Update terbaru dari pasar mobil bekas, Honda Brio bekas 70 juta! Ya, serius nih. Asalkan Otofriends cukup sabar dan rajin cari-cari informasi seputar harga-harga mobil bekas, saat ini Honda Brio angkatan pertama yang dirakit di dalam negeri, harganya sudah semakin terjangkau.
Di pasar, orang mengenal Brio sebagai salah satu produk yang salah satu modelnya ada dalam program Low Cost Green Car (LCGC). Sejauh ini Brio cukup tangguh karena harus berhadapan dengan berbagai mobil selevel di kelasnya seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, dan Datsun Go, yang masing-masing punya keunggulan tersendiri.
Mari kita lihat seperti apa fakta-fakta Honda Brio bekas 70 juta yang memang sedang banyak dicari orang:
Sumber: Honda Prospect Indonesia
Honda Brio pertama kali hadir di Indonesia pada 2012, namun saat itu masih didatangkan secara CBU dari Thailand.
Brio CBU ini tersedia dalam dua tipe yakni tipe E dan tipe S, dngan mesin berkapasitas 1.339 cc (99 hp/128 Nm). Transmisinya matic 5 percepatan dan manual 5 percepatan, fiturnya sudah dilengkapi ABS, EBD, serta airbag.
Sayangnya, untuk generasi pertama ini harga di pasaran saat ini masih tinggi. Bisa jadi karena faktor CBU.
Sumber: Cintamobil
Pada 2013, diperkenalkan Honda Brio 1.2 serta Brio Satya untuk segmen LCGC.
Kedua varian Brio itu sudah dirakit di dalam negeri, di mana
Brio 1.2 tersedia dalam tipe E dan S, sedangkan Brio Satya ada tipe E, S dan A. Namun khusus transmisi otomatis hanya ada pada Brio 1.2.
Mesin Brio produksi dalam negeri berkapasitas 1.198 cc (89 hp/110 Nm). Pada Brio 1.2 sudah ada ABS, EBD dan airbag. Sedangkan Satya cuma tersedia Airbag saja.
Sumber: Cintamobil
Ada yang menyebut, salah satu kelemahan Honda Brio Satya 2013 ada pada jarak bumper depan ke tanah yang cukup rendah. Honda mengatasinya dengan penambahan karet pelindung pada bagian bawah bumper.
Salah satu ciri khas mobil ini ada pada desain pintu bagasi dengan kaca berukuran besar. Sayangnya pada bagian pintu bagasi belakang tidak ada tuas untuk membukanya. Butuh kunci atau dengan mengungkit tuas dari kursi pengemudi untuk membukanya.
Jok yang digunakan model semi bucket dengan headrest yang menyatu. Ruang kaki jok baris kedua terasa kurang lapang namun diatasi dengan desain jok pengemudi bagian belakang yang melengkung. Jok baris kedua juga bisa dilipat untuk menghasilkan ruang bagasi yang lebih luas saat sedang tidak digunakan.
Sumber: Honor Indonesia
Mobil-mobil perkotaan seperti jenis hatchback atau city car memang umumnya punya daya jelajah sebatas area perkotaan. Hal ini membuat mobil relatif tidak digunakan untuk medan ekstrem sehingga kondisinya secara umum akan lebih baik. Namun semua itu kembali lagi kepada pemilik, apakah memang merawat mobilnya dengan benar.
Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.
Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya. Ayo, inspeksi mobil bekas incaranmu sekarang!
Bagikan