Klik disini untukJual Mobil Anda

Adu Kuat, Ini Kelebihan dan Kekurangan FWD

Desember 18, 2022
By Getan Metodius
Adu Kuat, Ini Kelebihan dan Kekurangan FWD-otospector

Ketika membeli mobil, biasanya masyarakat kita tidak terlalu memperhatikan mana yang Front Wheel Drive atau sering disebut FWD dan mana yang Rear Wheel Drive atau RWD. Sistem penggerak FWD maupun RWD ini sebetulnya sama-sama membuat mobil bergerak, hanya saja terdapat beberapa perbedaan antara sistem penggerak roda belakang dan penggerak roda depan pada mobil.

Salah satunya seperti pada benang merah kalau mobil Rear Wheel Drive RWD atau mobil RWD memerlukan sokongan gardan, namun pada Front Wheel Drive FWD tidak menggunakan gardan sebagai pemicu mobil bergerak.

Apa sih yang membedakan antara kedua sistem penggerak mobil ini?

Sistem Mobil RWD.

Dulu, sistem kerja mobil inilah yang digunakan, karena RWD sudah digunakan sangat lama, dan digunakan lebih dulu daripada FWD. Pada mobil RWD itu memanfaatkan tenaga roda belakang dan mendorong roda depan untuk membuat mobil bergerak. Artinya, mobil dengan sistem penggerak ini, murni menjadikan roda depan mobil sebagai pengendali arah dari mobil itu sendiri. Pada sistem RWD juga memiliki drive shaft atau as kopel yang posisinya ada di sisi transmisi dan as dari roda belakang mobil untuk memberikan sokongan tenaga pada mobil untuk bisa berjalan.

Sistem Kerja Mobil FWD.

Memasuki masa lebih modern, para engineer dari pabrikan mobil sudah mulai melihat peluang dari mesin yang bisa langsung memberikan tenaga daripada harus disalurkan melalui gardan. Sistem mobil FWD ini banyak sekali digunakan pada mobil-mobil perkotaan Otofriends, tenaga dari mesin langsung dialirkan melalui roda depan. Sudah menjadi hal yang baik Otofriends, karena mesin, gearbox dan juga as roda sudah searah satu suara berada pada sisi depan mobil. Respons dari mesin langsung bisa dirasakan ke roda mesin dan langsung membuat mobil bergerak dengan efisien, karena komponen yang bergerak jadi lebih sedikit.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Kelebihan Mobil FWD:

#1: Respons Mesin Lebih Mantap

mobil fwd
Sensasi Mengemudi Lebih Mantap

Seperti kita ketahui ya Otofriends, kalau mesin mobil itu berada di depan mobil. Keunggulan utama dari mobil FWD ini adalah tidak perlu waktu dan usaha yang panjang untuk menggerakkan mobil. Karena tidak adanya perpanjangan tangan untuk menggerakkan mobil seperti gardan, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih efisien, karena tidak banyak tereduksi karena komponennya lebih simple.

Baca juga: Harga Mobil Bekas 3 Baris Yang Cocok Untuk Keluarga

#2: Mobil Lebih Kompak dan Tidak Berat.

body mobil lebih kompak
Body Mobil Lebih Kompak

Karena semua konstruksi dari mobil FWD ini jadi lebih efisien, bobot dari mesin sampai as roda bisa dihilangkan dan berdampak pada mobil yang lebih ringan dan compact.

Ditambah lagi, ruang kabin bisa lebih lega. Meskipun bodi dan ukurannya sama seperti mobil RWD, mobil FWD bisa terasa lebih luas dan tentunya nyaman Otofriends. Tidak menggunakan poros penyaluran tenaga ke sisi as roda belakang ini yang membuat kabin lebih rata dan nyaman serta senyap karena tidak banyak komponen di bawahnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Kekurangan Mobil FWD:

#1: Lebih Membebani Roda Depan

Tekanan angin berlebih
Beban ada pada ban depan

Kaki-kaki sisi depan mobil atau roda mobil bisa menjadi lebih sering bekerja ekstra. Beban area ini yang dimulai dari roda mobil, sisi kemudi sampai suspensi mobil lebih bekerja ekstra karena semuanya dikerjakan secara bersamaan, ditambah lagi menahan beban mobil saat mobil mengerem atau melambatkan lajunya.

#2: Perlu Jam Terbang Tinggi Pada Tanjakan

Rombongan Toyota Avanza
Lebih terasa berat di tanjakan

Sisi lain mobil FWD adalah mampu atau tidak melibas tanjakan, pertanyaan ini sangat sering kita dengar ya Otofriends. Karena bobot penggeraknya berpindah dari belakang ke depan membuat pengendara harus pintar-pintar mencari peluang agar ban depan tetap mendapatkan traksi terbaiknya dalam melibas tanjakan. Bagi yang jarang mengendarai FWD akan tentu terasa saat mengendarai FWD di jalanan menanjak yang bisa saja menghilangkan fokus mengemudi sesaat.

Baca juga: Catat, 4 Rekomendasi Mobil Sunroof 100 Jutaan

Banner iklan dana tunai

Kelebihan dan Kekurangan FWD perlu diketahui sebelum membeli mobil.

Sebelum membeli mobil, seperti ingin membeli mobil bekas, kita perlu tahu nih Otofriends mobil yang akan kita beli ini menggunakan tenaga dari mesin langsung ke roda atau tidak. Jika tenaga dari mesin langsung ke roda itu adalah FWD dan Anda tidak terbiasa dengan hal ini, ditambah lokasi tempat tinggal lebih banyak jalanan tidak rata, lebih baik membeli mobil bekas dengan sistem RWD saja.

Namun jika Otofriends adalah orang yang tinggal di perkotaan dan di dominasi jalanan rata tanpa hambatan, mobil FWD bisa menjadi pilihan alternatif. Dalam membeli mobil bekas juga perlu diperhatikan agar tidak terkecoh. Konsultasikan pada jasa inspeksi mobil bekas terbaik yaitu Otospector agar mendapatkan mobil bekas yang baik sebelum dipinang. Manfaatkan pihak independen agar tidak mendapatkan mobil yang kurang secara kualitas, mengingat dalam membeli mobil kita mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Itu One Way dan Contra Flow Lalu-lintas?

Desember 22, 2022
Ada waktu-waktu tertentu di mana lalu-lintas dalam kondisi sangat padat. Situasi jalan raya dipenuhi kendaraan, sehingga menjadi padat dan arusnya tersendat. Misalnya saat pagi hari ketika sebagian besar orang  berangkat beraktivitas, pada akhir pekan, atau saat musim mudik hari raya. Biasanya di saat situasi seperti itu, polisi lalu-lintas akan melakukan rekayasa lalu lintas, bisa berupa
Baca lebih lanjut

Perhatikan, Inilah 5 Ciri Mobil Bekas Banjir

Desember 17, 2022
Jika terjadi musibah banjir di suatu daerah, maka salah satu pihak yang bisa dirugikan adalah pemilik mobil. Sebab banjir bisa saja merendam mobil hingga membuat kerusakan. Kejadiannya bisa di rumah yang berada di daerah rawan banjir, parkiran, atau bahkan di jalanan saat sedang melintas hingga kemudian terjebak air banjir. Mobil bekas terendam banjir biasanya akan
Baca lebih lanjut

Apa Perbedaan Air Coolant Hijau Dan Merah? Ini 5 Faktanya!  

Desember 15, 2022
Jika Otofriends termasuk dalam golongan pemilik mobil yang hobi terjun langsung mengutak-atik mobil sendiri, pasti sudah tidak asing dengan air coolant atau cairan pendingin radiator. Sering kita akan melihat bahwa  coolant radiator tersebut di pasaran dibedakan antara yang coolant radiator berwarna hijau dengan merah. Nah, dari sini mungkin timbul rasa penasaran: apa beda kedua cairan
Baca lebih lanjut