Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
By Thomas W
Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024-otospector

Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal seluk beluk komponen pendukung sistem pembakaran ini.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus kita pahami dari cara kerja karburator:

#1: Pengertian Karburator Dan Kegunaannya

Fungsi Karburator Mobil

Sistem karburator di mobil berguna untuk memastikan proses pembakaran dapat berjalan baik. Proses pembakaran berlangsung saat bensin dialirkan dalam ruang bakar pada jumlah yang pas.

Karburator bekerja sejak mesin mulai dihidupkan. Udara akan diambil untuk disatukan dengan bahan bakar minyak. Setelah terjadi pembakaran, campuran udara dengan bahan bakar tersebut menjadi gas atau kabut bensin.

Dalam proses pembakaran, karburator berfungsi untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk dalam silinder mesin. Bahan bakar dan udara bercampur di dalam air bleeder untuk menghasilkan pengabutan yang sempurna.

Baca juga: 6 Komponen Yang Digarap Saat Tune Up Mobil

#2: Jenis-jenis Karburator

Fungsi Karburator Mobil

Berdasarkan tipenya yaitu venturi, karburator terbagi menjadi 3 jenis:

  • Karburator Fixed Venturi

Karburator dengan diameter venturi yang telah ditetapkan. Bentuk dan susunannya relatif sederhana.

  • Karburator Variable Venturi

Karburator yang sistem kerja bagian permukaannya dikontrol oleh udara masuk. Dalam kecepatan rendah maupun sedang, perubahan pembukaannya akan selalu sama.

  • Karburator Air Valve Venturi

Permukaan karburatornya mempunyai arus turun dua barel atau down draft double barrel.

#3: Komponen Karburator Mobil

Fungsi Karburator Mobil

Setidaknya ada 10 komponen yang membuat karburator dapat bekerja dengan baik:

  • Floater

Berfungsi memastikan jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar sudah pas, sehingga pembakaran sempurna.

  • Float Chamber

Tempat terjadinya proses pembakaran bensin dan udara dengan adanya percikan api dari busi.

  • Choke Valve

Sama seperti floater, namun berhubungan dengan udara. Atau fungsinya kira-kira sebagai pintu masuk udara.

  • Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Berfungsi mengatur ukuran saluran venturi serta jumlah bensin yang masuk ke silinder. Penting untuk mempertahankan kecepatan mesin mobil

  • Throttle Valve

Berfungsi mengatur jumlah udara yang akan masuk ke ruang bakar.

  • Main Jet

Komponen yang menghalangi bensin agar tidak keluar dan bercampur dengan udara. Dia akan terbuka jika pengemudi menginjak pedal gas.

  • Slow Jet

Saluran bensin yang terhubung antara ruang pelampung ke intake manifold. Fungsinya untuk mengalirkan bensin ketika mobil dalam posisi idle. Bensin juga akan dialirkan ke dalam idle jet yang letaknya setelah katup gas

  • Jet Needle

Berbentuk mirip jarum pelampung yang berfungsi mengatur jumlah bensin yang keluar dari main jet.

  • Venturi

Fungsinya mengatur kecepatan aliran udara masuk. Venturi akan meninggikan aliran udara agar laju mobil juga makin cepat.

  • Main Nozzle

Fungsinya menyalurkan bensin ke ruang bakar. Jadi bensin dapat bercampur dengan udara dan proses pembakaran berlangsung sempurna.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Fungsi Karburator Pada Mobil

Fungsi Karburator Mobil

Karena fungsinya yang krusial, tanpa karburator tak akan ada proses pembakaran.

Komponen ini juga dapat menyalakan mesin mobil karena proses pembakaran, mengatur campuran rasio udara dan bensin yang akan masuk ke dalam ruang bakar, dan menambah jumlah udara dan bensin saat mobil berjalan atau diam.

Karburator juga dapat mengatur jumlah udara dan bensin yang masuk sesuai dengan kecepatan serta perubahan beban yang terjadi, serta dapat mengatur kecepatan mesin, baik itu lebih cepat atau lebih pelan.

#5: Cara Kerjanya Karburator

Fungsi Karburator Mobil

Karburator bekerja dengan mencampurkan udara dan bahan bakar yang nantinya akan masuk ke dalam ruang bakar. Percampuran menjadi awal proses pembakaran dan dapat membuat mesin menyala dan berjalan.

Saat pencampuran, udara akan disaring pada filter udara dan bahan bakar disaring pada filter bahan bakar. Karena itu proses ini butuh percampuran dalam kondisi bersih.

Proses inilah yang membuat karburator harus dijamin tetap bersih. Debu, kotoran, dan residu bahan bakar bisa menyumbat sistem karburator dan mengurangi aliran bahan bakar yang tepat ke ruang mesin. Akibatnya mesin bisa tersendat, tidak bertenaga, atau tidak stabil saat digunakan.

Baca juga: 7 Penyebab Bau Bensin Masuk Mobil

beli mobil bekas di tokopedia

Ada niat beli mobil bekas, tapi bagaimana cara kita mengetahui konsumsi BBM-nya?

Banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM sebuah mobil. Paling dominan adalah teknik berkendara dan kondisi mesin. Jika mesin tergolong kurang dirawat, maka akan ada bagian-bagian mesin seperti busi, celah katup, throttle body, injektor, ataupun komponen lain terabaikan. Pada kondisi seperti ini, konsumsi BBM akan jadi lebih boros.

Untuk memastikan kinerja mesin sebuah mobil bekas, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang detail dengan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Februari 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca lebih lanjut

5 Mobil Mewah Keluarga Harga Murah Per 2024

Februari 05, 2024
Bagi orang-orang dengan kebutuhan transportasi tinggi serta mengutamakan kenyaman, salah satu kata kunci favorit dalam mencari mobil adalah mobil mewah keluarga. Namun sayangnya di benak sebagian orang, kata mewah identik dengan harga yang mahal. Kenyataannya tidak selalu begitu. Ada beberapa merek mobil keluarga mewah, namun kini harga sudah jauh terdepresiasi. Soal kondisi unitnya, tentu Otofriends
Baca lebih lanjut

Kenapa Asap Mobil Menjadi Hitam?

Februari 05, 2024
Pernah ada yang berpikir gak sih kenapa asap mobil itu bisa hitam? Pada dasarnya jika asap knalpot mobil itu hitam bisa membuat kita dan pengendara lainnya tidak nyaman. Karena asap knalpot yang hitam itu dapat mengganggu pengendara lain nya dan juga bisa menyebabkan polusi udara yang semakin tebal. Jika asap knalpot mobil kamu sudah hitam
Baca lebih lanjut