Informasi tentang mobil bekas 40 jutaan masih sering dicari oleh para peminat yang sedang berburu mobil bekas. Selain anggaran 40 jutaan memang relatif terjangkau dan masuk akal, faktanya banyak pilihan mobil bekas pada tingkat harga segitu yang masih sangat layak, baik dari sisi penampilan maupun performa.
Dengan harga 40 jutaan, di pasaran banyak pilihan mobil yang bisa dipertimbangkan, baik itu dari jenis sedan, SUV, MPV, atau hatchback/city car. Karena itu sebaiknya sebelum berburu mobil bekas, Otofriends sebaiknya segera menentukan pilihan agar bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya soal mobil yang diincar.
Apa saja rekomendasi mobil bekas 40 jutaan yang layak dipertimbangkan? Yuk, kita lihat pembagian berdasarkan jenisnya.
Sumber: Mobil123.com
Sedan layak jadi pertimbangan utama, karena banyak pilihan jenis sedan yang ditawarkan dengan harga 40 jutaan. Meski orang bilang daya angkutnya terbatas, soal kenyamanannya tidak didapat di jenis mobil lain.
Dari brand Toyota saja, setidaknya ada Corolla Altis, Vios, dan Soluna. Tiga mobil ini cukup populer karena penjualannya masing-masing cukup tinggi di kelasnya, sehingga kita tidak usah bingung soal spare part dan perawatan.
Pilihan yang juga ekonomis dan performanya cukup andal ada Nissan Teana. Teana generasi awal ini punya mesin V6 berkapasitas 2.3 liter dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Hanya saja, tentu BBM agak boros.
Kalau mau yang lebih irit, ada Suzuki Baleno tahun 2000-an awal (facelift) yang mesinnya berkubikasi 1.5 liter. Atau Timor edisi tahun terakhir (1998) yang tentunya bisa jadi alternatif pilihan ekonomis.
Pilihan :
Sumber: Autofun.co.id
Di kelas mobil keluarga dan serbaguna ini, pilihannya tentu mobil-mobil legendaris dan pernah mendominasi dari sisi penjualan.
Pertama, ada dua pilihan dari Toyota, yaitu Toyota Kijang generasi keempat atau “kapsul” di bawah tahun 2000. Sedangkan pendampingnya adalah generasi penerusnya yaitu Toyota Avanza generasi awal atau 2004.
Pesaing abadi Kijang juga ikut tampil yakni Isuzu Panther di mana keluaran antara 1995-1997 harganya di pasaran sudah 40 jutaan, tergantung kondisinya.
Alternatifnya, mobil yang sama-sama bermesin diesel adalah Mitsubishi Kuda. Dengan tampilan yang lebih stylish, Kuda jadi pilihan terbaik jika Otofriends butuh mobil diesel ekonomis untuk perkotaan.
Pilihannya:
Sumber: Suzukimurah.com
Mobil-mobil tangguh juga bisa jadi pilihan yang keren dengan dana 40 jutaan. Apalagi mobil-mobil ini biasanya tetap terlihat up to date, meski usia sudah lebih dari 20 tahun.
Rekomendasi pertama adalah Daihatsu Feroza rilisan tahun 1997-an. Dengan mesin 1.6 liter 4×2, Feroza di Indonesia hanya tersedia dalam versi mesin bensin. Meski kubikasinya sedang, tenaganya cukup bisa diandalkan.
Jika ingin lebih stylish, pilihan bisa jatuh pada Suzuki Escudo generasi awal yaitu tahun 2003. Desain dan interiornya tidak ketinggalan zaman, dengan performa tidak mengecewakan. Kapasitasnya juga bisa 7 orang.
Rekomendasi terakhir, bisa mencoba Suzuki Katana GX yang saat ini sebenarnya sudah masuk kategori hobi. Dengan kubikasi 1.0 liter, GX adalah varian yang sudah lebih modern dengan power steering, velg alloy, dan kursi baris kedua hadap depan.
Pilihannya:
Sumber: Autofun
Mobil hatchback / City Car lazimnya digunakan di area perkotaan, sehingga kondisi bekasnya masih relatif baik. Dengan harga 40 jutaan, bisa didapat mobil-mobil yang tetap bergaya dan tidak ketinggalan zaman.
Dari pabrikan Toyota, ada Starlet yang merupakan hatchback terdepan di zamannya. Sesuai budget, pilihan terbaik adalah generasi 1996 ke atas yang sudah berkubikasi 1.5 liter serta sudah ada power window dan power steering.
Suzuki menawarkan pilihan Karimun GX 1.0 liter yang juga dikenal sangat tangguh dan gesit. Enak dan nyaman dikendarai karena sudah pakai electric power steering dan kabinnya terasa sangat luas.
Dari pabrikan Korea, Hyundai menyediakan Atoz yang dikenal sebagai pesaing Karimun. Mesinnya 1.1 liter namun konsumsi BBM-nya masih sangat kompetitif. Pilihan terbaik adalah keluaran tahun 2003 dengan transmisi manual.
Pilihannya:
Apakah mobil di atas 20 tahun masih layak dipakai keluar kota?
Mobil-mobil yang sudah berusia tua masih layak untuk dipakai perjalanan jauh bahkan sampai ke luar kota. Asalkan pemilik sudah mengenal betul karakter mobil, kelemahan dan kondisinya. Penyakit yang umumnya terjadi adalah temperatur mesin.
Kalau Otofriends ingin melakukan pengecekan transmisi mobil bekas, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.
Bagikan