Begini Cara Top Up E-Money Di HP

Januari 08, 2024
By Thomas W
Begini Cara Top Up E-Money Di HP-otospector

Cara top up e-money di HP sangat penting dipahami oleh para pengguna jalan tol. Alasan pertama, tentu karena saat ini semua pembayaran tol di Indonesia saat ini memang hanya bisa dengan uang elektronik yaitu kartu emoney. Mau tidak mau, Otofriends harus menyediakan kartu e-money dengan saldo yang cukup.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun suatu saat bukan tidak mungkin saldo kartu e-money ternyata kurang dari tarif tol yang ditempuh. Padahal situasi sedang tidak memungkinkan untuk mengisi secara mudah. Cara paling praktis tentu menggunakan HP dibanding mengisi di mesin ATM, gerbang tol, atau minimarket.

Nah, sebelum mengetahui cara top up e-money di HP, sebaiknya Otofriends pahami dulu beberapa fakta dan cara top up saldo e-money di hp berikut:

#1:  Kartu yang Bisa Dipakai di Gerbang Tol

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Fastpay.co.id

Saat ini ada empat bank nasional yang menyediakan kartu e-money yang bisa digunakan di jalan tol yaitu Bank Mandiri (produknya kartu e-Money Mandiri), BNI (Tap Cash), BRI (Brizzi), dan BCA (Flazz).

Ada juga bank milik Pemerintah Daerah DKI Jakarta yaitu Bank DKI yang menerbitkan JakCard. Namun kartu ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran di gerbang tol sekitar Jabodetabek saja.   

Dari bank-bank tersebut yang saat ini sudah bisa melakukan pengisian melalui aplikasi di HP adalah Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BRI.

Baca juga: Biaya Tol Jakarta-Bandung Terbaru Per Desember 2023

#2: Syarat Pengisian Menggunakan HP

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Android Authority

Hal pertama yang perlu dipahami untuk cara top up e-money di HP syaratnya adalah Otofriends harus menggunakan HP smartphone dengan fitur near field communication (NFC).

Fitur NFC di HP adalah fitur yang memungkinkan HP berkomunikasi dengan perangkat lain yang juga memiliki fitur NFC secara nirkabel dan tanpa kontak. Ada berbagai manfaat dari NFC, salah satunya top up saldo e-money atau e-toll.

Syarat penting lainnya, Otofriends juga harus mengunduh aplikasi dari bank penerbit kartu e-money. Tak cukup sampai di situ, pastikan bahwa aplikasi ini sudah terhubung dengan rekening di bank, caranya dengan mengurusnya di kantor cabang bank.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Cara Top-Up E-Money via Livin by Mandiri

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: bankmandiri.co.id

1.      Buka aplikasi Livin by Mandiri. Pada halaman login e-money aktifkan NFC pada HP lalu tempelkan kartu e-money dan tahan.

2.      Tunggu sampai kartu e-money berhasil terbaca.

3.      Isi nominal yang diinginkan, pilih Lanjutkan dan periksa kembali nominal sebelum klik Lanjut Top-up

4.      Tempel dan tahan kartu e-money untuk melakukan Update Saldo

5.      Tap Selesai setelah pembaruan saldo berhasil

6.      Geser ke atas untuk melihat dan mengunduh resi

7.      Untuk melakukan update saldo, tempelkan kartu e-money pada reader bertanda logo isi ulang yang terletak di gerai-gerai mandiri atau merchant e-money.

#4: Cara Top-up E-Money Flazz di BCA mobile

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Tribunnews.com

1.      Pastikan fitur NFC di HP sudah “on”.

2.      Buka aplikasi BCA mobile, pilih “m-BCA” dan masukkan Kode Akses

3.      Pilih menu Flazz

4.      Tempelkan Kartu Flazz di area NFC HP

5.      Pilih Top Up Flazz

6.      Pilih nominal top up yang diinginkan

7.      Masukkan PIN m-BCA

8.      Tempelkan ulang Kartu Flazz di belakang HP.

9.      Tunggu hingga proses Top Up saldo berhasil

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Cara Top-up E-Money Brizzi di BRImo

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Detik60

1.      Aktifkan fitur NFC pada HP

2.      Pastikan aplikasi BRImo sudah mendukung versi 7.2.0

3.      Pilih Internet Banking BRI, kemudian Login

4.      Pilih Pembelian Top Up Online Brizzi

5.      Pilih nominal yang diinginkan

6.      Masukkan ulang Password BRI Internet Banking, kemudian tap Kirim

7.      Tempelkan kartu Brizzi di belakang smartphone

8.      Tunggu hingga proses Top Up berhasil

Baca juga: Biaya Tol Jakarta ke Surabaya Per Desember 2023

Cara memilih mobil bekas agar layak dibawa ke luar kota?

Ada beragam pilihan mobil bekas di pasaran, baik pilihan model maupun kondisinya. Kalau Otofriends ingin membeli salah satu unit, tentu harus dipastikan dulu bahwa kondisi mobil cukup layak untuk dipakai. Apalagi kalau niatnya akan pergi ke luar kota.

Jika Otofriends sedang mencari mobil bekas, serahkan saja urusan inspeksi mobil ke jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi yang dilakukan secara cermat oleh inspektor profesional, maka Otofriends akan mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Irit BBM Di Kelas Low MPV 1.500 CC

Februari 10, 2024
Di tengah kenaikan harga BBM yang drastis akhir-akhir ini, mobil irit BBM tentu menjadi idaman setiap orang. Apalagi bagi para pemilik yang menggunakan mobilnya untuk mobilitas sehari-hari. Setiap liter BBM jadi sangat berharga. Mobil irit BBM akan semakin terasa value-nya pada mobil-mobil yang berkapasitas penumpang banyak, seperti low MPV. Dengan statusnya yang multifungsi mobil semacam
Baca Lebih Lanjut

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Avanza

Februari 10, 2024
Kondisi perekonomian dan bursa otomotif yang belakangan sedikit meredup akibat pandemi, berimbas pula pada harga Honda Mobilio bekas di pasaran. Situasinya, di berbagai bursa mobil bekas seputar Jabodetabek, LMPV unggulan Honda ini harus bersaing ekstra ketat untuk merebut hati konsumen, termasuk harus menurunkan harga. Padahal di masa lalu kita mengenal Honda Mobilio sebagai produk yang
Baca Lebih Lanjut