Ada banyak pilihan yang bisa dilirik kalau kita bicara soal mobil bekas di bawah 50 jutaan di Jogja.
Apalagi warga Jogja dikenal orangnya sabar dan jeli. Maka Otospector yakin, bakal bisa didapat unit-unit yang meski sudah tergolong tahun tua, kondisi masih layak.
Terus terang, dengan dana sampai dengan 50 jutaan, pilihan sangat terbatas. Dari tahun produksi saja, mungkin sudah di atas 15 tahun atau malah 20 tahun.
Mobil-mobil tahun segitu, biasanya juga bisa bertahan di pasaran karena cukup legendaris dengan populasi yang cukup banyak. Tak heran kalau harganya juga stabil.
Usia mobil boleh tua, tetapi kalau cermat saat memilih, terutama dengan jasa inspeksi mobil bekas, seperti Otospector, dijamin akan bisa dapat unit-unit yang sehat.
Apalagi kalau mobil sudah dilengkapi dengan garansi mobil bekas yang juga disediakan Otospector. Berkendara jadi semakin nyaman.
Apa saja pilihan mobil bekas di bawah 50 juta di Jogja:
Sumber: OLX
Rekomendasi pertama mobil bekas di bawah 50 juta di Jogja adalah Daihatsu Taruna, yang merupakan cikal bakal low SUV di Indonesia.
Karena status SUV-nya, jangan diragukan lagi ketangguhannya menghadapi berbagai medan menantang, seperti jalan nanjak pegunungan.
Kapasitas penumpang juga optimal, sampai 7 orang, meski bagian belakang anak-anak. Karena itu sebutannya mobil petualangan keluarga.
Ada generasi awal Taruna di tahun 1999-2000 yang bisa didapat di bawah Rp50 juta.
Di tahun-tahun tersebut, pilihan tipenya CL, CX, dan CSX.
Tipe tertinggi sudah dilengkapi velg alloy, tape, side body moulding, serta electric window.
Sumber: Wikipedia
Generasi keempat Toyota Kijang ini dinamai “kapsul” karena bodinya yang membulat.
Menariknya, desain itu tetap bisa bertahan sampai hari ini. Tidak terlihat ketinggalan zaman dan tetap stylish.
Dengan dana sampai Rp50 juta, kita bisa melirik Kijang kapsul tahun-tahun awal, antara 1997-1999.
Setidaknya ada delapan tipe yang bisa dipilih, baik dari sasis pendek (dengan kode “L” seperti LX, LSX, LGX, Rangga) dan sasis panjang (kode “S” seperti SX, SSX, SGX, Krista).
Kubikasi mesin bensin sebesar 1.800 cc. Transmisi tersedia AT dan MT.
Sumber: Otomotifnet
Mobil hatchback ini sempat jadi ikon gaulnya kaum muda tahun 90-an.
Sempat hadir dalam dua generasi, keduanya ternyata punya karakter masing-masing yang sama-sama kuat. Sampai hari ini, desainnya tetap terasa manis.
Dengan anggaran sampai Rp50 juta memungkinkan kita melirik Starlet generasi keempat atau Starlet kapsul.
Secara spesifik, tahun produksi antara 1995-1997.
Tipe pilihan ada SE, SE Limited, dan SE-G.
Semua mesin berkubikasi 1.300 cc. Transmisi manual.
Sumber: Carmudi
Carry mulai menyandang nama Futura sejak 1991.
Kiprahnya yang panjang, sampai 30 tahun, membuatnya ada dalam daftar harga mobil bekas di bawah Rp50 juta di Jogja.
Sejak awal sudah tersedia dalam dua versi kubikasi mesin yaitu 1.300 cc dan 1.600 cc (kemudian direvisi jadi 1.500 cc).
Versi kedua ini sudah berteknologi injeksi yang konsumsi BBM-nya efisien.
Dengan dana sampai Rp50 juta, bisa dipilih Futura tahun produksi 2005-2007.
Pilihan terbaik tentu saja 1.500 cc yang sudah injeksi.
Selain tipe GRV dan DRV, khusus di mesin 1.500 cc ada juga tipe DX dan GX.
Pada tipe tertinggi, fitur ada AC double blower, radio tape, velg alloy dan jok baris ketiga yang menghadap depan.
Sumber: Moladin
Baleno mulai dipasarkan sejak 1995.
Langsung dikenal sebagai sedan dengan suspensi empuk dan konsumsi BBM lumayan irit.
Pada generasi awal, mesinnya berkubikasi 1.600 cc dan transmisi manual. Baru pada tahun 2000 tersedia transmisi matic.
Fitur-fiturnya tergolong standard untuk ukuran sedan.
Di panel pintu pengemudi ada tombol power window dan central lock. Jok depan model sporty (semi-bucket seat), kedua jok belakang bisa dibuka, dan semua jok sudah ada safety belt.
Pilihan terbaik dengan dana sampai Rp50 juta, adalah Baleno tahun produksi 1998 – 2000.
Sumber: Modifikasi.co.id
Kiprah Soluna di pasar Indonesia hanya sekitar 3 tahunan, yaitu antara 2000-2003.
Pada awalnya, sedan 1.500 cc ini sangat diminati. Butuh berbulan-bulan antre untuk memiliki.
Ada tiga varian yang dipasarkan; XLi manual, GLi manual dan GLi otomatis sebagai tipe tertinggi.
Antara XLi dan GLi perbedaan hanya ada pada power window, electric mirror, indikator RPM, defogger belakang, serta central lock.
Saat ini dengan dana sampai Rp50 juta, pilihan terbaik adalah GLi. Transmisi manual atau matic.
Sumber: Bali Car Hire
Rekomendasi terakhir mobil bekas di bawah 50 juta di Jogja adalah Daihatsu Feroza.
Karena bentuknya yang SUV, orang sering mengira mesinnya diesel.
Padahal Feroza hanya tersedia dalam mesin bensin 1.600 cc.
Dengan bobot SUV-nya yang berat, wajar kalau konsumsi BBM-nya rada kurang efisien, sekitar 8 km per liter.
Desain dan fiturnya memang sederhana. Tetapi di antara mobil-mobil SUV klasik 1990-an, Feroza terlihat paling berwibawa.
Cukup nyaman, karena suspensinya sudah memakai sistem double wishbone dengan stabilizer berpegas torsi bar.
Dengan anggaran 50 jutaan di Bandung, bisa dilirik Daihatsu Feroza tahun 1995-1996. Semua transmisi manual.
Bagikan