Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
By Thomas W
Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama-otospector

Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem macet. Ada berbagai kondisi yang bisa menyebabkan rem mengunci. Asalkan Otofriends bisa mengantisipasinya, maka kejadian rem mobil terkunci ini sebenarnya tidak akan terjadi. 

Mari kita pelajari apa saja penyebab rem mobil terkunci dan cara mengantisipasinya:

#1: Terkunci Karena Korosi dan Kotoran

Rem Mobil Terkunci

Sumber: Pixabay

Rem mobil terkunci bisa karena korosi atau karat di piston rem dan kampas rem. Pemicunya adalah kelembapan udara yang tinggi.

Sedangkan kotoran dan debu dari jalanan yang menumpuk pada kampas rem dan tromol, bisa juga menyebabkan pergerakan rem jadi terhambat.

Dalam kasus semacam ini, Otofriends harus membersihkan kampas, tromol, dan kaliper. Tentu saja ban harus dilepas terlebih dahulu, lalu gunakan sikat kawat, ampelas, dan kain lap untuk membersihkan bagian-bagian itu. 

Baca juga: Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

#2: Terkunci Karena Cairan Rem Mengental

Rem Mobil Terkunci

Sumber: Otoklix

Secara teori, cairan rem dapat menyerap air dari udara hingga menyebabkan pengentalan dan tidak bisa berfungsi optimal.

Untuk mengatasinya, Otofriends harus memeriksa dan membersihkan reservoir rem serta master rem dari kotoran dan debu. Penting untuk memastikan reservoir rem tidak tersumbat.

Solusi paling akhir tentu saja mengganti cairan rem. Buang semua cairan lama dan ganti baru. Pilih cairan rem yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Terkunci Karena Air

Rem Mobil Terkunci

Sumber: istock

Rem mobil juga bisa terkunci gara-gara kena air. Terutama kalau mobil baru saja dicuci atau melewati genangan air, lalu langsung parkir. 

Air di dalam rem akan menimbulkan karat yang akhirnya akan mengunci rem. Karena itu, jika memang Otofriends mobil baru saja melewati genangan atau baru dicuci, sebaiknya tidak parkir dengan rem tangan. 

Rem yang kena air sebenarnya bisa dikeringkan dengan cara mobil dijalankan maju-mundur sambil menekan pedal rem. Atau mobil dibawa berkeliling sambil direm sedikit-sedikit.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Cara Mencegah Rem Mobil Terkunci

Rem Mobil Terkunci

Sumber: dr.oto.com

Rem mobil yang terkunci bisa dicegah dengan cara menghindari kotoran dan debu yang bikin karat. Parkirlah di tempat yang kering dan teduh, sebaiknya tidak lembab dan tidak langsung terkena sinar matahari. 

Rem juga harus digunakan secara berkala. Meski mobil tidak berjalan, nyalakan saja mesin dan injak pedal rem beberapa kali agar piston rem tetap bergerak.

Jika mobil akan disimpan lama, gunakan cover mobil untuk mencegah debu. Akan lebih baik lagi jika mobil diangkat pakai jack stand. Langkah ini akan membuat tekanan pada rem terlepas.  

Cairan rem juga harus diganti sesuai umur pakainya. Cairan rem yang sudah lewat masa pakai akan mudah mengental dan menyebabkan rem mobil terkunci.

Baca juga:  Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

Tips mengantisipasi kerusakan kaki-kaki mobil

Meski mungkin tidak ada keluhan, kaki-kaki mobil harus tetap dirawat sesuai jadwalnya. Jika ada komponen yang aus atau rusak, sebaiknya segera diganti. Pilih komponen sesuai spesifikasi dan kualitas yang direkomendasikan pabrikan. Hindari jalanan rusak dan cek selalu tekanan angin sesuai petunjuk dari bengkel.

Untuk tahu kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Menghilangkan Bau Apek di Mobil

April 23, 2024
Menghilangkan bau apek di mobil atau bau-bau lainnya, memang harus segera dilakukan pemilik mobil. Tentu Otofriends tidak mau berada di mobil yang di dalamnya tercium berbagai aroma tidak sedap. Apalagi kalau mobil jadi kendaraan sehari-hari dan banyak waktu yang dihabiskan di dalamnya. Sayangnya, tidak semua orang peduli atau telaten mengatasi bau apek di mobil. Selain
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting Otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

April 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut