting Otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek keaslian BPKB secara online. Berikut ini adalah cara untuk cek BPKB yang asli dan yang palsu melalui online.

#1: Cek Keaslian BPKB Secara Online Daerah Banten.

aplikasi samsat banten

Sumber: Bantennews

Jika kamu tinggal di daerah Banten, kamu bisa cek keaslian BPKB secara online lho. Bisa melalui aplikasi Samsat Banten, dengan cara dibawah ini.

  • Yang pertama, kamu download aplikasi Samsat Banten di PlayStore.
  • Lalu instal, jika sudah selesai menginstal nya, kamu tinggal buka aplikasinya, lalu pilih menu informasi BPKB.
  • Kemudian kamu tinggal masukan plat nomor kendaraan kamu, lalu kemudian kamu tinggal klik di tombol cari.

Baca juga: Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

#2: Cek keaslian BPKB secara online (website dan SMS).

cek bpkb jakarta

Sumber: Samsat Jakarta

Melalui SMS:

Buka pesan, kemudian ketik sesuai format seperti METRO(spasi plat nomor polisi kendaraan), lalu kamu tinggal kirim ke 1717. Contohnya seperti METRO F1016WAM kemudian kirim ke 1717.

Melalui Website:

  • Yang pertama, kamu buka browser di handphone kamu lalu kunjungi situs Samsat DKI Jakarta (https://samsat-pkb2.jakarta.go.id).
  • Lalu setelah situs Samsat DKI Jakarta terbuka, maka kamu harus memasukkan semua data yang sudah diminta di situs tersebut. Seperti dari nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) pemilik kendaraan, dan masukan nomor polisi kendaraan kamu.
beli mobil bekas di tokopedia

#3: Cek Keaslian BPKB Secara Online Daerah Jawa Barat.

cek bpkb jawa barat

Sumber: Bapenda Jabar

  • Kamu harus kunjungi situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb. Lalu kamu harus masukan plat nomor kendaraan kamu beserta warna kendaraan nya.
  • Atau juga kamu bisa cek melalui SMS dengan cara mengirimkan SMS ke 3977 dengan format Poldajbr(spasi)plat nomor kendaraan kamu.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Cek Keaslian BPKB Online Daerah Jawa Tengah.

cek bpkb jawa tengah

Sumber: Bapenda Jateng

  • Kamu harus kunjungi situs https://bapenda.jatengprov.go.id/, lalu kamu tinggal masukan nomor kendaraan kamu. 
  • Jika melalui SMS, kamu hanya perlu ketik JATENG(spasi)plat nomor kendaraan kamu, lalu tinggal kirim ke nomor 9600.

Baca juga: 5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

#5:Cek Keaslian BPKB Online Daerah Jawa Timur.

cek bpkb jawa timur

Sumber: Dipenda Jatim

  • Kamu harus kunjungi situs nya https://info.dipendajatim.go.id , lalu kamu tinggal masukan nomor kendaraan kamu.
  • Atau cara yang kedua, kamu bisa melalui SMS dengan cara ketik JATIM(spasi)plat nomor kendaraan kamu, lalu kamu tinggal kirim ke nomor 7070.

#6: Cek Keaslian BPKB Online Melalui Aplikasi E-Samsat.

  • Langkah pertama, kamu harus download aplikasi e-Samsat di aplikasi PlayStore.
  • Jika sudah ter download, kamu harus masukan data diri kamu dan data kelengkapan kendaraan kamu.
  • Lalu, kamu klik bagian cek untuk mengetahui keaslian kendaraan kamu.

Kelebihan jika kamu cek di aplikasi e-Samsat kamu dapat mengetahui informasi tentang besarnya tarif SWDKLLJ, PKB, dan juga mengetahui pajak kendaraan lain nya. 

Dan aplikasi e-Samsat juga sudah bisa digunakan di seluruh Indonesia. Contohnya seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Riau, Yogyakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan lain nya. 

Jika kamu mau beli mobil bekas, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja. Pengecekan menyeluruh dari fiksi mobil baik interior eksterior dan mesin, pengecekan juga detail sampai ke surat menyurat termasuk STNK dan BPKB. Buruan inspeksi mobil bekas yang kamu incar bersama Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada Otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut