7 Keuntungan Membeli Mobil Bekas yang Perlu Anda Tahu

Januari 31, 2023
By jandika
7 Keuntungan Membeli Mobil Bekas yang Perlu Anda Tahu-otospector

Jumlah pengguna mobil di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya. Salah satu penyebabnya adalah makin mudahnya fasilitas cicilan jangka panjang dengan DP ringan. Ternyata, pertumbuhan ini pun memacu timbulnya tren berganti mobil dalam waktu yang relatif cepat, karena pemilik merasa bosan atau ingin menggunakan mobil keluaran terbaru.

Tren ini menambah banyak nya pilihan mobil yang masih baru dan berkualitas di pasar mobil bekas. Untuk Anda yang sudah memutuskan untuk membeli mobil bekas, Otospector merangkum tujuh kelebihan membeli mobil bekas untuk Anda berikut ini:

#1: Kualitas Masih Bagus, Harga Lebih Murah

Deretan Mobil Bekas

Seiring makin banyaknya merek mobil-mobil keluaran baru, jumlah mobil bekas pun ikut bertambah. Umumnya, kondisi mobil bekas tersebut relatif masih bagus, baik mesin, eksterior, maupun interiornya.

Kondisi yang hampir menyerupai baru serta harganya yang murah, menjadi salah satu keuntungan mobil bekas yang paling menarik bagi para pembeli. Akan tetapi, tentunya tidak semua mobil bekas masih dalam kondisi bagus, ada baiknya Anda gunakan jasa profesional untuk cek kondisi mobil bekas incaran Anda sebelum melakukan pembelian.

#2: Mudah Mendapatkan Pinjaman Kredit

Kredit Mobil Bekas

Tidak hanya kredit mobil baru, kini semakin banyak pula bank atau lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan mobil bekas. Harga mobil bekas yang lebih murah, memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman dengan lebih mudah.

Uang muka serta angsuran per bulan pun lebih ringan, karena tingkat bunga yang lebih rendah. Pembiayaan kredit mobil bekas dapat dilakukan dengan jangka waktu dimulai dari satu tahun.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#3: Bisa Langsung Digunakan

Kunci Mobil

Saat membeli mobil baru, Anda tidak dapat langsung menggunakannya untuk berkendara di jalanan. Setidaknya Anda harus menunggu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan hingga surat serta kelengkapan lainnya selesai diurus. Ini akan menjadi masalah bagi Anda yang perlu menggunakan mobil secepatnya.

Apabila Anda membeli mobil bekas, hal ini tidak akan terjadi, sebab seluruh surat dapat langsung berpindah tangan ketika melakukan pelunasan. Kemudian, Anda hanya perlu melakukan balik nama untuk kelancaran pembayaran pajak pada kemudian hari.

Selain surat-surat yang telah tersedia, Anda pun tidak perlu menunggu stok mobil yang inden dari pabrik. Cukup datang ke showroom atau sang pemilik, Anda bisa langsung membawa mobil bekas pulang ke rumah di waktu yang sama.

#4: Penyusutan Nilai Rendah

Mobil Bekas Manual atau Matic

Keuntungan beli mobil bekas yang keempat ialah memiliki penyusutan nilai harga (depresiasi) yang lebih rendah. Umumnya, sebuah mobil akan mengalami depresiasi sekitar 15% hingga 25% setelah lima tahun pembelian. Hal ini berlaku untuk mobil baru dan tidak dengan mobil bekas.

Apabila Anda membeli mobil second, harganya jual kembalinya akan lebih stabil. Ketika akan menjualnya di masa depan, Anda tidak akan merasa rugi sebab Anda mengalami depresiasi yang lebih kecil atau bahkan bisa menjualnya kembali dengan harga yang kurang lebih sama.

Baca juga: Plus Minus Membeli Mobil Bekas dari Pemakai Langsung

#5: Cocok untuk Berbisnis

Kentungan Beli Mobil Bekas

Bagi Anda yang memiliki bisnis rental mobil atau yang berhubungan dengan kendaraan, membeli mobil bekas dengan jumlah yang banyak akan lebih menguntungkan dibanding membeli jenis baru. Uang yang perlu Anda keluarkan akan jauh lebih sedikit. Apabila Anda membeli dalam jumlah banyak, biasanya penjual akan memberikan diskon khusus sehingga harganya jadi lebih ekonomis.

#6: Pilihan Lebih Variatif

Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Keuntungan membeli mobil bekas lainnya, Anda memiliki pilihan yang lebih bervariatif, mulai dari merek, jenis, tipe, tahun keluaran, hingga harganya. Anda jadi memiliki kebebasan dalam memilih mobil bekas dengan kriteria yang lebih sesuai dengan budget serta kebutuhan.

Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Setelah membaca ulasan di atas, jadi semakin tertarik bukan untuk membeli mobil bekas? Sebelum membeli mobil bekas, jangan lupa untuk cek kondisi nya sebelum melakukan transaksi. Jika Anda tidak mengerti mobil, Otospector sebagai jasa pengecekan yang independen dapat membantu Anda agar Anda semakin yakin dalam menentukan pilihan, dan mendapatkan mobil bekas berkualitas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Berapa Harga Avanza Bekas Mobil Sejuta Umat di tahun 2024?

Februari 16, 2024
Kalau berbicara tentang Toyota Avanza ini seolah nggak akan ada habisnya, mobil ini dari waktu ke waktu masih saja menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat Indonesia. Karena harga yang terjangkau mobil ini laris manis dan bikin rekor terus-terusan. Gimana enggak, harganya mulai Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan aja untuk tipe paling tinggi. Mulai dari
Baca Lebih Lanjut

Gampangnya Bikin SIM Via Online

Februari 16, 2024
Bikin SIM via online di masa lalu pasti tidak pernah terpikirkan. Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, urusan bikin SIM bisa dipermudah. Pendaftaran dan ujian teori pembuatan SIM bisa dilakukan secara online. Tentu dengan adanya inovasi dari Korlantas Polri ini sangat mudah dan praktis. Masyarakat yang akan membuat SIM cukup mengurus dan melengkapi berkas
Baca Lebih Lanjut