Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
By Thomas W
Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?-otospector

Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil yang abai dengan perawatan,  jadwal ini rawan sekali terlupakan. Sehingga akibatnya power steering mengalami gangguan seperti setir terasa berat atau malah oli bocor. 

Biar Otofriends semakin paham tentang fungsi oli power steering, inilah penjelasan fungsi yang lebih rinci: 

#1: Memudahkan Berputarnya Setir

Fungsi oli power steering

Sumber: Gridoto.com

Fungsi oli power steering yang utama tentunya membantu pengemudi dalam menggerakkan setir. Sistem kerjanya yakni cairan akan mengirim tekanan dan bantuan mekanis ke roda, saat setir diputar. 

Ada beberapa komponen yang terlibat dalam proses ini yaitu pompa, rack and pinion, silinder dan tie rod. 

Cara kerjanya: saat setir diputar, pompa akan bekerja meningkatkan tekanan oli. Oli kemudian diarahkan ke salah satu sisi silinder di rack dan pinion. Oli itu juga akan menekan piston ke satu arah sehingga rack juga ikut terdorong ke sisi yang sama. Rack inilah yang berhubungan dengan tie rod yang pada akhirnya memutar roda.

Baca juga: Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

#2: Melumasi Komponen Power Steering

Fungsi oli power steering

Sumber: Iselinc.com

Fungsi oli power steering berikutnya adalah melumasi beberapa komponen bergerak dalam sistem kemudi. Komponen ini antara lain pompa power steering, rack and pinion, dan selang hidraulis.

Fungsinya sama seperti pelumasan pada umumnya, yaitu oli ini akan mengurangi gesekan. Berkurangnya gesekan akan membuat usia pakai lebih panjang dan menjaga sistem kemudi.

Kalau dibandingkan dengan oli mesin, oli power steering punya basis minyak mineral dan zat aditifnya akan lebih sedikit. Kekentalannya juga dipilih agar sesuai dengan spesifikasi sistem kemudi dan tidak terlalu terpengaruh perubahan temperatur. Warna oli juga tidak mudah berubah saat pemakaian.

beli mobil bekas di tokopedia

 #3: Pencegahan Karat Pada Komponen

Fungsi oli power steering

Sumber: Antonianticorrosion.com

Oli power steering punya fungsi mencegah karat karena ada aditif khusus di dalamnya. Fungsi ini penting, terutama jika mobil dioperasikan di area yang sering terkena air atau di kelembaban tinggi.

Setiap produsen oli punya formula zat pencegah karat sendiri. Komposisinya juga merupakan rahasia. 

Namun biasanya produsen akan memberi zat antioksidan yang memperlambat oksidasi, inhibitor korosi yang membentuk lapisan pelindung, deactivator logam yang menonaktifkan ion logam tertentu, serta buffer yang menjaga kestabilan pH oli. 

#4: Menstabilkan Temperatur 

Fungsi oli power steering

Sumber: Creative Fabrica

Pergerakan komponen dan gesekan akan menghasilkan panas. Oli kemudian berperan menyerap panas dan membawanya ke reservoir. Jadinya panas berlebih bisa dicegah. 

Jika power steering terlalu panas, maka performa power steering akan turun, setir terasa berat, bahkan power steering bisa berhenti sama sekali.

Panas ini juga bisa merusak karet penyegel (seal) dan melelehkan selang. Akibatnya bisa timbul kebocoran. Pompa juga akan bekerja keras menghasilkan tekanan sehingga macet dan terbakar.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

 #5: Mencegah Pembentukan Busa

Fungsi oli power steering

Sumber: Pixabay

Di dalam power steering dapat terbentuk busa yang akibatnya dapat mengganggu aliran oli dan mengurangi kemampuannya dalam melumasi dan mentransfer tekanan.

Busa bisa terbentuk antara lain karena jenis oli yang tidak cocok, masuknya udara, adanya kontaminasi air, atau oli yang sudah kedaluwarsa. 

Akibat adanya busa maka performa setir akan menurun, lambat merespons, bahkan terjadi kerusakan komponen.

Baca juga: Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

Power steering mobil bekas apakah selalu bermasalah?

Kondisi komponen mobil bekas memang sangat tergantung dari perawatan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Jika pemilik lalai dan tidak memperhatikan, maka fungsi suatu komponen juga tidak optimal. Tak terkecuali power steering.

Jika Otofriends akan memastikan performa komponen mobil bekas, jangan ragu untuk memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi mobil yang detail dan profesional, maka kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan bisa diketahui. Keputusan terbaik juga bisa diambil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Mlongo Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Januari 29, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut