Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
By Thomas W
Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat  Panas-otospector

Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan celaka. Bisa kita malah luka-luka atau masuk rumah sakit! Ngeri kan?

Nah, biar Otofriends bisa lebih berhati-hati, yuk kita bahas tentang bahayanya membuka tutup radiator saat mobil masih panas berikut ini:

#1: Beberapa Kondisi yang Mengharuskan Membuka Tutup Radiator 

Membuka Tutup Radiator Mobil

Sumber: rac.co.uk

Pertama adalah ketika indikator temperatur menunjukkan suhu mesin yang tinggi. Di situlah mesin mobil terasa panas dan tidak nyaman saat dikendarai. Selain itu muncul pula suara mendesis dari mesin, bahkan uap air sampai keluar dari kap mesin.

Tutup radiator dibuka saat Otofriends akan mengisi cairan radiator, yakni saat melakukan servis rutin, mengganti radiator, atau saat level cairan berkurang akibat adanya kebocoran.

Tutup radiator juga akan dibuka saat kita akan membuang udara dari sistem pendingin. Kondisi ini bisa terjadi ketika cairan radiator baru diisi dan terkadang ada udara yang terperangkap di dalamnya. Selain itu bisa juga terjadi jika mobil baru saja overheat.

Kita juga akan membuka tutup ini saat ingin membersihkan radiator. Kerak atau kotoran yang menumpuk akan mengganggu kemampuannya mendinginkan mesin.

Baca juga: Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Solusinya!

#2: Cara Membuka Tutup Radiator yang Aman 

Membuka Tutup Radiator Mobil

Sumber: Youtube Dr. Valeriy

Jika ingin membuka tutup radiator, pastikan mesin dingin. Tunggulah minimal 30 menit setelah mesin dimatikan. Sentuh sedikit permukaan radiator untuk memastikan suhunya sudah turun. 

Ambil kain lap yang cukup tebal dan persiapkan untuk membuka tutup radiator. Kain ini akan melindungi tangan dari panas dan cipratan cairan radiator.

Setelah itu silakan membuka tutup radiator secara perlahan. Perhitungkan bahwa semburan cairan radiator yang panas tidak menyembur mengenai tubuh. 

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Bahaya Membuka Tutup Radiator Panas Bagi Kesehatan 

Membuka Tutup Radiator Mobil

Sumber: Multidex.vn

Jika tidak berhati-hati, cairan radiator yang muncrat dapat mengakibatkan luka bakar serius pada kulit dan mata. 

Suhu cairan pendingin radiator memang sangat tinggi di saat mesin masih menyala. Tekanan dari dalam radiator akan membuat cairan radiator akan menyembur kuat begitu tutup dibuka. 

Risiko lain yang bisa terjadi adalah terhirupnya uap beracun. Cairan radiator yang berupa coolant diketahui mengandung etilen glikol, zat yang jika sampai terhirup akan sangat beracun bagi tubuh.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4:  Bahaya Membuka Tutup Radiator Panas Bagi Mesin 

Membuka Tutup Radiator Mobil

Sumber: Kompas.com

Bukan cuma kesehatan, bahaya membuka tutup radiator panas juga bisa terjadi pada mesin.

Kerusakan bisa terjadi pada komponen mesin. Karena tutup radiator dibuka, tekanan tinggi di dalam radiator akan berkurang drastis. Akibatnya, komponen-komponen seperti seals, gasket, dan pompa air, akan rusak.

Gangguan juga bisa terjadi pada sistem pendinginan. Mekanismenya, udara akan masuk saat tutup radiator dibuka. Udara ternyata bisa mengalangi aliran cairan radiator dan mengganggu fungsi sistem pendinginan. Akibatnya mesin malah overheat. 

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Mesin Overheat

Cara cek kinerja sistem pendinginan mobil bekas

Mobil-mobil bekas yang sudah berusia tua apalagi yang minim perawatan harus lebih diwaspadai fungsi sistem pendinginannya. Kalau sampai masalah ini tidak diperhatikan, suatu waktu bakal bisa timbul kerusakan mendadak bahkan turun mesin.

Jika Otofriends membutuhkan inspeksi mobil-mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspeksi mobil yang dilakukan secara cermat oleh tenaga profesional akan memberi Otofriends gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas. Hasil inspeksi dijamin akurat dan terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Ngiler Inilah 5 Mobil Tercepat di Dunia 2024

Februari 14, 2024
Bagi penggemar mobil dengan performa terbaik dan kecepatan tertinggi, prestasi berupa kecepatan maksimal atau top speed, selalu jadi bahan pembicaraan yang seru. Pasalnya, banyak produsen mobil dunia yang berlomba-lomba untuk mencatatkan produknya sebagai yang tercepat. Tentu saja mobil dengan kecepatan di atas rata-rata ini tidak selalu dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan justru adalah untuk performa
Baca Lebih Lanjut

10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Update 2024

Februari 13, 2024
Ketika Otofriends memikirkan tentang beli mobil, salah satu pertimbangan yang seringkali menjadi prioritas adalah membeli mobil bekas murah yang tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi. Mobil bekas murah seringkali menjadi alternatif yang bijak untuk mendapatkan kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, terlebih lagi pada tahun 2023 di mana perekonomian masih belum menentu. Berikut adalah
Baca Lebih Lanjut

Koleksi Mobil Anies Baswedan

Februari 13, 2024
Dari tiga calon presiden yang akan berlaga dalam Pemilu 2024 salah satu nama adalah Anies Baswedan. Di tengah masyarakat, tokoh ini dikenal sebagai calon presiden yang berlatar belakang akademisi. Kariernya banyak dihabiskan dalam dunia pendidikan, baik dalam gerakan sosial masyarakat, akademisi, sampai menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan. Menjelang Pemilu 2024, setiap calon presiden memang akan
Baca Lebih Lanjut