Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

April 09, 2024
By Thomas W
Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil-otospector

Antara busi panjang dan pendek mobil tentu saja tidak bisa disamakan begitu. Karena keduanya memang punya spesifikasi yang berbeda, bukan cuma sekadar pilihan mana yang lebih baik atau lebih ekonomis.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Fungsi utama busi pada mobil adalah memicu pembakaran di dalam mesin. Dengan pembakaran maka busi memastikan mobil dapat menyala dan bekerja dengan baik. Cara kerja busi adalah dengan menghasilkan percikan api, membakar campuran udara dan bensin, menghasilkan tenaga, dan juga berperan dalam membuang panas.

Nah, kalau begitu apa bedanya busi panjang dan pendek mobil? Mari kita bahas secara sederhana:

#1: Letak Perbedaan Utama

Busi Panjang dan Pendek Mobil

Sumber: Chevytrucks

Beda busi panjang dan pendek mobil terletak pada panjang ulir elektrodanya. Elektroda pada busi memegang peranan penting dalam proses pembakaran.

Ada dua jenis elektroda pada busi yaitu elektroda pusat yang fungsinya mengeluarkan percikan api akibat loncatan arus listrik tegangan tinggi. Kemudian ada elektroda massa yang berfungsi sebagai penyambung arus listrik dari koil pengapian menuju elektroda pusat sehingga terbentuk percikan api.

Kerja sama antara dua elektroda ini menghasilkan percikan api yang menyulut campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin.

Baca juga: Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

#2: Perbedaan Spesifikasi Busi Pendek dan Panjang

Busi Panjang dan Pendek Mobil

Sumber: Thedrive.com

Busi pendek tentu saja punya ulir elektroda yang lebih pendek. Busi semacam ini cocok untuk mesin dengan ruang bakar dangkal. Busi lebih mudah dilepas dan dipasang. Biasanya harganya juga lebih murah.

Sementara itu busi panjang tentu saja ulir elektrodanya lebih panjang. Busi ini cocok untuk mesin dengan ruang bakar lebih dalam. Karena ukurannya panjang, maka ada jarak elektroda yang lebih optimal untuk pembakaran.

Busi panjang memang bisa meningkatkan performa mesin, tapi dengan catatan harus dengan penyetelannya yang tepat. Terakhir, harga umumnya lebih mahal.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Pemilihan Busi

Busi Panjang dan Pendek Mobil

Memilih busi tentu bukan berdasarkan selera saja. Namun harus juga memperhatikan spesifikasi mesin. Pastikan pilihan busi harus sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan pabrik.

Busi yang panjang sering dikatakan bisa meningkatkan performa mesin. Namun kondisi ini cuma bisa tercipta dengan penyetelan yang pas.

Faktor harga juga harus diperhitungkan, mengingat harga busi yang panjang umumnya jauh lebih mahal dibanding yang pendek.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Efek Dari Pemasangan Busi Tidak Sesuai

Busi Panjang dan Pendek Mobil

Sumber: Arnold Clark

Jika busi terlalu pendek maka akibatnya pembakaran tidak akan optimal, performa mesin juga akan menurun dan bisa terjadi kerusakan pada mesin.

Akan tetapi bukan berarti pakai busi panjang tidak ada risikonya. Pada busi yang panjang, elektroda bisa berisiko menabrak piston atau klep. Akibatnya juga bisa terjadi kerusakan serius.

Karena itulah disarankan agar Otofriends selalu memeriksa buku panduan pemilik mobil untuk mengetahui spesifikasi busi yang tepat. Atau tanyakan saja kepada mekanik jika memang ingin mengganti busi dengan merek yang lain.

Baca juga: Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Apakah kondisi sebuah mobil bisa dilihat berdasarkan bunyi mesin saja?

Bunyi mesin mobil memang bisa jadi salah satu indikator apakah mesin itu bekerja dengan baik atau tidak. Namun jangan terpaku hanya pada bunyi. Masih ada puluhan komponen lain yang harus dipastikan baik kondisinya sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Jika Otofriends merasa tidak pede untuk memeriksa kondisi mesin sendiri, serahkan saja kepada jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang detail di lebih dari 150 titik, tentu Otofriends akan mendapat gambaran yang tepat tentang kondisi mobil yang akan dibeli.

Inspeksi mobil yang benar akan membantu Otofriends dalam menentukan pilihan yang tepat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca Lebih Lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

Januari 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut