6 Tips Beli Mobil Bekas di Showroom Agar Tidak Salah Pilih

Maret 24, 2017
By jandika
6 Tips Beli Mobil Bekas di Showroom Agar Tidak Salah Pilih-otospector

Membeli mobil bekas di showroom merupakan solusi tepat bagi orang-orang yang masih bingung menentukan pilihan kendaraan yang diinginkan. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai jenis mobil dengan merek, tahun keluaran, hingga harga mobil yang lebih variatif.

Walau begitu, sekarang makin marak showroom yang menjual mobil bekas dengan penampakan prima namun kondisi sebenarnya sudah bobrok.

Jika tidak cermat, tentu Anda akan merugi di kemudian hari. Oleh karena itu, simak dulu 9 tips memillih mobkas di showroom berikut ini.

#1: Bekali Diri dengan Informasi

Riset Mobil Online

Sebelum mendatangi showroom mobil bekas untuk melihat-lihat calon mobil Anda, bekali diri Anda dengan informasi dengan melakukan riset online. Saat ini cukup banyak situs yang menyediakan berbagai ulasan mengenai mobil bekas secara lengkap.

Cari tahu jenis dan merek mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menemukan merek dan model yang cocok, pastikan harga pasaran dan spesifikasinya. Jangan lupa catat informasi tersebut sehingga anda dapat langsung membandingkan saat berkonsultasi dengan pihak showroom.

#2: Jangan Tergoda Harga Murah

Mobil Bekas Manual atau Matic

Saat membeli mobil bekas di showroom, tentu Anda menginginkan harga yang semurah-murahnya bukan? Ketika mendapatkan penawaran promo harga super murah, hati-hati! Jangan mudah tergoda dan langsung menyambangi showroom tersebut.

Sebaiknya cek dulu seputar kebenaran promo tersebut. Biasanya hal tersebut dilakukan sebagai iming-iming supaya calon pembeli datang ke showroom.

Selain itu, pepatah “ada harga ada barang” juga berlaku saat membeli mobil bekas. Apabila mobil ditawarkan dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran, Anda harus lebih teliti dalam memeriksa kondisinya.

#3: Tanyakan Histori Kendaraan

Setelah menemukan mobil bekas di showroom pilihan, cek latar belakang dari kendaraan tersebut. Anda bisa tanyakan ke pihak showroom misalnya alasan dijualnya mobil oleh pemiliki lama, histori kerusakan, bukti servis, dan apakah servis selalu dilakukan di bengkel resmi.

Catatan Servis Dealer

Bukti servis sangat lah penting karena mobil dengan histori servis yang rutin dan lengkap, tentunya akan mempunyai kondisi mesin yang lebih prima. Mobil yang rutin diservis juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya yang merawat mobil dengan baik.

#4: Cek Kondisi Fisik Mobil

Cek Mesin Mobil

Bertanya tentu belum cukup membuat Anda yakin dengan kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Oleh sebab itu lakukanlah pengecekan menyeluruh pada eksterior serta interior kendaraan tersebut.

Setelah melakukan pengecekan bagian eksterior dan interior mobil, lakukan pemeriksaan kondisi mesinnya. Jangan mudah terpukau dengan penampakan mesin yang bersih dan mengkilap karena hal tersebut tidak menjamin kondisi mesin mobil sama sekali.

Langkah yang satu ini memang cukup sulit untuk dilakukan sendiri, apalagi oleh orang yang awam soal mobil. Bawa teman atau kenalan mekanik Anda, atau lebih baik lagi gunakan jasa pengecekan profesional yang biasa memeriksa mobil bekas.

Baca Juga: Cara Memeriksa Kaki-Kaki Mobil

#5: Lakukan Test Drive

Test Drive

Supaya lebih yakin dan sreg dengan mobil bekas pilihan dari showroom, jangan ragu untuk meminta test drive. Anda tentu lebih mudah mengidentifikasi dan merasakan kenyamanan dari mobil tersebut ketika membawanya melaju di jalan.

Ikuti langkah-langkah melakukan test drive dari kami agar tidak ada hal yang terlewat saat Anda melakukan test drive. Melakukan test drive tidak hanya memastikan performa mobil saat jalan, tetapi juga kecocokan mobil tersebut dengan Anda.

#6: Periksa Dokumen Kendaraan

Surat-surat Kendaraan
BPKB, STNK, dan Lembar Pajak

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting saat membeli mobil bekas ialah memeriksa kelengkapan dokumennya. Mintalah surat-surat penting mobil seperti BPKB dan STNK untuk Anda cek keasliannya. Setelah itu, cocokkan pula nomor mesin serta nomor mesin mobil yang tertera pada kendaraan dengan dokumen asli tersebut.

Jangan lupa juga perhatikan kapan pajak habis pada lembar pajak yang biasanya ada di balik STNK. Jika pajak sudah hampir habis, Anda bisa minta keringanan harga mobil incaran Anda.

Baca Juga: Dokumen yang Diperlukan Saat Transaksi Mobil Bekas

Gunakan Jasa Cek Mobil Bekas Profesional

Jika Anda merasa cocok dengan mobilnya, ada baiknya Anda gunakan jasa inspeksi mobil bekas seperti OtoSpector untuk memastikan kondisi mobil tersebut sebelum Anda beli.

Dengan biaya pengecekan ratusan ribu, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan lengkap 150+ Poin Inspeksi dan menghindari kerugian membeli mobil bekas bermasalah yang bisa mengakibatkan kerugian jutaan Rupiah.

Semoga 9 tips membeli mobil bekas di showroom yang kami ulas di atas dapat membantu Anda dalam proses membeli mobil bekas dan bisa lebih yakin dalam memilih mobil Anda berikutnya!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut