Rekomendasi Mobil Bekas 40 Jutaan di Indonesia

Juni 20, 2024
By Thomas W
Rekomendasi Mobil Bekas 40 Jutaan di Indonesia-otospector

Informasi tentang mobil bekas 40 jutaan masih sering dicari oleh para peminat yang sedang berburu mobil bekas. Selain anggaran 40 jutaan memang relatif terjangkau dan masuk akal, faktanya banyak pilihan mobil bekas pada tingkat harga segitu yang masih sangat layak, baik dari sisi penampilan maupun performa.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dengan harga 40 jutaan, di pasaran banyak pilihan mobil yang bisa dipertimbangkan, baik itu dari jenis sedan, SUV, MPV, atau hatchback/city car. Karena itu sebaiknya sebelum berburu mobil bekas, Otofriends sebaiknya segera menentukan pilihan agar bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya soal mobil yang diincar. 

Apa saja rekomendasi mobil bekas 40 jutaan yang layak dipertimbangkan? Yuk, kita lihat pembagian berdasarkan jenisnya. 

#1: Sedan

Toyota Vios 2004

Sumber: Mobil123.com

Sedan layak jadi pertimbangan utama, karena banyak pilihan jenis sedan yang ditawarkan dengan harga 40 jutaan. Meski orang bilang daya angkutnya terbatas, soal kenyamanannya  tidak didapat di jenis mobil lain. 

Dari brand Toyota saja, setidaknya ada Corolla Altis, Vios, dan Soluna. Tiga mobil ini cukup populer karena penjualannya masing-masing cukup tinggi di kelasnya, sehingga kita tidak usah bingung soal spare part dan perawatan. 

Pilihan yang juga ekonomis dan performanya cukup andal ada Nissan Teana. Teana generasi awal ini punya mesin V6 berkapasitas 2.3 liter dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Hanya saja, tentu BBM agak boros.

Kalau mau yang lebih irit, ada Suzuki Baleno tahun 2000-an awal (facelift) yang mesinnya berkubikasi 1.5 liter. Atau Timor edisi tahun terakhir (1998) yang tentunya bisa jadi alternatif pilihan ekonomis. 

Pilihan :

  • Nissan Teana 2004 Rp45 juta
  • Toyota Soluna 2003 Rp40 juta 
  • Toyota Vios 2003 Rp45 juta 
  • Toyota Corolla Altis 2001 Rp40 juta 
  • Timor 1998 Rp40 juta 

Baca juga: Honda Brio Bekas 70 Juta

#2: MPV

Avanza 2004

Sumber: Autofun.co.id

Di kelas mobil keluarga dan serbaguna ini, pilihannya tentu mobil-mobil legendaris dan pernah mendominasi dari sisi penjualan. 

Pertama, ada dua pilihan dari Toyota, yaitu Toyota Kijang generasi keempat atau “kapsul” di bawah tahun 2000. Sedangkan pendampingnya adalah generasi penerusnya yaitu  Toyota Avanza generasi awal atau 2004.

Pesaing abadi Kijang juga ikut tampil yakni Isuzu Panther di mana keluaran antara 1995-1997 harganya di pasaran sudah 40 jutaan, tergantung kondisinya.

Alternatifnya, mobil yang sama-sama bermesin diesel adalah Mitsubishi Kuda. Dengan tampilan yang lebih stylish, Kuda jadi pilihan terbaik jika Otofriends butuh mobil diesel ekonomis untuk perkotaan. 

Pilihannya:

  • Mitsubishi Kuda Diamond 2.0 2002 Rp40 juta
  • Toyota Kijang LGX/LSX 1999 Rp40 juta
  • Toyota Avanza G/E 2004 Rp40 juta
  • Isuzu Panther Royal 1997 Rp40 juta 
beli mobil bekas di tokopedia

#3: SUV

Katana 2003

Sumber: Suzukimurah.com

Mobil-mobil tangguh juga bisa jadi pilihan yang keren dengan dana 40 jutaan. Apalagi mobil-mobil ini biasanya tetap terlihat up to date, meski usia sudah lebih dari 20 tahun.

Rekomendasi pertama adalah Daihatsu Feroza rilisan tahun 1997-an. Dengan mesin 1.6 liter 4×2, Feroza di Indonesia hanya tersedia dalam versi mesin bensin. Meski kubikasinya sedang, tenaganya cukup bisa diandalkan. 

Jika ingin lebih stylish, pilihan bisa jatuh pada Suzuki Escudo generasi awal yaitu tahun 2003. Desain dan interiornya tidak ketinggalan zaman, dengan performa tidak mengecewakan. Kapasitasnya juga bisa 7 orang. 

Rekomendasi terakhir, bisa mencoba Suzuki Katana GX yang saat ini sebenarnya sudah masuk kategori hobi. Dengan kubikasi 1.0 liter, GX adalah varian yang sudah lebih modern dengan power steering, velg alloy, dan kursi baris kedua hadap depan. 

Pilihannya: 

  • Suzuki Escudo 1.6 MT 2003 Rp45 juta 
  • Daihatsu Feroza 1.6 4×2 MT 1997 Rp45 juta
  • Suzuki Katana GX 1.0 MT 2003 Rp45 juta  
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Hatchback / City Car

Karimun 2005

Sumber: Autofun

Mobil hatchback / City Car lazimnya digunakan di area perkotaan, sehingga kondisi bekasnya masih relatif baik. Dengan harga 40 jutaan, bisa didapat mobil-mobil yang tetap bergaya dan tidak ketinggalan zaman.

Dari pabrikan Toyota, ada Starlet yang merupakan hatchback terdepan di zamannya. Sesuai budget, pilihan terbaik adalah generasi 1996 ke atas yang sudah berkubikasi 1.5 liter serta sudah ada power window dan power steering.  

Suzuki menawarkan pilihan Karimun GX 1.0 liter yang juga dikenal sangat tangguh dan gesit. Enak dan nyaman dikendarai karena sudah pakai electric power steering dan kabinnya terasa sangat luas.

Dari pabrikan Korea, Hyundai menyediakan Atoz yang dikenal sebagai pesaing Karimun. Mesinnya 1.1 liter namun konsumsi BBM-nya masih sangat kompetitif. Pilihan terbaik adalah keluaran tahun 2003 dengan transmisi manual. 

Pilihannya: 

  • Toyota Starlet 1.5 MT 1996 Rp45 juta 
  • Suzuki Karimun GX MT 2006 Rp45 juta
  • Hyundai Atoz 1.0 MT 2003 Rp40 juta

Baca juga: Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus

Apakah mobil di atas 20 tahun masih layak dipakai keluar kota?

Mobil-mobil yang sudah berusia tua masih layak untuk dipakai perjalanan jauh bahkan sampai ke luar kota. Asalkan pemilik sudah mengenal betul karakter mobil, kelemahan dan kondisinya. Penyakit yang umumnya terjadi adalah temperatur mesin.

Kalau Otofriends ingin melakukan pengecekan transmisi mobil bekas, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Dari Tebu! Simak Review Lengkap Bensin Pertamax Green 95

Juni 27, 2024
Apa sih Pertamax Green 95 itu? Pertamax Green 95 adalah bahan bakar minyak yang berbahan dari 5 persen Bioetanol (E5) dan campuran Pertamax. Bioetanol itu sendiri merupakan hasil dari tebu, dan merupakan sejenis alkohol atau etanol yang berasal dari tumbuhan.  Kini Pertamina menyediakan produknya dengan menggunakan bahan yang sangat berkualitas untuk masyarakat, dengan adanya inovasi
Baca Lebih Lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

Juni 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui jika AC mobil mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berada di dalam nya. Lalu mitos atau fakta jika menyalakan AC mobil tidak boleh langsung full?  AC mobil merupakan komponen yang sangat penting, karena dengan ada nya AC di dalam mobil mampu membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, khusus nya jika sudah
Baca Lebih Lanjut