Download Aplikasi OTOS
Install

Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Agustus 01, 2023
By Thomas W
Penyebab Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil-otospector

Cakram rem mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara menghasilkan gesekan antara kampas rem dan piringan cakram. Namun, terkadang kita menemukan bercak karat pada permukaan piringan cakram yang bisa mengganggu penampilan dan kinerja rem.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kabar baiknya, kondisi seperti ini sebenarnya tidaklah berbahaya dan wajar-wajar saja. Hanya saja tetap saja kita harus mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya karat pada cakram.  

Nah, berikut ini ada 3 penyebab. Mari kita simak:

#1: Terkena Air

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Air adalah salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan karat pada cakram rem mobil. Air mengandung oksigen dan mineral yang bisa bereaksi dengan besi yang merupakan bahan dasar dari cakram rem. Reaksi ini menghasilkan senyawa baru yang disebut oksida besi atau karat. Karat ini akan menempel pada permukaan cakram rem dan membuatnya berwarna coklat kemerahan.

Air bisa berasal dari berbagai sumber, seperti hujan, banjir, genangan, atau pencucian mobil. Jika mobil sering terkena air dan tidak segera dikeringkan atau digunakan, maka risiko karat pada cakram rem akan semakin besar.

Baca juga: Problem Rem Mobil Bekas Bisa Dicek Dari 6 Indikasi Ini

#2: Lama Tidak Digunakan

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Jika mobil jarang atau lama tidak digunakan, maka cakram rem juga akan rentan berkarat. Hal ini karena tidak adanya gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa membersihkan permukaan cakram dari debu, kotoran, atau karat yang menempel.

Gesekan ini juga bisa menghasilkan panas yang bisa menguapkan air yang ada pada cakram rem. Jadi, jika mobil sering diam saja tanpa bergerak, maka karat akan semakin menumpuk dan sulit dihilangkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tidak Memakai Lapisan Anti Karat

Bercak Karat Pada Cakram Rem Mobil

Cakram rem mobil umumnya tidak diberi lapisan anti karat oleh pabrikan. Hal ini karena lapisan anti karat bisa mengurangi gesekan antara kampas rem dan piringan cakram yang bisa menurunkan daya pengereman.

Lapisan anti karat juga bisa terkelupas atau terkikis oleh gesekan tersebut sehingga tidak efektif melindungi cakram rem dari karat. Oleh karena itu, cakram rem mobil lebih mudah berkarat dibandingkan dengan komponen lain yang dilapisi anti karat.

Baca juga: 5 Tanda Kampas Rem Mobil Telah Habis

Untuk mencegah karat yang bisa Otofriends lakukan adalah:

  • Membersihkan dan mengeringkan cakram rem setelah terkena air atau mencuci mobil.
  • Menggunakan mobil secara rutin dan melakukan pengereman secara normal agar gesekan bisa membersihkan permukaan cakram dari karat.
  • Memberikan lapisan anti karat khusus untuk cakram rem yang tidak mengurangi gesekan atau daya pengereman.
  • Mengganti cakram rem jika sudah rusak atau berkarat parah.

Jika Otofriends ingin memeriksa kondisi rem saat membeli mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi menyeluruh, maka Otofriends dapat memastikan kondisi mobil bekas dan bisa menentukan harga terbaik saat pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Setidaknya Simpan 6 No Darurat di Jalan Tol Ini Otofriends

September 17, 2025
Otofriends tau sendiri kan, tol itu emang jalur ngebut paling aman dibanding jalan biasa. Tapi masalah itu bisa muncul kapan aja, kayak ban pecah, mesin overheat sampe mati, atau bensin abis di tengah jalan panjang. Nah, kalau Otofriends punya list kontak darurat, setidaknya bisa ringanin masalah kamu, lalu tim yang membantu dari pihak terkait bakalan
Baca Lebih Lanjut

Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen untuk Ban Mobil, Mana yang Lebih Baik?

September 16, 2025
Siapa di sini yang masih belum paham tentang perbedaan mengisi angin ban biasa dengan nitrogen untuk ban? Masih banyak pemilik kendaraan juga yang masih bingung untuk memilih mengisi angin ban biasa atau menggunakan nitrogen untuk kendaraan mereka.  Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui perbedaan antara kedua jenis pengisian tersebut.  Pada dasarnya nitrogen merupakan
Baca Lebih Lanjut

Begini Empat Langkah Perbaikan Mobil Setelah Terendam Banjir

September 15, 2025
Awalnya mungkin tak pernah terpikir, tetapi setelah terkena musibah, baru pemilik mobil cari tahu soal perbaikan mobil setelah terendam banjir. Musibah memang tidak bisa diprediksi. Datang bisa tiba-tiba tanpa kita bisa mengantisipasinya. Tak terkecuali banjir yang akhir-akhir ini juga bisa terjadi kapan saja. Tidak harus musim hujan. Di musim panas sekalipun, kalau hujan tiba-tiba datang
Baca Lebih Lanjut