Download Aplikasi OTOS
Install

Rekomendasi Mobil Bekas Semarang Harga 60 Juta ke Bawah, Layak Dicoba!

Juli 07, 2025
By Thomas W
Rekomendasi Mobil Bekas Semarang Harga 60 Juta ke Bawah, Layak Dicoba!-otospector

Kalau menyimak daftar mobil bekas Semarang harga 60 juta ke bawah, kita akan selalu punya banyak pilihan.

Dengan budget di angka maksimal 60 jutaan, umumnya kita memang akan mendapat mobil dengan usia pakai yang tidak muda lagi. Alias, sudah diatas 15 tahun, bahkan 20 tahun.

Tetapi Otofriends tak perlu berkecil hati. Karena kita tetap bisa mendapatkan mobil berkualitas, dengan cara melakukan inspeksi mobil terlebih dahulu.

Dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas seperti Otospector, kita akan bisa memilih mobil-mobil berkualitas dengan harga terbaik. Tentunya, kita juga akan lebih puas saat memakainya nanti.

Apa saja rekomendasi mobil bekas Semarang harga 60 juta ke bawah? Yuk, kita lihat satu per satu:

#1: Daihatsu Xenia 2004 – 2005

Daihatsu Xenia 2004-2005

Sumber: Olx

Daihatsu Xenia bersama saudara kembarnya, Toyota Avanza, sudah tidak perlu ditanyakan lagi ketangguhannya. Di hampir semua pelosok Indonesia, meski dengan prasarana minim, mobil ini jadi alat transportasi andalan.

Kabar baiknya, dengan anggaran Rp60 jutaan, Otofriends di Semarang sudah bisa mendapatkan Xenia keluaran tahun-tahun awal, yaitu 2004-2005.

Ada dua pilihan mesin yaitu 1.000 cc dengan tenaga 62 dk dan 1.300 cc bertenaga 92 dk.

Agar kita leluasa memilih sesuai anggaran, coba cari mesin 1.000 cc di mana ada tiga tipe yang ditawarkan yaitu Li Deluxe, Li Plus, dan Mi. Transmisi semua manual.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Toyota Starlet 1995 – 1997

Toyota Starlet 1995 - 1997

Sumber: Otomotifnet

Bagi mereka yang pernah hidup di masa tahun 90-an, pasti paham kalau Starlet merupakan mobil hatchback yang sangat populer di jalan raya perkotaan. Mobil ini jadi andalan keluarga muda modern.

Kini dengan dana sampai Rp60 jutaan, kita bisa memiliki Starlet generasi keempat yang bentuknya sudah membulat.

Starlet yang juga disebut starlet kapsul ini diproduksi antara tahun 1995-1997.

Desainnya sampai sekarang masih terasa stylish, tak ketinggalan zaman. Bahkan para pehobi retro otomotif 1990-an banyak yang merestorasinya.

Otofriends bisa memilih Starlet SE yang memakai mesin 2E berkubikasi 1.300 cc. Variannya ada SE, SE Limited, dan SE-G. Transmisi manual 5 percepatan. 

#3: Hyundai Trajet 2004 – 2005

Hyundai Trajet 2004-2005

Sumber: Olx

Bagi Otofriends yang mengidamkan mobil keluarga yang nyaman, lega, mewah, tetapi anggarannya berkisar Rp60 jutaan, maka bisa coba Hyundai Trajet.  

Dengan dimensi panjang (4.965 mm), lebar (1.840 mm), dan jarak sumbu rodanya (2.830 mm), Trajet jelas menawarkan kelegaan optimal. Bahkan lebih dari Toyota Innova.

Untuk membopong bodi bongsor itu, Trajet dibekali mesin tipe V6 2.600 cc dengan tenaga 170 HP dan torsi 245 Nm. Tentu saja konsumsi BBM-nya, tidak terlalu irit.

Dengan anggaran yang ada, Otofriends bisa mencari Trajet tahun 2004-2005. Pada generasi itu, Trajet sudah dirakit di dalam negeri

Baca juga: Mobil Yang Jarang Digunakan Olinya Harus Rutin Diganti?

#4: Suzuki Carry Futura 2005-2007

Suzuki Carry Futura 2005-2007

Sumber: Carmudi

Futura adalah nama beken untuk generasi keempat Suzuki Carry yang mulai dipakai sejak 1991. Mobil ini juga termasuk direkomendasikan untuk mobil bekas Semarang harga 60 juta ke bawah.

Futura awalnya dijual dengan dua versi kubikasi mesin yaitu 1.300 cc dan 1.600 cc.

Belakangan, versi 1.600 cc diturunkan jadi 1.500 cc, tetapi dibarengi dengan pemakaian sistem injeksi sehingga konsumsi BBM jadi irit.

Dengan anggaran sampai Rp60 juta di Semarang, Otofriends bisa memilih Futura tahun produksi 2005-2007. Pilihan terbaik yang 1.500 cc.

Awalnya Futura punya dua varian utama; GRV dan DRV. Tetapi memasauki era injeksi, khusus di mesin 1.500 cc ada tambahan dua varian; DX dan GX.

#5: Karimun Estilo 2007 – 2008

Karimun Estilo 2007-2008

Sumber: Mobilbekas.com

Karimun Estillo adalah mobil pilihan mereka yang memperhitungkan konsumsi BBM saat mobil dipakai harian.

Hasil pengetesan sebuah media otomotif, dalam kondisi stop and go di perkotaan saja bisa mencapai 13,7 km/liter. Kombinasi kota dan jalan tol, naik lagi sampai 19,2 km/liter.

Saat Estilo mengubah mesinnya dari 1.100 cc 4 silinder, jadi 1.000 cc 3 silinder, angkanya semakin membaik.

Dibanding Karimun kotak yang adalah seniornya, bodi Estilo lebih membulat. Dimensi juga lebih kecil dan lebih mengedepankan estetika.

Estilo unggul secara teknologi karena sudah memakai sistem injeksi. Fitur-fitur juga lebih modern seperti power windows, AC lebih dingin, sistem audio terbaru, dan pengereman ABS.

Dengan anggaran hingga Rp60 juta di Semarang, Otofriends bisa memilih Karimun Estilo tahun 2007-2008. Semua transmisi manual.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#6: Mitsubishi Kuda 2003

Mitsubishi 2003

Sumber: Mobilbekas.com

Melihat sosok Mitsubishi Kuda, umumnya orang akan langsung membandingkannya dengan Isuzu Panther atau Toyota Kijang kapsul diesel.

Kuda memang ada di segmen yang sama dengan dua MPV diesel legendaris itu. Bahkan disebut-sebut sebagai alternatifnya yang ekonomis.

Dengan anggaran hingga Rp60 juta, Otofriends bisa mengincar Kuda diesel produksi tahun 2003.

Pilihan varian Kuda diesel adalah Deluxe (standar), Diamond (menengah) dan Grandia (mewah).

Baca juga: Ada Banyak Pilihan Mobil Bekas Bandung di Bawah 100 juta. Cekidot!

#7: Kijang Super 1996-1997

Kijang Super 1996-1997

Sumber: Olx

Rekomendasi terakhir mobil bekas Semarang harga 60 juta adalah Kijang Super.

Secara garis besar, generasi Kijang Super sebenarnya terbagi menjadi dua tipe yaitu Kijang Super (1987-1991) diteruskan Grand Extra (1992-1997).

Dengan anggaran sampai dengan Rp60 jutaan, Otofriends bisa berburu Grand Extra 1996-1997. Ini generasi terakhir sebelum masuk era Kijang kapsul.

Keunggulan Grand Extra ada pada bodi karena dibentuk dengan mesin press dan las titik. Bodi bebas dempul sehingga bobot lebih ringan. Artinya, konsumsi BBM juga lebih efisien.

Meski masih pakai mesin 5K 1.500 cc, tetapi tenaga bisa mencapai 72 Ps dan torsi 120 Nm.

Fitur-fitur memang masih sederhana. Tetapi yang namanya Kijang, selalu punya keunggulan. Kabinnya luas, sasis kuat berkat ladder frame, dan mudah perawatannya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Banyak Pilihan Mobil Bekas Di Semarang Di Bawah 30 Juta

Juni 06, 2025
Mobil bekas di semarang di bawah 30 jutaan, kayak apa bentuknya? Jangan heran kalau ada yang bertanya begitu, mengingat mobil-mobil bekas dengan harga yang miring banget begitu, kondisi biasanya “seadanya”. Rata-rata dianggap banyak masalah, terutama di sektor mesin dan kelistrikan. Padahal kenyataan tidak selamanya begitu. Mobil-mobil yang usianya sudah di atas 20 tahunan, ada sebagian
Baca Lebih Lanjut

Jangan Salah, Ini Tanda V Belt Mobil Perlu Diganti

Juni 04, 2025
Selain pergantian berkala, ada beberapa tanda v belt mobil perlu diganti. Tanda-tanda itu umumnya terkait dengan kinerja dari v belt serta kondisi v belt yang sudah tidak layak atau aus. Dalam kondisi normal, v belt punya batas usia pakai. Idealnya, setiap jarak tempuh 20.000 km – 40.000 km sekali, harus diganti. Coba deh, dibaca buku
Baca Lebih Lanjut

5 Komponen Kaki-kaki Mobil Yang Sering Bermasalah

Juni 03, 2025
Setelah mobil dipakai terus selama sekian waktu, wajar jika kaki-kaki mobil bermasalah. Terutama jika mobil sering melewati jalan rusak atau sering tidak mengurangi kecepatan di jalan yang tidak rata. Keluhan pada kaki-kaki mobil sebaiknya jangan disepelekan. Sebab fungsi setiap komponen pada kaki-kaki sebenarnya saling berkaitan. Kerusakan pada satu komponen, besar kemungkinan akan merembet ke komponen
Baca Lebih Lanjut