Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024

Januari 16, 2024
By Getan Metodius
Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024-otospector

Beli mobil untuk digunakan di perkotaan memang paling cocok untuk jenis hatchback. Untuk saat ini yang paling sering ada di pikiran masyarakat urban adalah Brio dan juga Agya. Lantas mana pilihan terbaik kamu Otofriends?

Kalau bang min sih mending lihat komparasi singkat ini dulu ya, tapi tetap ini adalah masukan informasi aja untuk kamu, bukan sejatinya membandingkan mana yang lebih murah, mana yang lebih kencang mesinnya dan mana yang lebih “oke” bodinya, karna semua kembali pada selera masing-masing. Yuk kita bahas duel Honda Brio vs Toyota Agya berikut ini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kita bahas dari beberapa point ya Otofriends mulai dari sejarah dari Brio dan juga Agya, lalu komparasi harga, lalu sampai pada komparasi penjualan di tahun 2022. Kita mulai dari pembahasan masuknya masing-masing mobil ini di tanah air tercinta kita Indonesia.

#1: Masuknya Honda Brio.

Honda Brio Masuk 2012

Brio boleh lah kita bilang menjadi salah satu ujung tombak Honda, siapa yang setuju? Pasalnya sejak dia masuk di tahun 2012 lalu, dia di incar karena bodi dan gaya desainnya itu yang kekiniaan banget, anak muda banget.

Ditambah lagi nih, dirasa cocok dengan kondisi jalanan perkotaan yang tidak disarankan menggunakan mobil dengan bodi yang besar. Hatchback kompak mungil andalan Honda ini punya penjualan yang cukup bagus dari tahun ke tahun. Semakin tahun semakin banyak inovasi dari Honda seperti membekali fitur terbaru, contohnya anti lock braking system, ac digital, drive by wire, sampai electronic brake distribution.

Baca juga: 5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Avanza

#2: Masuknya Toyota Agya.

Toyota Agya Masuk 2012

Masuknya Agya ini sebetulnya di tahun yang sama dengan Brio, yaitu di tahun 2012. Uniknya mobil ini masuk ke dalam salah satu segmen yang cukup seru yaitu Low Cost Green Car atau LCGC. Kembaran Daihatsu Ayla ini punya keunggulan juga kok.

Memang membuat kita sedikit kagum dengan konsep awalnya yang ingin membawa kendaraan yang lebih ramah lingkungan namun tetap irit dan juga bertenaga, soal desain yang cukup membius ini bisa juga membawa Agya mencapai penjualan cukup fantastis. Sampai saat ini masuk varian Toyota Agya baru yang semakin keren, serta ada tipe sporti yaitu Agya GR Sport.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Komparasi Brio vs Agya Dari Sisi Mesin.

mesin agya vs brio

Kita bahas dari sisi dapur pacu mobil keluaran terbaru dari masing-masing brand. Kalau Toyota Agya memiliki mesin baru 1.2L dengan kode WA-VA dengan kubikasi 1.200 cc dengan 3 silinder Dual VVT-i. Berkat adanya mesin ini, Agya bisa memberikan performa mesin 86,7 dk di 6.000 rpm dan juga torsi 112,9 Nm di 4.500 rpm.

Mesin Honda Brio juga gak kalah seru nih Otofriends, mobil ini dibekali mesin dengan jenis 1.2: SOHC, 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-Vtec + DBW. Honda Brio bisa menghasilkan daya sebesar 88 ps di 6.000 rpm serta juga torsi 110 Nm di 4.800 rpm. Keduanya merupakan mobil yang masuk ke dalam golongan irit bahan bakar

#4: Harga Brio vs Agya.

penjualan honda brio 2022

Di tahun 2023 ini untuk harga Honda Brio yang terbaru adalah di angka Rp 159.100.000 untuk varian termurah yaitu Honda Brio Satya S MT, dan termahalnya ada di Brio RS CVT Urbanite Edition di harga Rp 243.900.000.

Lalu untuk Toyota Agya gimana nih? Agya punya harga termurah untuk tipe 1.2 E M/T Rp 167.900.000 dan tipe paling mahal nya ada di 1.2 GR Sport CVT di harga Rp 253.000.000.

#5: Penjualan Brio vs Agya Selama Tahun 2022.

toyota agya terbaru

Nah kita mengacu pada penjualan sepanjang tahun 2022 ya Otofriends siapa nih yang lebih laris di tahun 2022 kemarin. Untuk Honda Brio mencatatkan penjualan sebanyak 46.804 unit, wow banyak banget ya. Dan untuk penjualan Toyota Agya di tahun 2022 kemarin sebanyak 21.336 unit.

Baca juga: Komplet! Harga Mobil Honda Brio Bekas Per Oktober 2022

beli mobil bekas di tokopedia

Brio vs Agya Second Terbaik Bisa Jadi Pilihan:

Untuk Anda yang tidak mau membeli mobil baru dengan beberapa alasan, bisa juga kok membeli Honda Brio ataupun Toyota Agya bekas. Namun perlu kami ingatkan untuk melakukan pengecekan atau inspeksi pada Agya atau Brio yang hendak Anda incar.

Disarankan untuk menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mendapatkan data yang valid dan Anda bisa menentukan Agya atau Brio mana yang akan Anda pinang dan bawa ke garasi rumah Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Cek Harga Vios Bekas Per 2024, Mulai Rp 65 Juta

Maret 17, 2024
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut