Cek Poin-Poin Ini Ketika Mau Beli Mobil Bekas

Januari 08, 2024
By Getan Metodius
Cek Poin-Poin Ini Ketika Mau Beli Mobil Bekas-otospector

Hai otofriends! Kalau lagi mikirin beli mobil bekas, ini nih tips seru buat kalian! Pertama, tindakan kamu membeli mobil bekas yang akan dijadikan mobil pertama adalah salah satu tindakan yang sangat tepat.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karena membeli mobil bekas bisa menjaga keuangan kamu, tidak terlalu terbeban akan DP sampai cicilan per bulan yang begitu besar. Tapi sebelum memutuskan membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Mulailah dari melakukan pencarian mobil bekas yang sesuai dengan dana kamu ya otofriends. Agar uang yang dikeluarkan nantinya bisa lebih tepat sasaran. Kamu bisa mencari tahu tentang model atau merek mobil bekas yang kamu ingin beli nantinya.

Cari tahu tentang tahun mobil diproduksi, reputasi dan reviewnya sampai performa mesin. Cari tahu juga dari pemilik tipe mobil yang sama di forum-forum otomotif, seperti PR apa yang biasanya akan muncul untuk tipe mobil tersebut.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Makin Nyaman Beli Mobil Bekas di Tokopedia, Bergaransi Otospector

Perlunya kamu membekali diri kamu agar mengerti tentang mobil. Kamu harus mengecek kondisi fisik dengan teliti, cek dengan detail seperti goresan besar, penyok di seluruh sisinya. Cari tahu juga kondisi mesin mobilnya, serta tidak lupa sistem dari kelistrikan mobil.

Yuk, kita bahas langkah-langkah cek mobil bekas sebelum dibeli:

#1: Cari tahu riwayat service atau perawatan.

dokumen beli mobil bekas

Sumber: Freepik

Cari tahu dari si penjual, baik itu perorangan atau dealer mengenai riwayat service serta perawatan yang telah dilakukan. Jika perorangan, mintalah informasi dari pemilik sebelumnya, lalu tanyakan hal detail seperti gimana dia merawat mobilnya dan apa yang perlu diperhatikan.

#2: Pemeriksaan dokumen mobil.

dokumen mobil

Sumber: Freepik

Jangan sampai terlewat untuk hal ini otofriends, dimana kamu perlu memastikan dokumen yang ada sudah lengkap, mulai dari STNK, BPKB, lalu faktur pembelian beserta dokumen pendukung lainnya. Cek dengan teliti jangan sampai terlewat, dan pastikan keaslian dokumen tersebut.

#3: Tawar harga dan test drive.

test drive mobil

Sumber: Freepik

Biasanya nih, kalau mau beli mobil bekas itu masih bisa ditawar lagi otofriends. Nggak salah kok kalau kamu jujur punya biaya berapa untuk membeli mobil ini. Apalagi jika misalnya mobil itu masih perlu adanya perbaikan, kamu sangat disarankan untuk nego harga.

Masih ingat di poin awal kan? Dari hasil pencarian kamu atau riset kamu tadi, kamu jadi tahu deh berapa sih harga wajar atau harga pasaran mobil yang sedang kamu incar. Pastikan juga, jangan sampai terlalu murah, jika terlampau murah harga yang ditawarkan ke kamu, kamu patut curiga.

Jika sudah mendapatkan titik temu, boleh lah kamu melakukan finalisasi dengan test berkendara. Dengar suara mesinnya, rasakan kenyamanannya, cek responsif dari mesinnya, rasakan sistem pengereman masih normal atau tidak, dan lainnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 7 Keuntungan Membeli Mobil Bekas yang Perlu Anda Tahu

Otofriends, ini dia cara paling gampang dari semua poin tadi. Tokopedia, salah satu marketplace terbesar di Indonesia sudah menjual mobil bekas berkualitas. Buat yang lagi cari mobil bekas, tinggal ketik “Mobil Bekas” dikolom pencarian di Tokopedia.

Cari rentang harga yang masuk di kantong kamu, lalu cek sertifikasi inspeksinya. Karena mobil bekas yang dijual di Tokopedia udah di inspeksi akan berlabel “Lulus Inspeksi” dan bergaransi mesin 12 bulan dari Otospector.

Jika tidak menemukan label “Lulus Inspeksi” kamu dapat mengajukan gratis inspeksi untuk mobil incaranmu langsung ke Dealer Mobil bekas terpilih di Tokopedia.

Jadi, beli mobil bekas senyaman belanja kebutuhan rumah. Semua mobil bisa kamu cek disini. Asik, kan?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca lebih lanjut

Gampangnya Bikin SIM Via Online

Februari 16, 2024
Bikin SIM via online di masa lalu pasti tidak pernah terpikirkan. Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, urusan bikin SIM bisa dipermudah. Pendaftaran dan ujian teori pembuatan SIM bisa dilakukan secara online. Tentu dengan adanya inovasi dari Korlantas Polri ini sangat mudah dan praktis. Masyarakat yang akan membuat SIM cukup mengurus dan melengkapi berkas
Baca lebih lanjut

Koleksi Mobil Ganjar Pranowo Capres 2024

Februari 15, 2024
Siapa yang enggak tahu nama ini Otofriends, nama Ganjar Pranowo udah jadi buah bibir beberapa bulan terakhir nih. Karena sosoknya yang kontroversial, ditambah Ganjar menjadi capres dari PDIP Perjuangan sontak namanya jadi banyak sekali dibahas. Tapi kamu tahu nggak nih kalau jawara PDIP ini juga punya koleksi otomotif seperti mobil loh. Siapa yang penasaran? Di
Baca lebih lanjut