Simple Rawat Rem Mobil Dengan Cara Ini

Januari 10, 2024
By Getan Metodius
Simple Rawat Rem Mobil Dengan Cara Ini-otospector

Mobil jadi salah satu transportasi yang cukup banyak digunakan di Indonesia, untuk menunjang berbagai kebutuhan harian. Tapi ketika kamu punya mobil, perlu tahu juga loh cara merawat mobilnya. Salah satunya adalah perawatan untuk rem mobil, dengan rem yang sehat, bepergian kemanapun jadi lebih nyaman.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Jangan sampai pengereman bermasalah ya otofriends, karena kalau bermasalah bisa berbahaya. Bisa membahayakan kamu sebagai pengendara serta penumpang, dan juga sesama pengguna jalan lainnya.

Rem punya beberapa komponen yang saling mendukung otofriends, dimana ada pedal rem sebagai pemberi perintah, ada selang rem, booster rem, kampas rem dan lainnya. Simak beberapa langkah mudah yang perlu kamu ketahui cara merawat rem mobil.

#1: Rutin mengganti minyak rem.

minyak rem mobil

Sumber: Kompas

Perawatan rem mobil diawali dari minyaknya. Minyak rem merupakan salah satu cairan yang ada dimobil dan punya peranan penting. Adanya minyak rem ini bisa memaksimalkan proses dari pengereman mobil. Disarankan mengganti minyak rem dengan rutin pada 40.000 km atau dalam hitungan waktu di setiap 2 tahun.

Simak tanda-tandanya, jika kamu merasa pedal rem diinjak dan terasa tidak konsisten, ini merupakan salah satu tandanya. Saat terjadi proses pengereman tidak konsisten, segeralah ke bengkel untuk mengeceknya.

Baca juga: Cara Parkir Paralel Mobil Matic

#2: Melakukan pembersihan pada kampas rem serta cakram.

membersihkan cakram rem mobil

Sumber: Freepik

Ada komponen rem yang secara konstan bekerjasama untuk mengurangi laju dari mobil, ada kampas rem dan juga piringan rem cakram mobil. Salah satu komponen ini langsung bergesekan dengan udara serta juga debu yang ada di jalan.

Untuk itu, cara perawatan pembersihan pada keduanya harus dilakukan otofriends. Biar debu, kotoran dan partikel lainnya tidak membuat kampas dan piringan cakram berkurang performanya. Apalagi jika melewati jalanan yang hujan atau melewati genangan, akan lebih banyak lagi partikel yang kotor menempel.

Ketebalan kampas rem perlu diperhatikan otofriends. Jika kampas rem sudah cukup tipis, segera ganti, karena bisa cenderung lupa jika tidak langsung diganti dan bisa berdampak pada rusaknya cakram mobil. Jika ini terjadi, penggantian akan memakan biaya cukup besar.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Biasakan mengerem dengan halus.

menginjak rem mobil

Sumber: Sindonews

Treatment secara berkala dari pengemudi juga salah satu yang patut diperhatikan untuk menjaga kualitas pengereman. Melakukan pengereman mobil disarankan tidak boleh kasar, lakukan pengereman dengan perlahan.

Ini berdampak juga pada cakram, jika terlalu kasar cara pengereman kita, akan langsung cepat terkikis. Kita juga harus tetap fokus dalam berkendara, jaga jarak yang aman supaya pengereman tidak menjadi kasar.

Baca juga: Tarikan Mobil Berat? Coba Cek 5 Penyebabnya

#4: Pahami gejala lainnya.

rem mobil

Sumber: Seva

Kita sebagai pengendara yang mengendarai mobil pribadi setiap hari pastinya sudah menyatu dengan mobil. Ada hal sedikit yang berbeda akan mudah sekali terasa, begitupun pada sistem rem mobil.

Jika misalnya ada suatu bunyi yang aneh, seperti rem berdecit, lalu pengereman tersendat. Ini sudah menjadi tanda ada hal yang tidak beres dalam sistem pengereman mobil. Langsung bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan agar tidak membahayakan dikemudian hari.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Sistem pengereman patut dicek sebelum membeli mobil bekas:

Memang benar otofriends, sistem pengereman adalah salah satu yang penting pada mobil. Untuk itu, buat yang mau beli mobil bekas, disarankan juga melakukan sistem pengereman mobilnya.

Buat yang tidak mengerti mobil atau otomotif, dan mau beli mobil bekas, supaya tidak salah pilih, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pengecekan lebih dari 150 titik termasuk sistem pengereman, hubungi otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi. Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Memblokir STNK 2024 Setelah Menjual Mobil

Februari 07, 2024
Jika mobil sudah dijual, Otofriends harus memblokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pembeli. Caranya cukup mudah, yang penting kamu tahu setiap wilayah memiliki caranya serta peraturan tersendiri. Selain itu, Otofriends juga dapat terhindar dari pajak progresif yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki lebih dari satu kendaraan. Ada dua
Baca Lebih Lanjut

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Februari 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca Lebih Lanjut