;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

6 Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil

Mei 16, 2016
By jandika
6 Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil-otospector

Melakukan test drive dengan teliti sangatlah penting sebelum membeli kendaraan baik bekas atau baru. Tidak hanya memastikan kendaraan masih berfungsi dengan baik, dengan melakukan test drive Anda dapat merasakan apakah mobil tersebut cocok dengan Anda.

Ikuti langkah-langkah test drive berikut agar tidak ada hal penting yang terlewatkan saat Anda melakukan test drive:

#1: Atur Posisi

Seat Adjustment

Untuk melakukan test drive dengan optimal, pastikan Anda mengatur posisi duduk dan setir yang sesuai dan nyaman. Atur juga posisi setelan naik turun setir agar pas pada posisi badan dan tangan. Dengan mengatur posisi, Anda juga sekaligus memastikan fungsi fitur tersebut masih bekerja dengan baik.

#2: Nyalakan Mesin

Starter Mobil

Sebelum menyalakan mesin, jangan langsung men-starter mobil, melainkan tinggalkan pada posisi “ON” terlebih dahulu dan perhatikan lampu indikator yang menyala. Pastikan lampu-lampu mati, barulah starter mobil. Apabila ada lampu indikator yang tetap menyala, berarti ada masalah pada mobil yang perlu diperbaiki.

Baca Juga: Indikasi Mobil Incaran Anda Bekas Tabrakan Besar

#3: Perhatikan Bunyi Mesin

Pahami Karakter Mesin

Setelah mesin menyala, buka kaca jendela pengemudi mobil dan dengarkan bunyi mesin secara seksama, pastikan suara mesin normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar. Hal ini penting dilakukan saat mesin masih dingin, karena mesin yang masih dingin yang sering mengeluarkan bunyi-bunyi yang bisa menjadi indikasi ada masalah pada mesin.

#4: Periksa Transmisi

Transmisi

Periksa kinerja transmisi sebelum menjalankan mobil. Untuk transmisi automatic, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada jeda yang lama atau sentakan yang keras setiap perpindahan transmisi.

Untuk transmisi manual, pastikan perpindahan tidak “slip” atau tersangkut, dan kopling tidak terasa dalam saat diinjak.

#5: Melakukan Test Drive

test-drive
Teknisi OtoSpector Melakukan Test Drive

Setelah memeriksa transmisi, kenakan sabuk pengaman, kemudian jalankan mobil. Biarkan kaca jendela pengemudi terbuka agar Anda bisa memperhatikan secara seksama bunyi-bunyi yang tidak wajar selama test drive. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan/dilakukan:

  • Cek fungsi kaki-kaki dengan melewati jalan yang tidak rata
  • Perhatikan apakah rem berfungsi normal atau tidak
  • Belokkan setir ke kiri dan kanan, pastikan tidak terdapat bunyi, berat, atau bantingan kurang enak
  • Lepaskan setir sesekali apakah condong ke kiri atau ke kanan untuk mengetahui kinerja setir tersebut
  • Pastikan perpindahan transmisi tidak berat, telat atau tidak bertenaga

#6: Perhatikan Kembali Lampu Indikator

Panel Dashboard

Setelah melakukan test drive, matikan mesin, tunggu beberapa menit, dan cobalah menyalakan mobil lagi. Perhatikan apakah lampu indikator ada yang menyala. Hal ini perlu dilakukan karena masalah-masalah tersembunyi bisa kembali muncul setelah kendaraan dibawa jalan.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Pastikan Kondisi dan Kecocokan Mobil

Demikian tips langkah-langkah melakukan test drive dari OtoSpector, semoga menambah wawasan Anda saat melakukan test drive mobil berikutnya.

Satu hal yang Anda harus ingat, melakukan test drive tidak hanya memeriksa kondisi mobil tetapi juga memastikan bahwa Anda merasa nyaman berkendara di mobil tersebut.

Ingin dibantu test drive oleh yang ahli? Inspektor kami siap membantu Anda. Test drive sudah termasuk dalam standar 150+Poin Inspeksi OtoSpector agar Anda yakin membeli mobil bekas pilihan Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Sistem Kelistrikan Yang Harus Anda Kenali

Februari 25, 2020
Salah satu sistem vital dalam kendaraan yang mungkin jarang dipahami oleh orang awam adalah sistem kelistrikan. Maklum, sistem ini begitu rumit dengan berbagai komponen yang tidak sederhana. Jika timbul masalah, maka penanganannya butuh keahlian dan ketelatenan tersendiri. Meski biasa ditangani oleh mekanik, namun tidak ada salahnya pemilik kendaraan mengetahui sedikit berbagai komponen yang menunjang fungsi
Baca Lebih Lanjut

Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Februari 17, 2020
Dibandingkan mobil jenis lain, mobil jenis sedan memang paling sedikit peminatnya di Indonesia. Padahal, di masa lalu, sedan pernah menjadi jenis mobil yang diminati konsumen. Bahkan, setiap merek mengeluarkan tipe-tipe sedan terbaiknya yang kemudian menjadi legenda pada masanya. Saat ini, mayoritas konsumen otomotif merasa cukup puas dengan mobil jenis MPV atau SUV. Jika berukuran kecil,
Baca Lebih Lanjut

Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil

Februari 13, 2020
Banyak orang bisa membeli mobil baru, tapi tidak semua orang mampu merawatnya. Buktinya, selalu ada saja mobil-mobil yang masuk kategori mewah, namun cat bodinya terlihat kusam, karena kurang perawatan. Merawat cat mobil memang butuh biaya. Jumlah biaya ini akan semakin tinggi jika pemilik menginginkan kondisi cat selalu terlihat kinclong. Namun sebenarnya tak semua perawatan harus
Baca Lebih Lanjut

Mudah dan Murah, Ini Langkah-langkah Perawatan Mobil Sendiri di Rumah

Februari 11, 2020
Tidak selamanya mobil harus masuk ke bengkel jika hanya sekadar untuk perawatan ringan. Pada perawatan-perawatan sederhana, bolehlah pemilik melakukannya sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, perawatan sendiri di rumah juga akan membuat pemilik jadi makin mengenal kendaraannya sendiri. Jika sudah terbiasa, maka andai suatu saat ada persoalan pada kendaraan di jalanan, pemilik jadi tidak
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya