Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Agustus 01, 2023
By Thomas W
Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil-otospector

Cakram rem mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara menghasilkan gesekan antara kampas rem dan piringan cakram. Namun, terkadang kita menemukan bercak karat pada permukaan piringan cakram yang bisa mengganggu penampilan dan kinerja rem.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kabar baiknya, kondisi seperti ini sebenarnya tidaklah berbahaya dan wajar-wajar saja. Hanya saja tetap saja kita harus mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya karat pada cakram.  

Nah, berikut ini ada 3 penyebab. Mari kita simak:

#1: Terkena Air

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Air adalah salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan karat pada cakram rem mobil. Air mengandung oksigen dan mineral yang bisa bereaksi dengan besi yang merupakan bahan dasar dari cakram rem. Reaksi ini menghasilkan senyawa baru yang disebut oksida besi atau karat. Karat ini akan menempel pada permukaan cakram rem dan membuatnya berwarna coklat kemerahan.

Air bisa berasal dari berbagai sumber, seperti hujan, banjir, genangan, atau pencucian mobil. Jika mobil sering terkena air dan tidak segera dikeringkan atau digunakan, maka risiko karat pada cakram rem akan semakin besar.

Baca juga: Problem Rem Mobil Bekas Bisa Dicek Dari 6 Indikasi Ini

#2: Lama Tidak Digunakan

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Jika mobil jarang atau lama tidak digunakan, maka cakram rem juga akan rentan berkarat. Hal ini karena tidak adanya gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa membersihkan permukaan cakram dari debu, kotoran, atau karat yang menempel.

Gesekan ini juga bisa menghasilkan panas yang bisa menguapkan air yang ada pada cakram rem. Jadi, jika mobil sering diam saja tanpa bergerak, maka karat akan semakin menumpuk dan sulit dihilangkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tidak Memakai Lapisan Anti Karat

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Cakram rem mobil umumnya tidak diberi lapisan anti karat oleh pabrikan. Hal ini karena lapisan anti karat bisa mengurangi gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa menurunkan daya pengereman.

Lapisan anti karat juga bisa terkelupas atau terkikis oleh gesekan tersebut sehingga tidak efektif melindungi cakram rem dari karat. Oleh karena itu, cakram rem mobil lebih mudah berkarat dibandingkan dengan komponen lain yang dilapisi anti karat.

Baca juga: 5 Tanda Kampas Rem Mobil Telah Habis

beli mobil bekas di tokopedia

Untuk mencegah karat yang bisa Otofriends lakukan adalah:

  • Membersihkan dan mengeringkan cakram rem setelah terkena air atau mencuci mobil.
  • Menggunakan mobil secara rutin dan melakukan pengereman secara normal agar gesekan bisa membersihkan permukaan cakram dari karat.
  • Memberikan lapisan anti karat khusus untuk cakram rem yang tidak mengurangi gesekan atau daya pengereman.
  • Mengganti cakram rem jika sudah rusak atau berkarat parah.

Jika Otofriends ingin memeriksa kondisi rem saat membeli mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi menyeluruh, maka Otofriends dapat memastikan kondisi mobil bekas dan bisa menentukan harga terbaik saat pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Merawat Ban Serep Mobil

November 18, 2023
Salah satu komponen yang penting dari sebuah mobil adalah ban cadangan atau ban serep. Akan tetapi karena komponen ini terhitung jarang digunakan, yaitu pada saat kondisi darurat saja, alhasil ban serep sering diabaikan pemilik mobil. Sini dikasih tahu merawat ban cadangan yang benar. Padahal ban serep sebenarnya harus selalu siap dan dalam kondisi prima. Agar
Baca lebih lanjut

Bahaya dan Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir Untuk Mobil

November 18, 2023
Beli mobil nggak cukup setelah mobil sampai garasi aja otofriends, kamu perlu ada maintenance yang lainnya. Seperti service berkala, penggantian oli termasuk komponen lain dalam mesin atau mobil lainnya. Tidak terkecuali juga elemen paling luar mobil yang bersentuhan langsung aspal yaitu ban. Tapi tahu kah kamu otofriends, satu ban mobil itu harganya tidak murah loh,
Baca lebih lanjut

Cek Harga Vios Bekas Per November 2023, Mulai Rp 65 Juta

November 17, 2023
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca lebih lanjut