Ini Ciri Kopling Mobil Mulai Habis

Januari 30, 2024
By Getan Metodius
Ini Ciri Kopling Mobil Mulai Habis-otospector

Salah satu komponen yang juga nggak boleh luput dari perhatian adalah kampas kopling mobil. Namun pemilik mobil juga harus mengetahui apa aja ciri – ciri jika kampas kopling sudah mau habis. Berikut inii ada penjelasan tentang ciri – ciri kampas kopling yang habis dan  fungsi dari kampas kopling.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pengertian kampas kopling beserta fungsinya

Pengertian dari kampas kopling mobil adalah sebuah komponen di dalam sistem kopling mobil yang fungsinya sebagai penghubung serta memutuskan transmisi daya antara mesin dan transmisi. Dan sistem dari kopling ini memungkinan pengendara untuk mengganti gigi serta menghentikan aliran daya dari mesin nya ke transmisi sementara mobil kamu sedang berhenti atau pada saat sedang proses pergantian gigi.

Semakin lamanya penggunaan mobil, akan berdampak pada penurunan performa dari kampas kopling itu sendiri. Nah jika mobil kamu berasa tanda-tanda ini, artinya kampas kopling udah mau abis, dan kamu harus sesegera mungkin memperbaikinya.

Jika kamu suka menunda – menunda untuk menggantinya maka yang akan terjadi kerusakan yang semakin parah atau kerusakan yang tidak diingikan. Dan akibatnya juga kinerja mobil kamu semakin hari semakin menurun.

Berikut ini adalah ciri–ciri kampas kopling yang sudah habis:

#1: Tercium bau hangus.

bau kopling

Sumber: Ruber.id

Tanda pertama yang paling umum adalah adanya bau hangus, nah ironisnya bau hangus ini enggak langsung kecium di dalam kabin. Kampas kopling yang aus atau habis karena terbakar, bakalan keluar bau seperti hangus.

Saat kampas kopling udah bener-bener tipis, bau gosong tadi akan masuk juga ke dalam kabin. Kalau hal ini terjadi, tidak hanya berpengaruh sama kondisi mobil, tapi juga bisa bikin penumpang enggak tahan akan bau hangusnya.

Kampas kopling akan mudah terbakar jika seding melewati tanjakan atau juga turunan yang curam seperti kondisi jalan di pegunungan. Adanya kondisi naik turun tadi akan membuat perpindahan transmisi jadi lebih sering daripada biasanya, itu diakibatkan karena gesekan tinggi dari flywheel serta plat penekan.

Baca juga: Ini Dia Ciri-Ciri Kampas Kopling Matic Aus

#2: Mesin jadi cepat panas.

mesin mobil overheat

Sumber: Montiro

Kadang enggak cuma tercium bau hangus aja, ada juga ciri lain kalau kampas kopling udah mau habis. Seperti salah satunya adalah mesin mobil kamu jadi cepat panas. Meningkatnya suhu panas tadi bisa menjadi tanda atau indikasi kampas kopling sudah mulai menipis.

Memang ada yang beranggapan bahwa mobil yang mesinnya cepet panas itu tidak hal yang biasa, karena mesin terus bergerak ketika mobil mesin bekerja.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Berat saat pindah gigi.

gigi mobil

Sumber: Kompas

Ketika kondisi normal, pindahin posisi gigi mobil itu sangat gampang, tapi kalau lagi nggak normal seperti kampas kopling udah mulai aus, bakalan terasa sangat berat dan susah. Kampas kopling yang sudah habis, akan membuat mesin terus-terusan berputar. Perputaran tadi bisa bikin transmisi susah terhubung.

Memindahkan tuas gigi mobil akan jadi lebih keras dan juga kaku. Jika udah ada gejala ini, segera cek mobil kamu, biar kamu nggak susah saat dijalan nanti.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Mobil Mati Saat Hujan

Rawat transmisi mobil dengan baik agar mobil awet:

Menjaga kondisi mobil agar prima adalah hal yang wajib, maka dari itu hal yang kadang luput dari perhatian sepert kampas kopling pun perlu kamu pantau. Setelah kamu tahu nih beberapa gejala dari ausnya kampas kopling, kamu udah bisa melakukan tindakan seperti membawa ke bengkel.

Pastikan mobil tetap sehat agar nilai jual kembali tetap stabil dan tidak anjlok. Sama seperti itu, pastikan juga kalau mau beli mobil bekas harus di inspeksi dulu. Kamu butuh jasa inspeksi mobil bekas Otospector, biar nggak salah pilih mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Perbaikan Central Lock Mobil

Maret 30, 2024
Ketika datang ke perawatan dan perbaikan mobil, salah satu komponen penting yang sering membutuhkan perhatian adalah sistem kunci pintu sentral atau central lock. Sistem ini bertanggung jawab untuk mengunci dan membuka pintu mobil secara otomatis, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Tapi, seperti halnya bagian lain dari kendaraan, central lock juga bisa mengalami masalah dari
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut