Fungsi spoiler mobil ternyata masih banyak disalahpahami. Orang banyak mengira, spoiler cuma sekadar aksesoris untuk memberi kesan sporty pada mobil kesayangan. Padahal, alat ini dipasang untuk menambah performa mobil dengan maksimal.
Memang bener sih, pernah ada semacam tren, spoiler banyak disalahfungsikan jadi sekadar pemanis belaka. Bentuknya bisa bermacam-macam sesuka hati, dengan teknik pemasangan yang kacau beliau. Walhasil, spoiler tidak memberi banyak kontribursi untuk performa kendaraan.
Padahal aslinya, spoiler adalah komponen yang dipasang untuk memberi efek pada aerodinamika mobil. Dengan adanya spoiler, tidak akan muncul efek melayang saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi.
Bagaimana lebih jelasnya soal fungsi spoiler mobil ini? Yuk, kita kupas lebih dalam:
Sumber: Toyota Astra Motor
Sekilas, spoiler memang terkesan seperti sekadar pemanis belaka. Karena seringnya kita melihat spoiler akan mempermanis desain belakang pada mobil-mobil sedan.
Spoiler yang ada di belakang mobil (rear spoiler) memang biasa ditempatkan di atas bagasi.
Alat ini dirancang untuk meningkatkan stabilitas dengan mengarahkan aliran udara. Berkat adanya spoiler, pada kecepatan tinggi, mobil akan tetap seimbang. Terutama saat mobil menikung.
Dengan spoiler, gaya angkat (lift) mobil yang bisa menyebabkan roda belakang kehilangan traksi, juga bisa dikurangi.
Manfaat spoiler amat dirasakan pada mobil-mobil berbobot ringan, di mana kecepatan tinggi akan membuatnya limbung dan seolah melayang.
Dalam kondisi seperti itu, pengemudi harus punya kontrol kuat pada setir. Kalau tidak kuat, maka mobil akan benar-benar oleng dan membahayakan keselamatan.
Di sinilah fungsi spoiler yang mirip sayap untuk memberi gaya tekan lewat aliran udara di atap mobil.
Sumber: Feral Industries
Tak banyak orang paham, spoiler juga bisa ditempatkan di bagian depan (front spoiler).
Spoiler depan atau disebut juga air dam, letaknya di bawah bemper depan.
Berkat adanya spoiler depan, udara yang masuk ke bagian bawah mobil akan bisa dikurangi sehingga turbulensi dan hambatan udara juga menjadi minim.
Sumber: ASTRJ.com
Selain urusan peningkatan performa dan keamanan, spoiler ternyata juga berguna untuk menepis kotoran dan partikel debu dari belakang.
Fungsi ini akan optimal di mobil tanpa bagasi belakang (hatchback). Tipe mobil seperti ini akan sering mengalami turbulensi udara di bagian belakang yang berakibat pada banyaknya debu yang berputar.
Adanya spoiler akan mengurangi turbulensi dan kotoran yang menempel di kaca belakang. Debu dan air hujan juga tidak akan mudah menempel.
Jika kaca belakang relatif bersih dari kotoran, maka visibilitas pengemudi akan lebih baik.
Sumber: Indiamart
Mobil-mobil terbaru keluaran tahun terakhir, pada umumnya sudah dilengkapi dengan spoiler dari pabrikan.
Kalau kebetulan mobil Otofriends belum ada spoilernya, kita boleh kok, mengupayakannya sendiri alias beli kemudian pasang sendiri.
Pemasangannya tentu tidak bisa sembarangan, karena prinsipnya harus ada keseimbangan antara bagian depan dan sampingnya juga.
Kalau cuma dipasang spoiler belakang saja, mobil akan bisa bergerak tidak tentu arah dan terkadang bisa mengubah haluan mobil ketika melaju kencang.
Di pasaran, saat ini banyak juga tersedia spoiler untuk mobil-mobil tertentu sebagai produk aftermarket. Namun tentu efeknya bisa saja tidak sama dengan spoiler keluaran pabrikan.
Pada umumnya, mobil yang kondisinya masih orisinil dan tidak banyak ubahan, akan punya nilai lebih di mata calon pembeli. Apalagi kalau kondisinya masih terawat.
Karena itu jangan heran kalau para pehobi atau kolektor mobil, terutama mobil-mobil lawas, bahkan mencoba mengembalikan bentuk mobil ke bentuk orisinilnya.
Mobil yang dimodifikasi tentu saja tetap punya pasarnya sendiri, terutama bagi pembeli yang seleranya kebetulan sama. Karena itu disarankan, jika memang mobil akan dimodifikasi, maka sebaiknya spare part aslinya tetap disimpan.
Kalau Otofriends ingin mengetahui kondisi sebuah mobil bekas, paling baik adalah memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Dengan prosedur inspeksi mobil yang profesional dan independen, maka hasilnya juga dapat menggambarkan kondisi mobil secara keseluruhan.
Bagikan