Perhatikan, Inilah 5 Ciri Mobil Bekas Banjir

Oktober 26, 2023
By Thomas W
Perhatikan, Inilah 5 Ciri Mobil Bekas Banjir-otospector

Jika terjadi musibah banjir di suatu daerah, maka salah satu pihak yang bisa dirugikan adalah pemilik mobil. Sebab banjir bisa saja merendam mobil hingga membuat kerusakan.

Kejadiannya bisa di rumah yang berada di daerah rawan banjir, parkiran, atau bahkan di jalanan saat sedang melintas hingga kemudian terjebak air banjir.

Mobil bekas terendam banjir biasanya akan dibersihkan dan berupaya diservis baik ditanggung sendiri maupun klaim asuransi. Masalahnya, jika sudah terkena banjir, mobil akan sulit kembali ke kondisi sebelum banjir atau kondisi normal.

Akan ada masalah yang bisa muncul suatu saat baik di mesin maupun kelistrikan. Tentu saja Otofriends harus waspada.

Nah, biar Otofriends bisa mengetahui mobil tersebut bekas banjir serta mengantisipasi kerugian di masa mendatang, mari kita kenali 5 ciri-ciri mobil bekas banjir. Inilah cara mengetahui bekas apakah mobil bekas banjir:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Ditemukan Karat

Karat di bawah jok mobil
Karat akibat banjir sering ditemukan di bagian bawah jok

Adanya karat di beberapa bagian mobil adalah salah satu ciri yang paling menonjol. Karat muncul karena komponen yang terbuat dari logam sempat terkena air selama beberapa waktu dan tidak mampu dibersihkan secara tuntas.

Ada kalanya karat ini memang tidak terlihat secara langsung dan seketika. Karena karat biasanya berada di bagian-bagian yang tersembunyi seperti baut di rem tangan, beberapa bagian bumper, serta di bawah jok mobil.

Karat adalah efek banjir yang agak susah dipulihkan, karena itu biasanya menjadi salah satu ciri yang pasti bisa ditemukan.

Baca juga: Bagaimana Nasib Mobil Bekas Banjir? Ini Beberapa Faktanya

#2: Harga Penawaran Sangat Murah

Mobil bekas banjir sering ditawarkan dengan harga murah
Waspada jika penawaran dirasa terlalu murah

Di pasaran mobil bekas, biasanya ada rentang harga yang wajar untuk mobil tipe dan jenis tertentu. Jika ada mobil-mobil yang ditawarkan terlalu murah dari harga pasaran, maka Otofriends patut memeriksa secara lebih cermat, karena ada kemungkinan mobil tersebut bekas banjir.

Harga penawaran ini akan semakin mencurigakan jika mobil termasuk dalam jenis yang populer seperti MPV atau SUV tipe dan merek tertentu. Karena biasanya di mobil-mobil yang banyak diminati, penjual mobil bekas cenderung menahan harga di angka yang sewajarnya.

Harga yang miring biasanya sangat menggoda orang yang awam untuk membeli mobil bekas, terutama mobil pertama.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Aroma Kabin Tidak Sedap

Mobil bekas banjir sering mengeluarkan aroma tidak sedap di kabinnya
Aroma kabin tidak sedap

Air dari banjir yang sempat masuk ke dalam kabin dan interior mobil biasanya akan menimbulkan aroma tidak sedap. Karena aroma seperti ini biasanya akan sulit dihilangkan. Aromanya mirip seperti bau apek.

Jika proses pembersihan masih kurang sempurna,selain aroma tidak sedap, Otofriends bahkan masih bisa menemukan endapan lumpur.

Otofriends juga wajib curiga jika kabin terasa terlalu wangi. Karena biasanya ini menjadi salah satu upaya penjual untuk menutupi aroma tidak sedap dengan memakai pewangi yang terlalu banyak.

#4: Mesin Bermasalah

Oli yang bercampur air terlihat dari warnanya
Mengecek air yang bercampur oli

Masalah yang mungkin terjadi akibat mobil tersebut pernah terendam banjir adalah tercampurnya oli mesin dengan air. Otofriends bisa melihatnya dengan mengecek warna oli mesin mobil. Jika warnanya seperti minuman kopi susu, kemungkinan penyebabnya adalah air.

Bunyi mesin juga bisa menjadi indikasi mesin terendam banjir. Jika memang belum ditangani oleh bengkel, maka bunyi mesin akan cenderung lebih keras dan kasar dari normal.

#5: Sistem Kelistrikan Bermasalah

Banjir biasanya akan menyerang kelistrikan terutama indikator EPS
Lampu indikator EPS

Komponen mobil yang rawan terhadap endapan air adalah sistem kelistrikan dan perangkat elektronik. Meski persoalan mungkin sudah dibereskan oleh bengkel atau mekanik, biasanya tetapa ada efeknya di kemudian hari.

Cek setiap fungsi perangkat elektronik seperti lampu, audio, AC, wiper dan perangkat elektronik lainnya. Pastikan semua berfungsi dengan normal.

Penting juga untuk memastikan lampu indikator electric power steering (EPS) pada dashboard tetap normal (tidak menyala). Karena EPS adalah salah satu komponen elektrik yang sering rusak pada mobil bekas banjir akibat terkena air.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Banjir? Ini Biaya Servis Tambahannya

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana Cara Memastikan Mobil Bekas Yanng Akan Dibeli Bebas Terendam Banjir

Mendapatkan mobil bekas dengan kualitas prima, memang tidak mudah. Masalahnya, banyak penjual menggunakan berbagai trik untuk menutupi kekurangan mobil yang dijual. Namun jika pembeli teliti dan sabar, selalu ada unit yang kondisinya masih layak dan berkualitas.

Cara yang lebih mudah dan aman adalah menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi yang mendetail dan tenaga inspektor berpengalaman, Otofrieds akan mendapat gambaran sesungguhnya tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Tidak repot dan hasilnya akurat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca Lebih Lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca Lebih Lanjut

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca Lebih Lanjut