Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Agustus 01, 2023
By Thomas W
Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil-otospector

Cakram rem mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara menghasilkan gesekan antara kampas rem dan piringan cakram. Namun, terkadang kita menemukan bercak karat pada permukaan piringan cakram yang bisa mengganggu penampilan dan kinerja rem.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kabar baiknya, kondisi seperti ini sebenarnya tidaklah berbahaya dan wajar-wajar saja. Hanya saja tetap saja kita harus mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya karat pada cakram.  

Nah, berikut ini ada 3 penyebab. Mari kita simak:

#1: Terkena Air

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Air adalah salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan karat pada cakram rem mobil. Air mengandung oksigen dan mineral yang bisa bereaksi dengan besi yang merupakan bahan dasar dari cakram rem. Reaksi ini menghasilkan senyawa baru yang disebut oksida besi atau karat. Karat ini akan menempel pada permukaan cakram rem dan membuatnya berwarna coklat kemerahan.

Air bisa berasal dari berbagai sumber, seperti hujan, banjir, genangan, atau pencucian mobil. Jika mobil sering terkena air dan tidak segera dikeringkan atau digunakan, maka risiko karat pada cakram rem akan semakin besar.

Baca juga: Problem Rem Mobil Bekas Bisa Dicek Dari 6 Indikasi Ini

#2: Lama Tidak Digunakan

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Jika mobil jarang atau lama tidak digunakan, maka cakram rem juga akan rentan berkarat. Hal ini karena tidak adanya gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa membersihkan permukaan cakram dari debu, kotoran, atau karat yang menempel.

Gesekan ini juga bisa menghasilkan panas yang bisa menguapkan air yang ada pada cakram rem. Jadi, jika mobil sering diam saja tanpa bergerak, maka karat akan semakin menumpuk dan sulit dihilangkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tidak Memakai Lapisan Anti Karat

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Cakram rem mobil umumnya tidak diberi lapisan anti karat oleh pabrikan. Hal ini karena lapisan anti karat bisa mengurangi gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa menurunkan daya pengereman.

Lapisan anti karat juga bisa terkelupas atau terkikis oleh gesekan tersebut sehingga tidak efektif melindungi cakram rem dari karat. Oleh karena itu, cakram rem mobil lebih mudah berkarat dibandingkan dengan komponen lain yang dilapisi anti karat.

Baca juga: 5 Tanda Kampas Rem Mobil Telah Habis

beli mobil bekas di tokopedia

Untuk mencegah karat yang bisa Otofriends lakukan adalah:

  • Membersihkan dan mengeringkan cakram rem setelah terkena air atau mencuci mobil.
  • Menggunakan mobil secara rutin dan melakukan pengereman secara normal agar gesekan bisa membersihkan permukaan cakram dari karat.
  • Memberikan lapisan anti karat khusus untuk cakram rem yang tidak mengurangi gesekan atau daya pengereman.
  • Mengganti cakram rem jika sudah rusak atau berkarat parah.

Jika Otofriends ingin memeriksa kondisi rem saat membeli mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi menyeluruh, maka Otofriends dapat memastikan kondisi mobil bekas dan bisa menentukan harga terbaik saat pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite

Juni 06, 2024
Mobil yang boleh pakai Pertalite memang menjadi isu yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Isu ini terus bergulir terutama setelah ada wacana tentang pembatasan penjualan BBM bersubsidi, di mana ada jenis-jenis mobil dan sepeda motor tertentu yang boleh serta tidak boleh menggunakannya. Yang dimaksud BBM bersubdisi adalah BBM yang dijual oleh Pertamina, di mana
Baca Lebih Lanjut

Jadwal Samsat Keliling Kota Tangerang Update 2024

Juni 04, 2024
Bagi warga Kota Tangerang, salah satu informasi yang penting diketahui adalah tentang jadwal Samsat Keliling Tangerang. Pasalnya, untuk urusan perpanjangan STNK tahunan, ada sebagian warga yang menginginkan punya banyak alternatif tempat. Karena itulah mereka ingin melakukannya di Samsat Keliling karena faktor jarak dan pelayanan yang relatif cepat.  Untuk urusan memperpanjang STNK tahunan, memang semestinya kita
Baca Lebih Lanjut

Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Juni 03, 2024
Wacana pemberlakuan bayar tol tanpa berhenti, sepertinya semakin dekat dengan realisasinya. Kepastian ini didapat setelah selama setahun kemarin sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau dikenal dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah diuji di beberapa pintu tol, di Jawa dan Bali. Dengan sistem MLFF ini, nantinya mobil tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol
Baca Lebih Lanjut