Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Januari 10, 2024
By Thomas W
Cara Parkir Paralel Mobil Matic-otospector

Cara parkir pararel mobil matic jelas harus dikuasai oleh pengemudi yang mobil transmisi matic. Memang, di area parkir Otofriends kadang selalu punya pilihan untuk parkir biasa. Namun pengemudi tetap harus siap jika terpaksa harus parkir paralel.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Yang harus diingat, parkir paralel butuh keterampilan dan ketelitian dan ketelitian untuk mengatur posisi mobil agar sesuai dengan ruang yang ada. Di sinilah pengemudi dituntut untuk bisa memarkirkan mobil dalam situasi yang tidak biasanya.

Namun sebelum kita mengetahui langkah-langkah cara parkir paralel mobil matic, mari kita lihat beberapa tips sebelumnya:

#1: Perbedaannya antara Matic dengan Manual

transmisi manual dan matic

Sumber: Carsome

Cara parkir paralel mobil matic punya beberapa perbedaan dengan parkir paralel mobil manual, terutama pada penggunaan tuas transmisi dan fitur shift lock di mobil.

Pada mobil matic, Otofriends perlu memasukkan kunci mobil ke lubang kontak dan tekan tombol shift lock di samping tuas transmisi saat akan memindahkan tuas transmisi dari posisi P (parkir) ke posisi lain.

Mengaktifkan fitur shift lock berfungsi mencegah mobil bergerak secara tidak sengaja saat parkir atau saat mesin mati.

Baca juga: Begini Cara Top Up E-Money Di HP

#2: Terus Berlatih Agar Cepat Mahir

gigi mobil

Sumber: Cardrivingschool.co.uk

Agar menguasai cara parkir paralel mobil matic, Otofriends harus berlatih di tempat yang sepi dan luas. Semakin sering berlatih, akan semakin mudah saat harus praktik langsung di lapangan.

Ketika pertama kali praktik di tempat sebenarnya, tidak ada salahnya Otofriends didampingi orang yang sudah menguasai teknik ini atau mungkin pelatih setir mobil profesional. Selain untuk membimbing, pendamping ini penting untuk mengoreksi jika ada hal-hal yang terlewat.  

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Alternatifnya, Cari Mobil Dengan Fitur Park Assist

mobil matic kia

Sumber: Kia.com

Jika memang Otofriends merasa susah memarkirkan sendiri mobil secara paralel, tak ada salahnya pakai mobil yang punya fitur park assist.

Dengan fitur ini, mobil akan otomatis mengatur setir, tuas transmisi, dan rem. Otofriends tinggal duduk manis saja.

Beberapa mobil yang sudah punya fitur ini antara lain BMW Seri 7, BMW X5, Toyota BZ4X, Ford Everest generasi terbaru, Ford Focus produksi tahun 2012, Mazda6 produksi tahun 2012, dan KIA EV6.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

 #4: Langkah-langkah Cara Parkir Paralel Mobil Matic

mobil matic honda

Sumber: kirklandhonda.com

1. Cari ruang parkir yang cukup untuk mobil Otofriends. Pastikan ada jarak setidaknya 1,5 m di depan dan di belakang mobil.

2. Tempatkan mobil sejajar dengan mobil di depan ruang parkir. Jaga jarak sekitar 30-50 cm dari mobil itu. Lihat ke belakang melalui kaca spion atau kamera mundur agar mobil Anda tidak mengenai mobil belakang.

3. Periksa kondisi lalu lintas kemudian beri lampu sein ke arah ruang parkir yang dituju. Perlahan-lahan tekan rem dan pindahkan tuas transmisi ke posisi R (reverse).

4. Setir kita arahkan ruang parkir sambil perlahan-lahan mulai mundur. Melalui kaca spion atau kamera mundur, terus atur sudut dan jarak mobil dengan mobil di depan dan belakangnya.

5. Ketika sebagian badan mobil sudah masuk ke ruang parkir, putar setir ke arah berlawanan untuk meluruskan mobil. Mundur terus perlahan sampai mobil Anda sejajar dengan mobil di depan dan belakang.

6. Kalau mobil masih belum rata dengan garis trotoar, posisi mobil bisa terus diatur dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi D (drive) atau R (reverse). Ingat, selalu gunakan rem agar  mobil berhenti ketika tuas transmisi berganti posisi.

7. Setelah mobil sudah rata dengan garis trotoar, pindahkan tuas transmisi ke posisi P (park). Tarik rem tangan untuk membuat mobil tidak bergerak. Matikan mesin dan cabut kunci mobil.

Baca juga: Cek Poin-Poin Ini Ketika Mau Beli Mobil Bekas

Apakah mobil yang laris di pasaran berpengaruh pada harga bekasnya?

Penjualan model mobil yang laris, tentu juga sebuah gambaran bagaimana konsumen menerima mobil itu. Baik saat masih baru maupun unit bekasnya. Dan biasanya salah satu kelebihan dari mobil laris adalah pada harga jualnya yang stabil atau depresiasinya rendah.

Namun untuk menilai sebuah mobil, jangan melulu terpengaruh harga. Harus dicek betul bagaimana kondisinya, baik body, interior, mesin, transmisi, maupun kelistrikan.

Kalau Otofriends ingin pengecekan menyeluruh secara mudah, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Mlongo Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Januari 29, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut