Selain Hindari Banjir, Ini Tips Lainnya Dalam Merawat Kampas Kopling Mobil

Juli 04, 2024
By Getan Metodius
Selain Hindari Banjir, Ini Tips Lainnya Dalam Merawat Kampas Kopling Mobil-otospector

Untuk menjaga kenyamanan dan performa saat berkendara, ada banyak komponen yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu kampas kopling mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sama seperti komponen lainnya, kampas kopling juga mempunyai usia pakai serta membutuhkan perawatan yang rutin agar kampas kopling dapat bekerja dengan baik dan pengemudi pun bisa berkendara dengan aman. 

Maka dari itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat kampas kopling pada mobil agar tetap bagus kinerjanya demi menjaga performa mobil. 

Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk merata kampas kopling pada mobil kamu.

#1: Saat Mobil Sudah Melaju Stabil Lepaskan Kaki dari Pedal Kopling.

menginjak kopling mobil

Sumber: kumparan

Ketika kondisi mobil sedang berjalan dan posisi kaki menggantung pada pedal kopling maka akan menyebabkan keausan dini dan bisa menyebabkan gesekan yang berlebih. Maka dari itu lepaskan kaki pada saat mobil sedang melaju stabil, atau bisa juga dengan cara memindahkan kaki ke pedal rem atau gas jika mobil sudah di kondisi melaju yang stabil.

Baca juga: Mobil Matic Murah Harga Dibawah 100 Juta, Per 2024

#2: Perlahan Lepaskan Kopling.

kopling rem dan gas mobil

Sumber: gridoto

Usahakan hindari melepas kopling secara mendadak. Kamu harus melakukan perpindahan gigi dengan secara perlahan untuk meminimalisir keausan pada kampas kopling mobil. Kemudian lepaskan pedal kopling secara halus atau perlahan dan bertahan pada saat hendak ingin memindahkan gigi.

#3: Jangan Menerjang Banjir.

Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir

Sumber: kompas

Seperti yang kita ketahui bahwasanya air itu merupakan musuh utama bagi kampas kopling. Karena dengan menerjang banjir bisa menyebabkan kampas kopling menjadi lengket dan basah, dan membuat transmisi menjadi sulit pindah dan kopling slip. Namun jika kondisi terpaksa untuk menerjang banjir alangka baiknya mobil kamu segera dibawa ke bengkel terdekat. 

beli mobil bekas di tokopedia

#4: Rutin Periksa Kondisi Kampas Kopling.

kopling mobil

Sumber: gridoto

Jangan lupa untuk selalu cek kondisi kampas kopling mobil kamu secara rutin atau sesuai anjuran pabrik. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa kampas kopling kamu bisa bekerja secara optimal.

#5: Pakai Kampas Kopling yang Berkualitas.

Pastikan untuk ganti kampas mobil dengan produk yang original, karena dengan kamu mengganti kampas kopling yang original sudah pasti kampas komplikasi tersebut berkualitas terbaik untuk mobil kamu. Sehingga pengemudi pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

#6: Jangan Mengemudi dengan Gaya Berkendara Setengah Kopling.

Jika kamu melakukan kebiasaan mengemudi dengan gaya berkendara setengah kopling akan mengakibatkan kampas kopling mobil kamu menjadi cepat aus atau akan terkikis. Namun yang harus kamu lakukan adalah lepaskan pedal kopling secara penuh ketika hendak ingin memindahkan gigi, lalu injak kembali dengan kecepatan penuh.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#7: Sesuaikan Kecepatan pada Gigi yang Tepat.

Gunakan gigi tinggi jika sedang melaju kencang dan pada saat sedang melaju rendah gunakan gigi rendah. Dan hindari untuk memaksa mesin dengan gigi yang tidak sesuai, agar dapat menghindari gesekan yang berlebih pada kampas kopling. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan komponen pada indikator gigi di speedometer untuk memudahkan kamu memilih gigi yang sesuai. 

Baca juga: Ini Ciri Kopling Mobil Mulai Habis

Menggunakan jasa inspeksi mobil bekas menghindari dapat mobil yang rusak.

Selain kampas kopling masih banyak lagi hal yang perlu kamu cek dalam melakukan pengecekan beli mobil bekas. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas biar kamu tenang dan bisa memilih dengan tepat mana mobil yang perlu kamu beli.

Inspeksi mobil Otospector sebagai pionir dan yang terbaik di Indonesia memberikan layanan inspeksi menyeluruh. Disamping itu garansi juga akan kamu dapatkan ketika mobil bekas tersebut lolos inspeksi.

Garansi mobil bekas Otospector selain memberikan ketenangan jika suatu saat komponen rusak, tapi juga memberikan kenyamanan karena punya layanan darurat 24 jam.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Mudah Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu

Mei 18, 2024
Seperti yang kita ketahui, kaca film merupakan komponen yang sangat penting, karena berfungsi sebagai untuk penolak panas ketika kita di kabin mobil dan juga berfungsi untuk menjaga privasi penumpang. Di zaman sekarang ini banyak sekali merek kaca film yang mudah ditemui baik itu asli atau palsu. Tapi kalau nggak hati-hati kamu bisa dapetin yang aspal,
Baca Lebih Lanjut

Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
Baca Lebih Lanjut

Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir 

Mei 16, 2024
Kamu ingin menerjang banjir menggunakan mobil? Tapi kamu masih tidak tahu berapa batas aman mobil ketika sedang terendam banjir? Simak pembahasan berikut ini Otofriends. Seperti yang kita ketahui kalau banjir adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah yang sering kali terkena banjir ketika hujan sudah mulai turun. Dan bagi pemilik
Baca Lebih Lanjut