5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik!

Februari 04, 2019
By jandika
5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik!-otospector

Pilihan mobil bekas diesel seperti Panther, Innova, Fortuner, hingga Pajero Sport tak pernah sepi peminat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika memiliki kendaraan berbahan bakar solar ini. Bahan bakar yang murah dan irit adalah dua di antaranya.

Apakah Anda salah satu peminat jenis mobil bekas diesel, OtoFriend? Tentunya sebelum memilih, ada beberapa poin penting yang pelu Anda perhatikan. Mari simak tips membeli mobil diesel bekas terbaik berikut ini.

#1: Menstarter Mobil Bekas Diesel

Mobil Bekas Diesel - Starter Mobil

Sama seperti membeli mobil bekas bensin, Anda pun harus mengecek keadaan mobil saat ia di-starter. Mesin mobil-mobil diesel sangat mudah menyala karena menggunakan busi pijar. Lakukan pengecekan ini ketika mobil masih dalam keadaan dingin. Bila sulit dinyalakan dalam satu hingga kali starter, berarti ada yang tak beres dengan komponen internalnya.

Sementara itu, saat mobil sudah menyala, amati suara yang keluar dari mesin. Injak pedal gas sesekali untuk mendeteksi kerusakan. Bila suara yang keluar padat dan bertenaga, berarti mobil diesel tersebut dalam kondisi baik. Di sisi lain, bila ada suara knocking yang keluar saat mesin menyala, itu berarti ada masalah pada sistem pengapian diesel.

#2: Mengecek Kompresi Mesin

Mobil Bekas Diesel - Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah salah satu bagian vital dari mobil diesel. Cara memeriksa kompresi mesin kendaraan diesel dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Nyalakan mesin mobil bekas diesel idaman;
  • Buka penutup wadah saluran oli mesin;
  • Injak pedal gas mobil setelahnya.

Amati apabila ada hembusan udara kuat yang keluar dari lubang saluran oli mesin tersebut. Jika Anda menemui hembusan seperti itu, hal ini menandakan bahwa kompresi mesin mobil itu sudah tak prima.

Baca Juga: Awas Beli Mobil Bekas Curian! Ini Cara Membedakannya

#3: Mengecek Tegangan Baterai Mobil Diesel

Mobil Bekas Diesel - Tegangan Accu

Mobil diesel pada umumnya memiliki tegangan baterai sebesar 12 volt. Sementara itu kendaraan diesel berupa bus dan truk memiliki tegangan 24 volt untuk masing-masing baterainya. Lakukanlah pengecekan tegangan tersebut menggunakan volt meter.

Apabila Anda maupun penjual tidak memiliki alat tersebut, lakukan pengecekan pada dashboard mobil. Apabila kunci kontak berada dalam posisi nyala dan indikator baterai tak menyala, itu berarti tidak ada masalah pada tegangan baterai mobil tersebut.

#4: Mengcek Kandungan dan Konsistensi Oli Mobil

Mobil Bekas Diesel - Oli Mesin

Pengecekan oli merupakan salah satu hal yang tak boleh terlewat saat akan membeli mobil. Hal ini pun berlaku saat Anda akan membeli mobil bekas diesel. Jangan heran bila oli mobil diesel memiliki warna hitam. Mengutip situs autoexpose.org, kondisi ini ternyata normal untuk mobil diesel, OtoFriend!

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dari oli mobil diesel adalah kandungan di dalam cairannya. Tarik stik oli dan bila di dalamnya tak terdapat serpihan kerak atau kotoran, itu berarti oli dalam keadaan baik. Hal kedua adalah konsistensi oli. Apabila cairan oli masih encer dan tak pekat, maka kondisinya pun tak perlu dikhawatirkan.

#5: Melihat Anomali pada Asap Knalpot

Mobil Bekas Diesel - Asap Knalpot

Tidak seperti mobil berbahan bakar bensin, kendaraan diesel berusia tua mengeluarkan asap keabuan yang cukup pekat. Sementara itu, mobil bekas diesel yang sudah modern lebih ramah lingkungan karena dilengkapi dengan diesel particulate filter (DPF).

Sebelum membeli, Anda sangat disarankan untuk melihat warna asap yang keluar dari knalpot mobil bekas tersebut. Jika warna yang keluar putih, itu berarti terdapat oli yang bocor di dalam ruang pembakaran. Hal ini termasuk dalam kerusakan yang cukup berat dan harus dihindari!

Baca Juga: Cara Mengenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas diesel dengan kondisi terbaik, libatkan OtoSpector dalam pengecekan kendaraan tersebut. Setiap pengecekan mengikuti standar 150+ Poin Inspeksi OtoSpector yang termasuk pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan. Semoga informasi di atas tadi bermanfaat!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Grand Livina Bekas Harganya Kian Turun, Ini 5 Penyebabnya

Februari 10, 2024
Saat ini di pasaran memang hanya tersedia Nissan Grand Livina bekas. Tanpa produk baru yang meluncur, keberadaannya seolah terlupakan. Namun jika kita mengingat pada periode pertengahan dekade 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan low MPV andalan Nissan ini. Dengan tongkrongan yang manis, ditambah keunggulan dalam hal pengendalian, kapasitas kabin, serta efisiensi konsumsi BBM, menjadikan Grand
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Mobil Bekas Murah Dibawah 100 Juta Area Jakarta 2024

Februari 10, 2024
Mobil bekas murah dibawah 100 juta masih jadi isu penting bagi para calon pembeli mobil untuk keluarga, di area Jakarta. Faktor harga masih jadi faktor utama, baru kemudian spesifikasi mobil yang bisa memuat lebih banyak orang. Dengan kriteria semacam itu, tentu MPV menjadi pilihan paling masuk akal. Bukan hanya karena segmen ini paling populer, namun
Baca Lebih Lanjut

Jadwal SIM Keliling Depok 2024

Februari 10, 2024
Untuk urusan perpanjangan SIM, ada banyak warga masyarakat yang lebih memilih melakukannya di pelayanan SIM Keliling. Alasannya, karena memang layanan SIM seperti ini umumnya terasa lebih dekat dari rumah dan pelayanannya relatif cepat.   Urusan memperpanjang SIM kita semestinya memang tidak perlu repot. Karena semua itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat, tidak sampai 15 menit
Baca Lebih Lanjut