Siapa disini yang masih menyangka kalau mobil matic itu tidak ada kampas kopling? Semua itu berbanding terbalik ya otofriends. Karena yang namanya transmisi matik itu masih tetap ada kampas kopling loh di dalamnya. Kampas kompling dari transmisi matik ini sama-sama bertugas untuk meneruskan putaran dari mesin menuju roda yang bergerak.
Ya memang tidak dioperasikan secara manual, seperti pada mobil manual, tetapi kampas kopling mobil matic habis. Faktor terbesarnya adalah karena penggunaan atau faktor umur penggunaan dari mobil matic itu sendiri.
Kita sebagai pengguna mobil matic perlu tahu Otofriends yang namanya gejala-gejala dari kampas kopling yang mulai aus atau habis. Jika sudah mengetahuinya, bisa meminimalisir biaya perbaikan yang lebih besar atau kerusakan yang menjalar kemana-mana. Simak beberapa gejala kampas kopling mobil habis atau aus.
Biasanya kalau kampas kopling sudah mulai terganggu performanya, kondisi mobil juga menghasilkan banyak getaran.Jika kampas kopling ini sudah habis benar atau sudah bersih, kopling ini bisa jadi gosong dan bikin mobil jadi bergetar kencang, ciri-ciri ini menjadi tanda untuk segera melakukan pergantian kampas kopling mobil.
Ketika kampas dari mobil matic sudah mulai menurun kualitasnya atau sudah aus, akan muncul tanda yang khas. Yaitu tanda saat perpindahan gigi mobil yang menjadi kasar, diiringi suara krek dengan durasi yang lumayan panjang daripada biasanya. Yang jadi lebih berbahaya jika ini sering terjadi dan tidak ditangani, malah gigi akan menjadi terkunci dan malah tidak bisa dipindahkan posisinya.
Ada juga gejala yang mirip ditimbulkan dari perpindahan transmisi matic adalah adanya hentakan saat kita mau melakukan perpindahan transmisi. Akan terjadi adanya hentakan yang cukup keras karena oli transmisi tidak bisa menjaga adanya perpindahan gigi saat RPM mobil optimal.
Gejala atau ciri kampas kopling matic aus atau habis selanjutnya adalah kopling yang menjadi selip. Selip kopling ini biasanya terjadi karena oli yang sudah tidak fresh atau tidak diganti dalam waktu lama, dan selip ini juga terjadi karena kampas kopling sudah aus.
Ditambah lagi jika akselerasi dari mesin mobil jadi lemah, ini menjadi salah satu tanda penunjang kalau kopling matic mobil aus atau habis. Biasanya kalau kampas aus ini otomatis mobil matic bisa jadi kehilangan tenaganya serta juga akselerasinya jadi cenderung lamban.
Gejala atau ciri kampas kopling mobil matik aus selanjutnya adalah adanya bau hangus. Bau hangus ini sebetulnya tipis saja, dan tercium saat mengendarai mobil. Jika kampas kopling mobil sudah benar-benar habis, tercium bau hangus akan muncul.
Gejala selanjutnya adalah mobil jadi boros bensinnya, ini menjadi salah satu tanda yang cukup merepotkan. Karena kita pengen konsumsi bbm itu irit, jadi malah boros bahan bakar daripada biasanya, ini bisa ditandai tidak berkendara dalam jarak jauh namun bensin tetap cepat habis. Kampas kopling pada mobil matic yang habis ini bisa membuat kita menekan pedal gas jadi lebih dalam daripada biasanya dan ini yang membuat konsumsi bbm jadi sangat tinggi.
Perlu di ingat, kalau membeli mobil baru tidak perlu mengecek mobil secara keseluruhan. Tetapi kalau beli mobil bekas ini menjadi point penting, jangan sampai membeli mobil bekas yang dirasa sudah bagus namun salah beli.
Manfaatkan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mendapatkan mobil yang sehat dan siap pakai, termasuk kondisi kopling yang masih sangat baik. Pasalnya untuk orang umum kondisi transmisi atau kampas kopling mulai bermasalah ini tidak akan mudah terasa, namun dengan bantuan inspektor berpengalaman, kita bisa menghindari kesalahan membeli mobil bekas yang tidak sehat.
Bagikan