;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

8 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Oktober 07, 2016
By jandika
8 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas-otospector

Pada umumnya, kekhawatiran orang awam yang ingin membeli mobil bekas adalah mereka kurang paham soal mesin mobil. Saat membeli mobil bekas di showroom, banyak orang juga hanya mementingkan penampilan luar yang rapi dan mengkilat, padahal kondisi mesin adalah salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas.

Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi mesin mobil bekas? Ikuti 8 cara mengecek mesin mobil bekas berikut dari kami:

#1: Ruang Mesin

Ruang Mesin

Buka kap mesin dan periksa di sekeliling ruang mesin apakah terdapat cat yang terlihat relatif baru dibandingkan dengan yang lain, di situ nanti akan terlihat apabila ruang mesin pernah di cat. Ruang mesin yang pernah di cat merupakan indikasi bahwa mesin pernah diturunkan. Sebab nya bisa berbagai macam, seperti karena bekas tabrakan atau karena mobil tersebut bekas kena banjir dan sebagainnya.

#2: Kondisi Mesin

Pastikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar, dan juga perhatikan kondisi fisik mesin.  Mobil yang terawat ialah mobil yang bebas dari kebocoran pada mesin ataupun selang-selang.

Contoh Kebocoran Mesin
Contoh Kebocoran Mesin

Cara mengetahuinya cukup mudah, amati satu per satu bagian mesin mobil dan pastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lainnya. Perhatikan pula baut dan mur yang ada. Bila ada baut baru atau baut yang bagian ujungnya cacat, tanyakan ke pedagang atau pemilik yang menjualnya. Biasanya pedagang yang nakal akan berupaya menutupi kerusakan ini dengan cara mencuci mesin mobil supaya tidak terlihat kalau ada oli yang rembes.

#3: Starter Mobil

Starter Mobil

Pastikan suara mesin mobil masih halus dan konstan saat mesin stasioner atau saat dihidupkan tanpa hentakan gas dan peranti audio dan AC di-nonaktifkan.

Mobil yang sehat atau terawat saat distarter dari keadaan dingin langsung konstan menyala dan tidak tersendat-sendat. Jika tersendat, kemungkinan aki mobil bermasalah atau mobil tersebut jarang diservis secara berkala sehingga ada kotoran yang menyumbat kinerja mesin

#4: Indikator & SpeedoMeter

Indikator dan Speedometer

Saat menghidupkan mesin, perhatikan setiap lampu indikator apakah ada yang menyala. Banyak lampu indikator kondisi mesin pada dashboard seperti oli dan temperatur, pastikan tidak ada yang menyala. Coba gas secara perlahan, lalu lepas dan perhatikan turun nya jarum RPM. Pastikan jarum RPM stabil turun naik. Jika tidak stabil, berarti mesin mobil tersebut bermasalah.

Baca Juga: 4 Kelebihan Menggunakan Jasa Inspeksi Mobil Bekas

#5: Suara Mesin

Perhatikan suara mesin saat pertama kali mesin dihidupkan dari keadaan mesin dingin. Dengarkan apakah ada suara yang tidak wajar keluar dari mesin. Contoh suara yang dapat dikategorikan tidak wajar seperti: suara gesekan plat besi, suara ketukan dari dalam mesin saat digas.

#6: Getaran Pada Mesin

Buka kap mesin, perhatikan apakah ada getaran yang tidak wajar atau tidak seirama. Apabila iya, mesin bisa dikatakan dalam keadaan “pincang”, yang bisa terjadi karena masalah pada engine mounting atau juga sistem kelistrikan yang tersendat.

#7: Gas Buang (Knalpot)

Gas Buang Knalpot

Cermati ujung knalpot, perhatikan gas buang mobil apa ada yang tidak wajar keluar dari knalpot. Tanda-tanda atau bekas hasil pembakaran di mesin yang ada di ujung knalpot memberikan petunjuk yang cukup akurat tentang kondisi mobil tersebut. Contoh:

  • Asap knalpot berwarna hitam – Indikasi pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.
  • Asap knalpot berwarna putih – Indikasi terdapat campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin.

Tetesan air pada knalpot merupakan hal yang wajar dan merupakan tanda mesin mobil masih bagus.

#8: Test Drive

Test Drive

Disarankan jangan terburu-buru saat melakukan test drive, banyak masalah terjadi ketika mesin mobil sudah panas dan digunakan untuk perjalanan agak lama. Pada saat test drive hal yang harus diperhatikan antara lain adalah performa mesin, kenyamanan perpindahan transmisi dan performa rem.

Baca Juga: 6 Langkah Melakukan Test Drive Mobil

Pemeriksaan Menyeluruh Sebelum Membeli Mobil

Selain memeriksa dan memastikan kondisi mesin, Anda juga perlu memastikan bagian mobil lainnya seperti body, interior dan kaki-kaki. Anda tentunya tidak mau membeli mobil yang mesin nya bagus, tapi ketika hujan, air rembes lewat jendela karena kaca pernah diganti akibat mobil bekas tabrakan.

Untuk memastikan kondisi mobil secara menyeluruh, OtoSpector menyediakan jasa inspeksi mobil bekas yang mencakup semua komponen mobil. Sehingga Anda tidak perlu repot dan bisa mendapatkan mobil yang benar-benar berkualitas.

Demikian tips dari kami semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam mengecek kondisi mesin mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Daftar Mobil Bekas Tidak Layak Beli. Ada Pilihan Anda?

November 28, 2018
OtoFriends, apakah Anda tengah berencana membeli mobil bekas sebagai kendaraan pribadi? Sebelum memilih, Anda wajib tahu dulu mobil bekas tidak layak beli yang ada di pasaran. Hmmhh.. kira-kira mengapa ya? Bukan hanya karena kualitas yang buruk, mobil-mobil bekas ini tak disarankan dibeli karena berbagai alasan. Beberapa hal tersebut antara lain susah dirawat, kurang nyaman digunakan,
Baca Lebih Lanjut

Bukan Hanya karena Aki, Ini 5 Penyebab Lain Mengapa Mobil Susah Distarter

November 16, 2018
Saat mobil susah distarter, orang-orang cenderung mengira bahwa ada masalah pada aki. Ketika dilakukan pemeriksaan, tahu-tahu aki mobil masih dalam keadaan bagus dan prima. Lantas, kalau bukan aki yang rusak, apa penyebab mobil jadi tak bisa distarter? Selain aki, ternyata banyak penyebab lain mengapa mobil susah distarter. Agar ke depannya tidak panik saat menghadapai masalah
Baca Lebih Lanjut

7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik

November 08, 2018
Beli mobil dengan budget Rp50 juta-an, bisa enggak ya? Tentu bisa-bisa saja kok, OtoFriends! Ada banyak pilihan mobil bekas 50 jutaan yang bisa dijadikan pilihan. Asal dipilih dengan tepat, diperiksa secara cermat, maka Anda pun bisa punya mobil seken bekas namun berkualitas. Anda sendiri ingin mobil seperti apa OtoFriends? City car, sedan, atau SUV? Sebelum
Baca Lebih Lanjut

Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda

Oktober 30, 2018
Hingga Oktober 2018, BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Turbo sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. Itu berarti, anggaran bensin untuk mobil kesayangan pun ikut naik juga. Sebelum kantong makin bolong, Anda wajib tahu cara menghemat BBM untuk mobil kesayangan! Menghemat BBM dapat dilakukan dari cara tersimpel seperti memperbaiki cara menyetir. Ada pula
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya