Selain Panas, Ini Penyebab Lain Kopling Mobil Bisa Bau

Juli 30, 2024
By Getan Metodius
Selain Panas, Ini Penyebab Lain Kopling Mobil Bisa Bau-otospector

Kopling merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam mobil khususnya mobil bertransmisi manual.

Seperti yang kita ketahui bersama, untuk berpindah transmisi satu ke transmisi selanjutnya pengemudi mobil jenis ini harus terus menginjak kopling.

Banyak terjadi kasus muncul bau tidak sedap dari kopling mobil. Agar terhindar dari kasus tersebut, kenali penyebab-penyebabnya.

Berikut ini penyebab kopling mobil menimbulkan bau.

#1: Gantung Kopling.

menggantung kopling mobil

Sumber: Kompas

    Udah tahu belum kalau menginjak kopling itu ada trik dan tipsnya ? 

    Menginjak kopling mobil bertransmisi manual ada trik khusus yang harus diperhatikan. Berdasarkan studi kasus di lapangan khususnya dijalan yang menanjak banyak terjadi kasus kopling mengeluarkan bau.

    Bau tersebut muncul karena pengemudi terlalu lama menginjak pedal kopling mobil dan rem secara bersamaan atau banyak orang yang menyebutnya dengan istilah gantung kopling.

    Banyak orang berpendapat jika tindakan tersebut merupakan tindakan yang tepat untuk mengantisipasi mobil melorot ketika terjadi kemacetan di jalan yang menanjak.

    Akan tetapi tindakan tersebut memunculkan masalah baru yaitu kopling mobil menjadi terbakar atau Aus Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan dalam kecepatan yang sangat tinggi antara kampas kopling mobil dengan flywheel dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga menimbulkan bau yang cukup menyengat. Oleh karena itu mesin mobil berisiko tinggi mati mendadak.

    Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
    Beli Mobil Bekas di OTOS

    Baca juga: Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

    Berikut tips dan trik agar kopling tidak memunculkan bau tidak sedap di jalan menanjak

    • Jangan menggunakan kopling dan rem secara bersamaan. Menginjak pedal kopling mobil dan rem secara bersamaan membuat kampas kopling cepat habis sehingga timbullah bau titik Ketika anda mengalami kemacetan di jalan yang menanjak manfaatkanlah rem tangan atau biasa disebut dengan rem parkir.penggunaan rem ini tidak menimbulkan dampak apapun terhadap komponen kopling mobil.
    • Ketika mobil berjalan perlahan gunakanlah gigi yang paling rendah atau gigi 1
    • Disarankan untuk tidak menahan gas

    #2: Beban Melebihi Kapasitas.

    overload bagasi mobil

    Sumber: Cintamobil

    Setiap jenis kendaraan memiliki kapasitas maksimal beban yang dibawa. Batas maksimal tersebut ada bukan tanpa tujuan ada maksud tertentu dibalik batas maksimal tersebut yaitu untuk menjaga performa mobil tetap dalam kondisi stabil dan prima.

    Banyak orang yang menganggap sepele hal ini melihat mobil masih terdapat ruang kosong merasa harus memanfaatkan dengan mengisi lebih banyak barang bawaan lagi agar tidak rugi, akan tetapi tindakan tersebut malah dapat menimbulkan hal yang sangat fatal dan membawa dampak buruk terhadap pengendara mobil.

    Garansi Mobil Bekas Otospector
    Garansi Mobil Bekas Otospector

    Pasalnya mobil yang memiliki beban muatan melebihi batas dapat menimbulkan kinerja rem semakin berat ketika rem dalam kondisi tersebut dapat mengakibatkan kasus rem blong yang banyak memakan korban jiwa.

    Selain kampas kopling, kampas rem juga dapat menimbulkan bau. Penggunaan rem dalam durasi yang cukup lama membuat minyak rem mendidih sehingga terjadi overheat pada kampas rem. Hal tersebut dapat ditandai dengan timbulnya bau terbakar dari komponen mobil.

    Agar terhindar dari kasus-kasus tersebut alangkah baiknya sebelum mengendarai mobil pahami terlebih dahulu tips dan trik dalam mengemudi mobil yang tepat.

    Jangan asal mengemudi mobil tanpa tahu tips dan trik yang harus dilakukan di lapangan ketika terjadi hal di luar dugaan karena ketika pengemudi mobil mengambil tindakan yang tidak sesuai akan menimbulkan kerugian untuk pengemudi mobil tersebut.

    Pastikan untuk merawat komponen-komponen mobil, cek secara berkala dan juga gunakan komponen mobil yang sesuai dengan standart.

    Baca juga: Selain Hindari Banjir, Ini Tips Lainnya Dalam Merawat Kampas Kopling Mobil

    Beli mobil bekas terbaik dengan transmisi dan juga mesin yang digaransi.

    Membeli mobil bekas tidak mudah, pasalnya kita perlu memahami bahwa semurah apapun mobil itu, akan menjadi beban kalau terlalu banyak perbaikannya nanti.

    Kamu butuh layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang pastinya akan membantu kamu memilih dengan objektif. Apalagi jika inspeksi mobil ini lulus inspeksi, maka mobil tersebut bisa mendapatkan layanan garansi sampai 1 tahun dari Otospector.

    Bagikan

    Baca Artikel Lainnya

    Baca Artikel Lainnya

    Kapan Waktunya Mengganti Tutup Radiator Mobil?

    Juli 14, 2024
    Hayo siapa nih yang masih bingung kapan harus mengganti tutup radiator mobil kamu? Mengganti tutup radiator pada mobil kamu mempunyai fungsi yang krusial, karena tutup radiator berguna untuk selalu menjaga kevakuman dan menjaga tekanan pada radiator mobil dan dapat mencegah dari kebocoran air radiator. Jika tutup radiator mobil sudah rusak, maka akan menyebabkan berbagai macam
    Baca Lebih Lanjut

    Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

    Juli 12, 2024
    Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
    Baca Lebih Lanjut

    Indikasi Freon AC Mobil Habis

    Juli 12, 2024
    Ada beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi indikasi freon AC mobil habis. Tanda-tanda itu jelas akan dapat terlihat dan bisa dirasakan, hingga akhirnya kita bisa berkesimpulan bahwa freon sudah jauh berkurang atau malah habis sama sekali. Dalam sebuah sistem AC, peran freon sangat penting sebagai sumber pendingin pada ventilasi AC. Masalahnya, kebocoran gas freon sulit terdeteksi
    Baca Lebih Lanjut