Mau Beli Mobil Bekas Transmisi Matic? Simak 5 Fakta Ini

Agustus 10, 2019
By Thomas W
Mau Beli Mobil Bekas Transmisi Matic? Simak 5 Fakta Ini-otospector

Kian hari, mobil bertransmisi automatic kian dilirik oleh para pembeli mobil bekas. Terutama para pembeli di perkotaan. Fenomena ini terlihat dari banyaknya permintaan mobil dua pedal ini di showroom-showroom mobil bekas. 

Banyaknya peminat matic sepertinya banyak dipengaruhi faktor kondisi lalu-lintas perkotaan yang padat. Sebab, mobil matic terbukti relatif lebih nyaman dan praktis saat dioperasikan dalam kondisi lalu lintas padat. Terutama bagi mereka yang sehari-hari memiliki mobilitas tinggi.

Nah, sebelum Otofriends memutuskan untuk meminang mobil matic, ada 5 fakta yang harus disadari pada saat membeli mobil ini.

#1: Harga jual lebih murah dibandingkan manual

transaksi mobil bekas

Fenomena ini terutama terjadi pada mobil matic tahun tua alias mobil tahun 90-an atau 2000-an awal. Murahnya harga, awalnya disebabkan karena peminat matic lebih sedikit dibandingkan manual. Selain itu ada pula anggapan, mobil matic yang sudah berumur, punya risiko kerusakan yang lebih besar dibandingkan mobil manual.

Akan tetapi belakangan ada perkembangan menarik. Untuk mobil-mobil matic tahun muda alias yang relatif baru, harga jualnya ternyata tidak terpaut jauh dengan mobil manual. Hal ini rupanya didorong semakin besarnya peminat mobil matic belakangan ini.   

#2: Biaya perawatan matic dianggap mahal

Mobil Bekas Diesel - Kompresi Mesin

Di kalangan peminat mobil bekas, masih tertanam persepsi, perawatan mobil matic akan lebih mahal. Anggapan ini tidak seratus persen salah, terutama untuk mobil-mobil berusia di atas 10 tahun.

Pada kenyataannya, pada mobil-mobil matic yang sudah berumur, memang dibutuhkan kecermatan tersendiri dalam hal perawatan. Pemilik harus benar-benar mengetahui potensi masalah yang timbul seiring usia yang terus bertambah.

Baca juga: Lebih Baik Mana Ya, Membeli Mobil Bekas Manual atau Matic?

#3: Pastikan kondisi transmisi dalam kondisi baik

Engine Brake

Komponen paling vital dari mobil matic tentu saja sistem transmisinya. Masalahnya, seiring usia kendaraan dan pemakaian, sistem transmisi ini mulai butuh perhatian ekstra. Sebab jikalau sampai terjadi kerusakan, biayanya dijamin akan membebani kantong.

Dengan alasan tadi, maka sebelum meminang mobil matic, pastikan kondisi transmisi dalam keadaan baik. Kalau perlu libatkan mekanik yang biasa menangani transmisi matic. Jikalau ingin lebih pasti, bawa saja mobil yang akan dibeli ke bengkel transmisi matic untuk pengecekan menyeluruh. Tentu dengan seizin pemiliknya.

#4: Membeli mobil matic lebih repot

Ganti Oli

Pada saat awal kita “mengangkat” mobil matic, memang ada beberapa langkah yang sebaiknya dijalani. Terutama mengganti berbagai cairan pelumas, seperti oli mesin, oli transmisi, bahkan mungkin oli gardan.

Tindakan ini dipandang perlu karena kita tidak pernah tahu riwayat mobil tersebut sebelumnya. Apalagi jika tidak ada catatan servis berkala dari bengkel. Nah, tindakan ini tentunya menjadi tambahan biaya.

#5. Pahami dulu jenis transmisi mobil incaran

Transmisi Matic

Kita mengenal ada empat jenis transmisi matic di pasaran yakni matic konvensional, CVT, dual clutch, dan automated manual transmission. Masing-masing tentu punya karakteristik sendiri yang mempengaruhi kondisinya setelah beberapa tahun pemakaian.

Sejauh ini, CVT unggul untuk kenyamanan. Namun untuk daya tahan pemakaian setelah beberapa tahun, matic konvensional terbukti lebih mampu diandalkan.

Pentingnya mengenali jenis transmisi ini karena tipe transmisi dari setiap jenis mobil bisa berbeda. Bahkan dalam satu merek sekalipun, bisa berbeda pada setiap generasinya.

Baca juga: 6 Ciri Transmisi Matic Mobil Bermasalah

Karena melibatkan lebih banyak komponen dan mekanismenya lebih rumit, maka wajar jikalau transmisi matic butuh perhatian ekstra. Apalagi seiring usia kendaraan dan pemakaian, besar kemungkinan ada potensi kerusakan atau keausan. Tentu saja ini berarti biaya tambahan yang harus diperhitungkan.

Jika Otofriends merasa perlu untuk memastikan kondisi kendaraan matic namun tidak memiliki kemampuan yang cukup, maka bisa digunakan jasa inspeksi mobil bekas. Dari hasil pemeriksaan akan didapat informasi yang akurat sehingga berguna untuk menentukan nilai jual yang layak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Plus Minus Engine Flush Mesin Mobil

Mei 02, 2024
Engine flush mesin mobil adalah proses pembersihan bagian dalam mesin. Biasanya ini dilakukan saat gant oli mesin yang rutin, dengan tujuan membersihkan bagian dalam mesin dari endapan dan kerak sisa-sisa pembakaran. Ada sebagian orang berpendapat, setelah engine flush, performa mesin jadi lebih optimal.  Akan tetapi Otofriends harus paham juga, engine flush mesin mobil ini sebenarnya
Baca Lebih Lanjut

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

April 27, 2024
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut