Klik disini untukPesan Mobil Idaman

Cara Mengenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Agustus 13, 2018
By jandika
Cara Mengenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot-otospector

Saat mengalami kerusakan, mobil dapat memberikan sinyal kepada sang pemilik dengan banyak cara. Belum banyak yang tahu, kerusakan ini pun ternyata dapat dideteksi dari warna asap knalpot. Beda warna, beda pula kerusakan yang terjadi.

Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi saat hendak membeli mobil bekas atau pada mobil Anda sendiri, yuk ketahui lebih lanjut arti dari warna asap knalpot berikut ini.

#1: Warna Asap Knalpot Abu-Abu

Warna Asap Knalpot Abu

Teman OtoSpector, sebuah mobil dengan kondisi yang baik-baik saja tidak akan mengeluarkan asap berwarna. Sebaliknya, jika kendaraan mengeluarkan asap berwarna abu-abu itu berarti ada yang salah dengan mobil tersebut.

Dikutip OtoSpector dari situs oto.detik.com, asap abu-abu yang keluar dari knapot mobil matic mengindisikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes.

Sementara itu pada mobil pada umumnya, warna asap knalpot abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

#2: Asap Knalpot Berwarna Putih

Warna Asap Knalpot Putih

Selain warna abu-abu, umum sekali ditemukan mobil yang mengeluarkan asap knalpot berwarna putih. Ada dua indikasi yang bisa diketahui namun hal tersebut dapat dibadakan dari ketebalan asap buangannya.

Bila asap putih yang keluar masih tampak tipis, itu berarti ada problem pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Biarpun begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius.

Beda halnya bila asap putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal ini menandakan bahwa ada masalah pada sistem pembakaran dari mobil tersebut. Penyebabnya sendiri disebut-sebut adalah masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

#3: Warna Asap Knalpot yang Hitam

Warna Asap Knalpot Hitam

Bila warna asap knalpot menghitam, bisa jadi mobil Anda mengalami masalah pada sistem pembakarannya. Bahan bakar yang tersirkulasi terlalu banyak dan juga tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot yang keluar pun menjadi sangat pekat.

Asap hitam pun dapat mengindikasikan masalah pada saringan udara, injector, karburator, atau kebocoran kompresi. Agar masalah sebenarnya dapat diketahui dengan jelas, sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel secepatnya.

#4: Asap Knalpot Berwarna Kebiru-biruan

Warna Asap Knalpot Biru

Teman OtoSpector, ternyata knalpot tidak hanya mengeluarkan asap berwarna putih, abu-abu, dan juga hitam. Ada pula knalpot mobil yang mengeluarkan asap pekat berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Anda.

Ada juga penyebab lain dari keluarnya asap dengan warna kebiruan ini. Hal tersebut di antaranya adalah kerusakan pada ring piston yang aus sehingga oli jadi bocor, blower turbo yang sudah lama dan harus diganti, serta terjadinya blown gasket.

Baca Juga: Bikin Rugi! Kenali Ciri-Ciri Aki Mobil Rekondisi Berikut Ini

Pengecekan Asap Knalpot Sebelum Membeli Mobil Bekas

Saat Teman OtoSpector memilih mobil bekas, memeriksa warna asap knalpot juga merupakan salah satu langkah terpenting sebelum melakukan pembelian.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, warna asap knalpot yang tidak normal adalah indikasi kerusakan pada komponen mesin. Apalagi jika asap knalpot “ngebul” atau berwarna putih pekat, kemungkinan besar mesin mobil bekas incaran Anda perlu engine overhaul yang akan menghabiskan biaya besar.

Anda sediri bagaimana Teman OtoSpector, apakah pernah mengecek warna asap yang keluar dari knalpot mobil?

Bila warna asap knalpot sudah mulai mencurigakan, ada baiknya gunakan tenaga yang ahli agar kerusakan segera bisa ditangani dan Anda tidak mengalami kerugian yang besar ke depannya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya