Klik disini untukJual Mobil Anda

7 Penyebab Bau Bensin Masuk Mobil

Desember 28, 2022
By Thomas W
7 Penyebab Bau Bensin Masuk Mobil-otospector

Pastinya tidak ada pemilik mobil yang mau kabin mobilnya beraroma tidak sedap. Apalagi kalau sampai mengganggu pengemudi atau penumpang di dalamnya. Contohnya, bau bensin yang menyengat masuk mobil!

Aroma bensin bisa saja masuk ke kabin karena berbagai penyebab. Masalahnya, tidak semua orang bisa tahan dengan aroma ini. Bisa membuat orang mual sampai pusing. Tentu akan sangat mengganggu, apalagi bagi pengemudi yang membawa mobil.

Untuk mengatasi bau bensin yang masuk ke kabin dan menetap di interior mobil, tentu Otofriends harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Terutama kalau ternyata ada problem atau kerusakan yang harus segera ditangani. Berikut ini beberapa penyebab mobil bau bensin dan cara mengatasinya:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Tutup Tangki Kurang Rapat

Tutup tangki mobil
Tutup tangki BBM mobil

Inilah penyebab pertama yang langsung bisa dicek. Kemungkinan pada saat pengisian bensin, petugas pom bensin lupa merapatkan tutup tangki bensin. Ada kemungkinan pula, tutup tangki bensin sudah rusak sehingga tidak bisa menutup rapat.

Tangki yang kurang rapat atau malah terbuka akan membuat bahan bakar cepat habis. Kotoran juga mudah masuk, meski tetap akan tersaring di filter bensin.

Pada mobil modern, tutup bensin yang kurang rapat bisa membuat lampu check engine menyala. Secara umum, tangki bensin juga semestinya diganti pada jarak sekitar 80.500 km.

Baca juga: 4 Dampak Pakai Bensin Tidak Sesuai RON

#2: Rusaknya Tutup Oli

Tutup oli mesin mobil
Tutup oli mobil

Bau bensin juga bisa disebabkan rusaknya paking tutup oli atau O-ring. Tentu hal ini tidak bisa diabaikan, karena bisa merugikan.

Cara mengeceknya, buka kap mesin dan periksa area tutup oli. Jika terlihat kotor, maka kemungkinan O-ring harus diganti lantaran sudah aus.

Bau bensin sebenarnya berasal dari asap knalpot mobil yang jadi beraroma bensin. Asap kemudian masuk ke kabin melalui sistem HVAC. Cara mencegahnya, pastikan tutup oli tidak ada keretakan.

#3: Tangki Bocor

Tangki bensin mobil
Tangki BBM mobil

Kebocoran tangki juga sering menjadi penyebab. Kasus ini bisa terlihat dari adanya tetesan atau bensin tumpah di bawah mobil. Aromanya juga tercium cukup menyengat.

Pada umumnya penyebab kebocoran adalah karat pada tangki yang disebabkan faktor kualitas bahan bakar. Tangki yang sering kosong dan terjadi kondensasi juga  juga bisa jadi penyebab, akibat adanya kondensasi di dalam tangki.

Kebocoran juga bisa berasal dari selang bensin. Seiring usia dan pemakaian, selang ini bisa retak atau rusak. Terutama selang yang terbuat dari karet.  

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Karburator Bermasalah

Karburator mobil
Karburator mobil

Pada mobil-mobil keluaran lama, faktor karburator yang bocor juga bisa menimbulkan bau bensin, terutama saat mesin dihidupkan. Karburator yang bermasalah ini juga akan menyebabkan tenaga mobil juga lemah.

Faktor yang menyebabkan kebocoran biasanya baut-baut di karburator. Beberapa baut mungkin setelannya berubah atau sudah aus.

Jika memang tidak terbiasa mengatasi masalah karburator, sebaiknya bawa ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik.  

#5: Busi Rusak Atau Longgar

Busi mobil
Busi mobil

Penyebab ini jarang terpikirkan. Yakni ketika busi longgar dan cincin penyegel mengeluarkan asap di ruang bakar. Asap kemudian yang diteruskan ke kompartemen mesin tepat di sebelah sistem ventilasi.

Asap yang berasal dari ruang bakar dan berbau bensin juga bisa berasal dari rusaknya seal karet pada injektor. Cara mengeceknya dengan menghidupan mesin hingga panas, kemudian cek aroma kabin mobil.

Jika penyebabnya memang seal dan menyebabkan bau, maka untuk menghilangkannya, sebaiknya fuel pump diservis. Akan lebih baik jika diganti yang baru.

#6: Sistem EVAP

Sistem EVAP
Sistem Evaporatif penangkap uap bensin

Mobil-mobil terbaru pada umumnya sudah dilengkapi sistem kontrol emisi evaporatif (sistem EVAP). Inilah sistem yang menangkap uap bensin di dalam tabung. Saat katup pembersih tabung terbuka, asap akan dikirim ke bagian mesin.

Sistem ini kelemahannya bisa menyebabkan mobil bau bahan bakar. Penyebabnya bisa dari keretakan tabung arang sampai korsleting pada katup sirkuit. Pemilik mobil bisa mengetahui problem ini pada lampu check engine yang menyala.

#7: Zat  Aditif Yang Tidak Sesuai

Zat aditif mobil
Zat aditif bahan bakar

Pemakaian zat aditif biasanya dilakukan dengan alasan akan lebih hemat, lebih ramah lingkungan, dll. Masalahnya, penambahan zat aditif yang kurang tepat dapat menyebabkan pembakaran mesin kurang optimal. Ini kemudian akan menyebabkan asap knalpot bau bensin.

Kondisi air fuel ratio yang lebih banyak dari udara juga bisa menyebabkan asap knapot bau bensin. Biasanya kondisi ini dipicu nozzle injektor terbuka terlalu lebar atau bisa juga karena salah pengaturan pada pembakaran di ECU.

Baca juga: Ini Dia 5 Indikasi Mobil Boros Bensin

Banner iklan dana tunai

Bagaimana cara mengetahui konsumsi BBM sebuah mobil bekas; boros atau tidak?

Konsumsi BBM sebuah mobil dipengaruhi banyak faktor. Dua faktor yang paling dominan adalah teknik berkendara dan kondisi mesin. Jika mesin tergolong kurang dirawat, maka akan ada bagian-bagian mesin seperti busi, celah katup, throttle body, injektor, ataupun komponen lain terabaikan. Konsumsi BBM akan jadi lebih boros.

Untuk memastikan kinerja mesin sebuah mobil bekas, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang detail dengan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Merek Mobil Di GIIAS 2022 BSD Yang Jadi Perhatian

Agustus 24, 2022
Pameran mobil akbar ini berlangsung 11-21 Agustus. Dari berbagai merek mobil di GIIAS 2022 BSD, setidaknya terdapat 5 mobil yang berhasil menarik perhatian para pengunjung. Mobil-mobil ini menjadi sorotan bukan hanya lantaran karena sosoknya yang baru hadir saja di Tanah Air, tapi ada juga yang karena adanya pembaruan teknologi dan desain. Pameran Gaikindo Indonesia International
Baca lebih lanjut

Rekomendasi Mobil Listrik Baru Di GIIAS 2022

Agustus 21, 2022
Meski harga mobil listrik saat ini masih terhitung mahal bagi sebagian konsumen di Indonesia, namun topik soal rekomendasi mobil listrik baru di GIIAS 2022 sangat menarik untuk disimak. Pasalnya, kini sudah muncul pilihan-pilihan mobil listrik yang harganya relatif ekonomis. Pilihannya juga sudah mulai beragam. Jika dibandingkan mobil bermesin konvensional, tentu mobil listrik yang kini ditawarkan
Baca lebih lanjut

Harga Mobil Daihatsu Ayla Bekas Terbaru Per Agustus 2022

Agustus 16, 2022
Tak sedikit konsumen yang berusaha mencari tahu tentang harga mobil Daihatsu Ayla bekas terbaru. Baik  lewat informasi di internet maupun dealer-dealer mobil bekas. Pasalnya, meski city car ini sudah diluncurkan sejak 10 tahun silam, namun karena selalu ada penyegaran, maka konsumen selalu memiliki beragam pilihan. Dibandingkan saudara kembarnya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla punya satu keunggulan
Baca lebih lanjut