Begini Cara Top Up E-Money Di HP

Januari 08, 2024
By Thomas W
Begini Cara Top Up E-Money Di HP-otospector

Cara top up e-money di HP sangat penting dipahami oleh para pengguna jalan tol. Alasan pertama, tentu karena saat ini semua pembayaran tol di Indonesia saat ini memang hanya bisa dengan uang elektronik yaitu kartu emoney. Mau tidak mau, Otofriends harus menyediakan kartu e-money dengan saldo yang cukup.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun suatu saat bukan tidak mungkin saldo kartu e-money ternyata kurang dari tarif tol yang ditempuh. Padahal situasi sedang tidak memungkinkan untuk mengisi secara mudah. Cara paling praktis tentu menggunakan HP dibanding mengisi di mesin ATM, gerbang tol, atau minimarket.

Nah, sebelum mengetahui cara top up e-money di HP, sebaiknya Otofriends pahami dulu beberapa fakta dan cara top up saldo e-money di hp berikut:

#1:  Kartu yang Bisa Dipakai di Gerbang Tol

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Fastpay.co.id

Saat ini ada empat bank nasional yang menyediakan kartu e-money yang bisa digunakan di jalan tol yaitu Bank Mandiri (produknya kartu e-Money Mandiri), BNI (Tap Cash), BRI (Brizzi), dan BCA (Flazz).

Ada juga bank milik Pemerintah Daerah DKI Jakarta yaitu Bank DKI yang menerbitkan JakCard. Namun kartu ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran di gerbang tol sekitar Jabodetabek saja.   

Dari bank-bank tersebut yang saat ini sudah bisa melakukan pengisian melalui aplikasi di HP adalah Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BRI.

Baca juga: Biaya Tol Jakarta-Bandung Terbaru Per Desember 2023

#2: Syarat Pengisian Menggunakan HP

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Android Authority

Hal pertama yang perlu dipahami untuk cara top up e-money di HP syaratnya adalah Otofriends harus menggunakan HP smartphone dengan fitur near field communication (NFC).

Fitur NFC di HP adalah fitur yang memungkinkan HP berkomunikasi dengan perangkat lain yang juga memiliki fitur NFC secara nirkabel dan tanpa kontak. Ada berbagai manfaat dari NFC, salah satunya top up saldo e-money atau e-toll.

Syarat penting lainnya, Otofriends juga harus mengunduh aplikasi dari bank penerbit kartu e-money. Tak cukup sampai di situ, pastikan bahwa aplikasi ini sudah terhubung dengan rekening di bank, caranya dengan mengurusnya di kantor cabang bank.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Cara Top-Up E-Money via Livin by Mandiri

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: bankmandiri.co.id

1.      Buka aplikasi Livin by Mandiri. Pada halaman login e-money aktifkan NFC pada HP lalu tempelkan kartu e-money dan tahan.

2.      Tunggu sampai kartu e-money berhasil terbaca.

3.      Isi nominal yang diinginkan, pilih Lanjutkan dan periksa kembali nominal sebelum klik Lanjut Top-up

4.      Tempel dan tahan kartu e-money untuk melakukan Update Saldo

5.      Tap Selesai setelah pembaruan saldo berhasil

6.      Geser ke atas untuk melihat dan mengunduh resi

7.      Untuk melakukan update saldo, tempelkan kartu e-money pada reader bertanda logo isi ulang yang terletak di gerai-gerai mandiri atau merchant e-money.

#4: Cara Top-up E-Money Flazz di BCA mobile

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Tribunnews.com

1.      Pastikan fitur NFC di HP sudah “on”.

2.      Buka aplikasi BCA mobile, pilih “m-BCA” dan masukkan Kode Akses

3.      Pilih menu Flazz

4.      Tempelkan Kartu Flazz di area NFC HP

5.      Pilih Top Up Flazz

6.      Pilih nominal top up yang diinginkan

7.      Masukkan PIN m-BCA

8.      Tempelkan ulang Kartu Flazz di belakang HP.

9.      Tunggu hingga proses Top Up saldo berhasil

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Cara Top-up E-Money Brizzi di BRImo

Cara Top Up E-Money Di HP

Sumber: Detik60

1.      Aktifkan fitur NFC pada HP

2.      Pastikan aplikasi BRImo sudah mendukung versi 7.2.0

3.      Pilih Internet Banking BRI, kemudian Login

4.      Pilih Pembelian Top Up Online Brizzi

5.      Pilih nominal yang diinginkan

6.      Masukkan ulang Password BRI Internet Banking, kemudian tap Kirim

7.      Tempelkan kartu Brizzi di belakang smartphone

8.      Tunggu hingga proses Top Up berhasil

Baca juga: Biaya Tol Jakarta ke Surabaya Per Desember 2023

Cara memilih mobil bekas agar layak dibawa ke luar kota?

Ada beragam pilihan mobil bekas di pasaran, baik pilihan model maupun kondisinya. Kalau Otofriends ingin membeli salah satu unit, tentu harus dipastikan dulu bahwa kondisi mobil cukup layak untuk dipakai. Apalagi kalau niatnya akan pergi ke luar kota.

Jika Otofriends sedang mencari mobil bekas, serahkan saja urusan inspeksi mobil ke jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi yang dilakukan secara cermat oleh inspektor profesional, maka Otofriends akan mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Maret 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Ganti Bearing Mobil?

Maret 22, 2024
Biaya ganti bearing mobil memang sangat tergantung pada jenis dan model bearing yang digunakan. Hanya saja dalam setiap kerusakan bearing yang harus diperhatikan tentu soal kapan bearing harus diganti dan bagaimana kualitasnya. Bearing roda mobil adalah komponen yang menunjang roda kendaraan. Fungsinya menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil. Jika bearing mengalami kerusakan, tentu saja akan
Baca Lebih Lanjut

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut