6 Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil

Mei 16, 2016
By jandika
6 Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil-otospector

Melakukan test drive dengan teliti sangatlah penting sebelum membeli kendaraan baik bekas atau baru. Tidak hanya memastikan kendaraan masih berfungsi dengan baik, dengan melakukan test drive Anda dapat merasakan apakah mobil tersebut cocok dengan Anda.

Ikuti langkah-langkah test drive berikut agar tidak ada hal penting yang terlewatkan saat Anda melakukan test drive:

#1: Atur Posisi

Seat Adjustment

Untuk melakukan test drive dengan optimal, pastikan Anda mengatur posisi duduk dan setir yang sesuai dan nyaman. Atur juga posisi setelan naik turun setir agar pas pada posisi badan dan tangan. Dengan mengatur posisi, Anda juga sekaligus memastikan fungsi fitur tersebut masih bekerja dengan baik.

#2: Nyalakan Mesin

Starter Mobil

Sebelum menyalakan mesin, jangan langsung men-starter mobil, melainkan tinggalkan pada posisi “ON” terlebih dahulu dan perhatikan lampu indikator yang menyala. Pastikan lampu-lampu mati, barulah starter mobil. Apabila ada lampu indikator yang tetap menyala, berarti ada masalah pada mobil yang perlu diperbaiki.

Baca Juga: Indikasi Mobil Incaran Anda Bekas Tabrakan Besar

#3: Perhatikan Bunyi Mesin

Pahami Karakter Mesin

Setelah mesin menyala, buka kaca jendela pengemudi mobil dan dengarkan bunyi mesin secara seksama, pastikan suara mesin normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar. Hal ini penting dilakukan saat mesin masih dingin, karena mesin yang masih dingin yang sering mengeluarkan bunyi-bunyi yang bisa menjadi indikasi ada masalah pada mesin.

#4: Periksa Transmisi

Transmisi

Periksa kinerja transmisi sebelum menjalankan mobil. Untuk transmisi automatic, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada jeda yang lama atau sentakan yang keras setiap perpindahan transmisi.

Untuk transmisi manual, pastikan perpindahan tidak “slip” atau tersangkut, dan kopling tidak terasa dalam saat diinjak.

#5: Melakukan Test Drive

test-drive
Salah satu teknisi OtoSpector sedang melakukan test drive

Setelah memeriksa transmisi, kenakan sabuk pengaman, kemudian jalankan mobil. Biarkan kaca jendela pengemudi terbuka agar Anda bisa memperhatikan secara seksama bunyi-bunyi yang tidak wajar selama test drive. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan/dilakukan:

  • Cek fungsi kaki-kaki dengan melewati jalan yang tidak rata
  • Perhatikan apakah rem berfungsi normal atau tidak
  • Belokkan setir ke kiri dan kanan, pastikan tidak terdapat bunyi, berat, atau bantingan kurang enak
  • Lepaskan setir sesekali apakah condong ke kiri atau ke kanan untuk mengetahui kinerja setir tersebut
  • Pastikan perpindahan transmisi tidak berat, telat atau tidak bertenaga

#6: Perhatikan Kembali Lampu Indikator

Panel Dashboard

Setelah melakukan test drive, matikan mesin, tunggu beberapa menit, dan cobalah menyalakan mobil lagi. Perhatikan apakah lampu indikator ada yang menyala. Hal ini perlu dilakukan karena masalah-masalah tersembunyi bisa kembali muncul setelah kendaraan dibawa jalan.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Pastikan Kondisi dan Kecocokan Mobil

Demikian tips langkah-langkah melakukan test drive dari OtoSpector, semoga menambah wawasan Anda saat melakukan test drive mobil berikutnya.

Satu hal yang Anda harus ingat, melakukan test drive tidak hanya memeriksa kondisi mobil tetapi juga memastikan bahwa Anda merasa nyaman berkendara di mobil tersebut.

Ingin dibantu test drive oleh yang ahli? Inspektor kami siap membantu Anda. Test drive sudah termasuk dalam standar 150+Poin Inspeksi OtoSpector agar Anda yakin membeli mobil bekas pilihan Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
Baca Lebih Lanjut