Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
By Thomas W
Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD-otospector

Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya, banyak konsumen yang mempertanyakannya. Terutama mereka yang fanatik dengan sistem RWD dan merasa terpuaskan. 

Kira-kira apa saja pertimbangan pabrikan menggunakan FWD? Mungkin kelebihan dan kekurangan RWD bisa jadi gambaran:

Kelebihan RWD

#1: Distribusi Bobot Bisa Merata

distribusi bobot yang merata

Sumber: Pakwheels.com

Mobil sistem RWD punya kelebihan dalam distribusi bobot. Karena posisi mesin ada di depan, maka komponennya bisa diatur tata letaknya sedemikian rupa, sehingga girboks dan as kopel (drive shaft) di tengah dan gardan (diferensial) di belakang. 

Distribusi bobot yang baik membuat sistem RWD punya handling yang lebih baik. Hanya memang cenderung oversteer.

Sebenarnya, RWD tidak hanya untuk mesin depan saja. RWD juga fleksibel untuk dikombinasikan mesin tengah atau mesin belakang. Itu juga salah satu kelebihan lain. 

Fungsi roda depan yang hanya untuk kemudi dan roda belakang yang hanya untuk penggerak, membuat distribusi bobot pada masing-masing roda juga lebih optimal. Efeknya, usia pakai pada komponen suspensi, kemudi dan penggerak dapat lebih panjang.

Baca juga: Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

#2: Mampu Melahap Tanjakan Lebih Baik

mampu menanjak lebih baik

Sumber: Wuling.id

Sudah banyak bukti yang memperlihatkan, mobil-mobil RWD relatif lebih andal saat menghadapi tanjakan curam dibanding FWD. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Terutama karena roda penggerak ada di belakang, maka ban tak mudah kehilangan traksi pada saat menanjak di tanjakan yang curam. 

Faktor lainnya, pada saat mobil menanjak, bobot akan cenderung ke belakang, sehingga mobil dengan FWD akan mudah kehilangan traksi. 

beli mobil bekas di tokopedia

Kekurangan RWD

#1: Penyaluran Tenaga Kurang Efisien

tenaga kurang efisien

Sumber: Astra-Daihatsu.id

Karena posisi mesin ada di depan, maka penyaluran tenaga ke roda belakang harus melewati beberapa komponen seperti girboks dan as kopel hingga gardan belakang. 

Proses yang panjang itu membuat tenaga mesin banyak “terserap” sebelum sampai roda belakang. Reduksi tenaga ini bahkan bisa sampai 30 persen. 

#2: Ruangan Tidak Efisien

ruangan tidak efisien

Sumber: Cars.com

Umumnya RWD menganut layout mesin membujur atau longitudinal, sehingga ruang mesin cenderung lebih besar. Dimensi keseluruhan jadi lebih besar dan mengorbankan ruang penumpang.

Lantai kabin juga tidak bisa terlalu lega karena harus memuat jalur untuk transmisi dan as kopel. Kaki penumpang akan terasa sempit dan agak ribet.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Biaya Tidak Efisien

biaya tidak efisien

Sumber: Integrity-Indonesia.com

Proses penyaluran tenaga dari mesin ke roda belakang yang panjang, membuat konsumsi BBM pada RWD cenderung tidak efisien. Selisihnya dibanding sistem FWD bisa sampai 10 persen.

Dari segi biaya komponen, penggerak roda belakang juga lebih mahal sebab lebih banyak komponen yang digunakan dibanding FWD. Biaya perawatannya juga butuh lebih besar lagi. 

Baca juga: Adu Kuat, Ini Kelebihan dan Kekurangan FWD

Bagaimana cara cek kaki-kaki mobil bekas?

Kaki-kaki mobil memang merupakan bagian yang rawan akan kerusakan. Apalagi pada mobil yang usianya sudah cukup tua. Pemakaian selama sekian waktu akan membuat kaki-kaki sudah tidak berfungsi optimal.

Cara sederhana untuk memeriksa kaki-kaki adalah dengan membawa mobil berjalan di jalanan yang tidak mulus. Perhatikan apakah ada bunyi, getaran, atau kondisi yang kurang enak. Jika ada keluhan, pastikan juga pemeriksaan lebih lanjut ke bengkel spesialis kaki-kaki.

Untuk tahu kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

April 27, 2024
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

April 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut