Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2023

November 18, 2023
By Getan Metodius
Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2023-otospector

Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik mobil matic sampai pada rekomendasinya. Tapi boleh dong bang min kasih beberapa rekomendasi nih mobil matic terbaik, tetapi sebelum ke rekomendasinya, kita perlu tahu dulu sedikit sejarah mobil matic. Simak selengkapnya di bawah ini yuk.

#1: Sejarah Mobil Matic.

sejarah mobil matic

Sumber: Viva.co.id

Mobil matic ini ditemukan di Amerika tahun 1904, dimana ada Sturtevant bersaudara diminta untuk membuat transmisi mobil yang simple. Awal-awal sih diberi nama dengan horseless carriage, teknologi ini merupakan transmisi dua percepatan dan bisa berpindah secara otomatis. Eh tapi, transmisi ini ternyata sering rusak sehingga dulu di awal kemunculannya kurang diminati.

Namun ketika sudah di tangan dingin Alfred Horner Munro yang menyempurnakan transmisi ini di tahun 1921, transmisi ini semakin membaik. Ia mampu membuat transmisi ini dengan empat gigi maju, tapi tidak ada gigi mundur, sehinggi Munro pakai tekanan udara sebagai pengganti cairan hidrolik.

Ditambah lagi transmisi hidolik ditemukan oleh insinyur asal Brasil yaitu Fernando Lehly Lemos dan Jose Braz Aripe di tahun 1932. Sama seperti di transmisi matic tadi, GM (General Motor) membeli dan mengembangkan transmisi ini dan memproduksi masal. Hingga saat ini kita mengenal mobil dengan transmisi CVT yang merupakan pengembangan lebih jauh lagi dari mobil matic konvensional.

Baca juga: Perhatikan, Inilah Penyebab Gagal Uji Emisi Mobil

#2: Daihatsu Ayla AT.

mobil matic terbaik daihatsu ayla

Sumber: CNBC

Pada rekomendasi pertama dalam pembahasan rekomendasi mobil matic terbaik, kita ada Daihatsu Ayla 1.2 AT. Mobil ini bukan hanya matic, tetapi dia juga sangat irit Otofriends, dan cocok untuk kamu yang ingin beli mobil matic cocok digunakan di perkotaan.

Ayla punya mesin transmisi otomatis 4 percepatan dengan tipe mesin 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-i dengan 1.197 cc. Mesin ini bisa memberikan tenaga yang cukup baik pada mobil kompak mungil Daihatsu ini, 88 PS di 6.000 rpm serta torsi 108 Nm di 4.200 rpm. Saat ini Ayla bekas sudah berada di bawah angka Rp 150 jutaan.

#3: Brio Satya E CVT.

honda brio matic

Sumber: Ayo Semarang

Nah kalau yang pengen cari dari brand Honda, kamu bisa membeli Honda Brio Satya E CVT ya Otofriends. Mobil Brio ini jadi salah satu tulang punggung Honda disamping saudaranya yang lain. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.2 L dan bisa menghasilkan tenaga puncak 90 PS di 6.000 rpm serta torsi 110 Nm di 4.800 Nm.

Brio juga punya fitur yang terbilang lengkap, fitur keamanan dengan Dual SRS Airbag, dan juga sudah ada ABS+EBD. Untuk soal harga mobil ini sudah bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 150 jutaan saja.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Ignis GX AGS.

ignis matic

Sumber: mobilsuzukibali.com

Dari Suzuki nggak mau kalah unjuk gigi, ada Suzuki Ignis GX AGS yang merupakan transmisi AGS atau Auto Gear Shift dan boleh dibilang cukup berbeda dari matic biasanya. Mesin Ignis ini berkapasitas 1.197 cc dan termasuk irit bahan bakar loh, untuk tipe unik ini sudah bisa dipinang dengan harga sekitar Rp 160 jutaan saja.

#5: Toyota Agya 1.2 AT.

agya matic

Sumber: detik.net

Kembaran dari Ayla ada si Agya nih Otofriends, kamu bisa beli mobil matic terbaik dari Toyota ini. Agya punya desain eksterior yang semakin sporty, selain itu sudah dibekali mesin 1.2L NR dengan kapasitas 1.197 cc dengan transmisi matic 4 percepatan. Soal harga sih di angka Rp 150 jutaan kamu udah bisa membawanya ke garasi rumah kamu sekarang.

Baca juga: Simak Ya, Harga Mobil Agya Bekas Per September 2023

Beli mobil matic bekas perlu ketelitian:

Sebetulnya sama saja sih otofriends dengan membeli mobil manual, kita harus mengerti dimana karakteristik mesin manual atau matic. Untuk membeli kondisi bekas, kamu perlu tahu akan tidak mudah. Untuk itu sebelum beli mobil matic terbaik kondisi bekas, kamu disarankan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Pengecekan akan dilakukan dari luar, dalam dan juga mesin maticnya, jadi kamu bisa mengetahui apakah mobil matic yang kamu incar sudah layak dibeli belum? Itu pentingnya menggunakan jasa inspeksi independent.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Oktober 11, 2023
Ada sebagian orang yang memilih servis berkala mobil di bengkel resmi, sementara sebagian lagi memilih ke bengkel biasa. Kedua pilihan itu tentu tidak masalah, asalkan tetap dilakukan perawatan kendaraan sesuai periode servisnya. Service mobil tetap dalam kondisi prima secara berkala. Service jadi salah satu cara agar mobil bisa tetap sehat, service untuk mobil harus dilakukan.
Baca lebih lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2023?

Oktober 11, 2023
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca lebih lanjut

Pilih Aki Kering atau Aki Basah? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Oktober 10, 2023
Kita tahu di pasaran saat ini tersedia dua jenis aki kendaraan bermotor yakni aki basah dan aki kering. Meski ada sedikit perbedaan soal spesifikasi teknisnya, namun fungsi keduanya sama yakni memberi pasokan listrik pada berbagai perangkat di kendaraan. Pada mobil-mobil keluaran terbaru dengan teknologi modern, kebutuhan akan pasokan listrik dari aki juga semakin tinggi. Ini
Baca lebih lanjut