Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Agustus 01, 2023
By Thomas W
Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil-otospector

Cakram rem mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara menghasilkan gesekan antara kampas rem dan piringan cakram. Namun, terkadang kita menemukan bercak karat pada permukaan piringan cakram yang bisa mengganggu penampilan dan kinerja rem.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kabar baiknya, kondisi seperti ini sebenarnya tidaklah berbahaya dan wajar-wajar saja. Hanya saja tetap saja kita harus mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya karat pada cakram.  

Nah, berikut ini ada 3 penyebab. Mari kita simak:

#1: Terkena Air

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Air adalah salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan karat pada cakram rem mobil. Air mengandung oksigen dan mineral yang bisa bereaksi dengan besi yang merupakan bahan dasar dari cakram rem. Reaksi ini menghasilkan senyawa baru yang disebut oksida besi atau karat. Karat ini akan menempel pada permukaan cakram rem dan membuatnya berwarna coklat kemerahan.

Air bisa berasal dari berbagai sumber, seperti hujan, banjir, genangan, atau pencucian mobil. Jika mobil sering terkena air dan tidak segera dikeringkan atau digunakan, maka risiko karat pada cakram rem akan semakin besar.

Baca juga: Problem Rem Mobil Bekas Bisa Dicek Dari 6 Indikasi Ini

#2: Lama Tidak Digunakan

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Jika mobil jarang atau lama tidak digunakan, maka cakram rem juga akan rentan berkarat. Hal ini karena tidak adanya gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa membersihkan permukaan cakram dari debu, kotoran, atau karat yang menempel.

Gesekan ini juga bisa menghasilkan panas yang bisa menguapkan air yang ada pada cakram rem. Jadi, jika mobil sering diam saja tanpa bergerak, maka karat akan semakin menumpuk dan sulit dihilangkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tidak Memakai Lapisan Anti Karat

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Cakram rem mobil umumnya tidak diberi lapisan anti karat oleh pabrikan. Hal ini karena lapisan anti karat bisa mengurangi gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa menurunkan daya pengereman.

Lapisan anti karat juga bisa terkelupas atau terkikis oleh gesekan tersebut sehingga tidak efektif melindungi cakram rem dari karat. Oleh karena itu, cakram rem mobil lebih mudah berkarat dibandingkan dengan komponen lain yang dilapisi anti karat.

Baca juga: 5 Tanda Kampas Rem Mobil Telah Habis

beli mobil bekas di tokopedia

Untuk mencegah karat yang bisa Otofriends lakukan adalah:

  • Membersihkan dan mengeringkan cakram rem setelah terkena air atau mencuci mobil.
  • Menggunakan mobil secara rutin dan melakukan pengereman secara normal agar gesekan bisa membersihkan permukaan cakram dari karat.
  • Memberikan lapisan anti karat khusus untuk cakram rem yang tidak mengurangi gesekan atau daya pengereman.
  • Mengganti cakram rem jika sudah rusak atau berkarat parah.

Jika Otofriends ingin memeriksa kondisi rem saat membeli mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi menyeluruh, maka Otofriends dapat memastikan kondisi mobil bekas dan bisa menentukan harga terbaik saat pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Ya, Ini Keunggulan Mobil Transmisi CVT

Agustus 19, 2024
Kalau ingin dibahas secara mendalam, tentu saja ada banyak keunggulan mobil transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Karena berbagai keunggulan itulah, tak heran kalau jenis transmisi inilah yang sekarang banyak dipakai di mobil-mobil keluaran terbaru, selain transmisi matic konvensional atau disebut juga sebagai AT. Transmisi CVT terutama banyak ditemui untuk mobil-mobil untuk kawasan perkotaan seperti sedan,
Baca Lebih Lanjut

Kepincut Hilux Rangga? Ini Spesifikasinya

Agustus 16, 2024
Lagi dan lagi Toyota menggemparkan segmen dunia mobil picik-up di Indonesia, kini Toyota menghadirkan Hilux Rangga yang sudah resmi diluncurkan pada saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang sudah diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran pada anggap 15-25 Februari 2024 kemarin. Seperti yang kita ketahui sebelumnya Toyota juga sudah memperkenalkan Hilux Rangga pada saat IMV
Baca Lebih Lanjut

Ini Bedanya Mobil Matic Biasa dengan Mobil Matic CVT

Agustus 16, 2024
Bedanya mobil matic biasa dengan CVT sering jadi pertanyaan dari para pengguna mobil, terutama mereka yang sedang menimbang-nimbang untuk memakai jenis transmisi ini. Maklum saja, saat ini banyak mobil keluaran terbaru menawarkan jenis transmisi CVT. Tetapi di sisi lain, banyak juga kabar burung yang mengatakan transmisi jenis ini punya banyak kelemahan dan tidak awet. Lalu,
Baca Lebih Lanjut