Klik disini untukJual Mobil Anda

Perhatikan, Inilah 5 Ciri Mobil Bekas Banjir

Desember 17, 2022
By Thomas W
Perhatikan, Inilah 5 Ciri Mobil Bekas Banjir-otospector

Jika terjadi musibah banjir di suatu daerah, maka salah satu pihak yang bisa dirugikan adalah pemilik mobil. Sebab banjir bisa saja merendam mobil hingga membuat kerusakan. Kejadiannya bisa di rumah yang berada di daerah rawan banjir, parkiran, atau bahkan di jalanan saat sedang melintas hingga kemudian terjebak air banjir.

Mobil bekas terendam banjir biasanya akan dibersihkan dan berupaya diservis baik ditanggung sendiri maupun klaim asuransi. Masalahnya, jika sudah terkena banjir, mobil akan sulit kembali ke kondisi sebelum banjir atau kondisi normal. Akan ada masalah yang bisa muncul suatu saat baik di mesin maupun kelistrikan. Tentu saja Otofriends harus waspada.

Nah, biar Otofriends bisa mengetahui mobil tersebut bekas banjir serta mengantisipasi kerugian di masa mendatang, mari kita kenali 5 ciri-ciri mobil bekas banjir. Inilah cara mengetahui bekas apakah mobil bekas banjir:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Ditemukan Karat

Karat di bawah jok mobil
Karat akibat banjir sering ditemukan di bagian bawah jok

Adanya karat di beberapa bagian mobil adalah salah satu ciri yang paling menonjol. Karat muncul karena komponen yang terbuat dari logam sempat terkena air selama beberapa waktu dan tidak mampu dibersihkan secara tuntas.

Ada kalanya karat ini memang tidak terlihat secara langsung dan seketika. Karena karat biasanya berada di bagian-bagian yang tersembunyi seperti baut di rem tangan, beberapa bagian bumper, serta di bawah jok mobil.

Karat adalah efek banjir yang agak susah dipulihkan, karena itu biasanya menjadi salah satu ciri yang pasti bisa ditemukan.

Baca juga: Bagaimana Nasib Mobil Bekas Banjir? Ini Beberapa Faktanya

#2: Harga Penawaran Sangat Murah

Mobil bekas banjir sering ditawarkan dengan harga murah
Waspada jika penawaran dirasa terlalu murah

Di pasaran mobil bekas, biasanya ada rentang harga yang wajar untuk mobil tipe dan jenis tertentu. Jika ada mobil-mobil yang ditawarkan terlalu murah dari harga pasaran, maka Otofriends patut memeriksa secara lebih cermat, karena ada kemungkinan mobil tersebut bekas banjir.

Harga penawaran ini akan semakin mencurigakan jika mobil termasuk dalam jenis yang populer seperti MPV atau SUV tipe dan merek tertentu. Karena biasanya di mobil-mobil yang banyak diminati, penjual mobil bekas cenderung menahan harga di angka yang sewajarnya.

Harga yang miring biasanya sangat menggoda orang yang awam untuk membeli mobil bekas, terutama mobil pertama.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Aroma Kabin Tidak Sedap

Mobil bekas banjir sering mengeluarkan aroma tidak sedap di kabinnya
Aroma kabin tidak sedap

Air dari banjir yang sempat masuk ke dalam kabin dan interior mobil biasanya akan menimbulkan aroma tidak sedap. Karena aroma seperti ini biasanya akan sulit dihilangkan. Aromanya mirip seperti bau apek.

Jika proses pembersihan masih kurang sempurna,selain aroma tidak sedap, Otofriends bahkan masih bisa menemukan endapan lumpur.

Otofriends juga wajib curiga jika kabin terasa terlalu wangi. Karena biasanya ini menjadi salah satu upaya penjual untuk menutupi aroma tidak sedap dengan memakai pewangi yang terlalu banyak.

#4: Mesin Bermasalah

Oli yang bercampur air terlihat dari warnanya
Mengecek air yang bercampur oli

Masalah yang mungkin terjadi akibat mobil tersebut pernah terendam banjir adalah tercampurnya oli mesin dengan air. Otofriends bisa melihatnya dengan mengecek warna oli mesin mobil. Jika warnanya seperti minuman kopi susu, kemungkinan penyebabnya adalah air.

Bunyi mesin juga bisa menjadi indikasi mesin terendam banjir. Jika memang belum ditangani oleh bengkel, maka bunyi mesin akan cenderung lebih keras dan kasar dari normal.

#5: Sistem Kelistrikan Bermasalah

Banjir biasanya akan menyerang kelistrikan terutama indikator EPS
Lampu indikator EPS

Komponen mobil yang rawan terhadap endapan air adalah sistem kelistrikan dan perangkat elektronik. Meski persoalan mungkin sudah dibereskan oleh bengkel atau mekanik, biasanya tetapa ada efeknya di kemudian hari.

Cek setiap fungsi perangkat elektronik seperti lampu, audio, AC, wiper dan perangkat elektronik lainnya. Pastikan semua berfungsi dengan normal.

Penting juga untuk memastikan lampu indikator electric power steering (EPS) pada dashboard tetap normal (tidak menyala). Karena EPS adalah salah satu komponen elektrik yang sering rusak pada mobil bekas banjir akibat terkena air.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Banjir? Ini Biaya Servis Tambahannya

Banner iklan dana tunai

Bagaimana Cara Memastikan Mobil Bekas Yanng Akan Dibeli Bebas Terendam Banjir

Mendapatkan mobil bekas dengan kualitas prima, memang tidak mudah. Masalahnya, banyak penjual menggunakan berbagai trik untuk menutupi kekurangan mobil yang dijual. Namun jika pembeli teliti dan sabar, selalu ada unit yang kondisinya masih layak dan berkualitas.

Cara yang lebih mudah dan aman adalah menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi yang mendetail dan tenaga inspektor berpengalaman, Otofrieds akan mendapat gambaran sesungguhnya tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Tidak repot dan hasilnya akurat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Meski Di Rumah Saja, Mobil Juga Perlu Dirawat

Mei 25, 2020
Wabah Covid-19 atau biasa disebut sebagai Virus Korona, memaksa sebagian besar orang untuk tetap tinggal di rumah. Mereka juga tidak bisa pergi ke mana-mana, karena banyak tempat-tempat umum yang juga tidak beroperasi. Aktivitas akhirnya lebih banyak dilakukan di rumah, lewat internet. “Liburnya” kebanyakan orang, juga membuat kendaraan mereka lebih banyak di rumah. Meski tidak dijalankan,
Baca lebih lanjut

Beraneka Cairan Ini Bisa Merusak Body Mobil. Catat Ya!

April 30, 2020
Selain dibawa ke bengkel atau jasa servis, terkadang pemilik kendaraan juga sering melakukan perawatan mobil secara mandiri. Namun harus diingat, dalam perawatan itu kita harus hati-hati, karena ada beberapa jenis cairan kimia yang rawan merusak kemulusan bodi mobil. Apa saja cairan yang berpotensi merusak permukaan bodi itu? Yuk, kita simak satu per satu: #1: Oli
Baca lebih lanjut

Aki Juga Perlu Dirawat, Ini Beberapa Tipsnya

April 27, 2020
Bukan cuma bodi atau mesin yang perlu perawatan. Peranti yang sifatnya fast moving, seperti aki, juga perlu perawatan agar dapat berfungsi optimal. Aki yang terawat juga membua usia pakainya menjadi lebih panjang. Masalahnya, tidak banyak orang yang telaten merawat aki. Alasannya karena tidak ada waktu dan merasa tidak harus merawatnya. Berikut beberapa fakta yang harus
Baca lebih lanjut