Klik disini untukJual Mobil Anda

Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil

November 07, 2016
By jandika
Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil-otospector

Kondisi jalan yang sering rusak, seperti tidak rata atau berlubang mengakibatkan kaki-kaki menjadi bagian yang sering bermasalah pada mobil. Sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi kaki-kaki mobil sangat menentukan kenyamanan berkendara mobil tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi kaki-kaki mobil? Perhatikan 6 komponen kaki-kaki mobil berikut dan cara memeriksanya.

#1: Tie Rod dan Long Tie Rod (Rack End)

Tie Rod

Tie Rod adalah komponen yang meneruskan pergerakan setir ke ban mobil. Untuk memeriksa Tie Rod, anda harus mendongkrak mobil terlebih dahulu. Setelah terangkat, pegang ban dan gerakkan ban ke kiri dan kanan, seakan mobil mau berbelok. Jika terdengar bunyi seperti beradu atau gesekan, berarti terdapat masalah pada komponen ini.

#2: Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm adalah komponen yang menjaga gerak naik turunnya ban pada as roda. Jika sudah rusak, biasanya menyebabkan bunyi saat melewati jalan yang tidak rata. Cara mengeceknya, belokan setir ke kiri/kanan sampai mentok, kemudian perhatikan komponen berbahan karet melingkar yang berwarna hitam di ujung as roda mobil. Jika terlihat retak dan pecah berarti bermasalah dan sudah layak diganti.

Baca Juga: Kapan Saat yang Tepat Untuk Ganti Ban Mobil Anda

#3: Ball Joint

Ball Joint

Fungsi dari Ball joint adalah mengikat dan menjadi sumbu Lower Arm atau as roda mobil, sehingga dapat mempertahankan posisi as roda pada tempatnya ketika mobil berbelok. Untuk mengecek kondisi Ball Joint, dongkrak mobil, kemudian tekan ban ke atas dan bawah. Pastikan tidak ada bunyi gesekan dan ban tidak naik/turun dengan jeda yang jauh.

#4: Bearing Roda

Bearing Roda

Faktor usia atau kilometer yang tinggi pada mobil sering mengakibatkan bearing roda menjadi aus atau kering. Untuk memeriksa bearing, roda, Anda harus mendongkrak mobil, lalu putar ban searah jarum jam. Jika terasa bergetar atau mengeluarkan sara berderit, maka bearing roda sudah aus.

Bisa juga dicek dengan cara test drive, jika bearing roda aus, maka akan terdengar suara mendengung pada roda, makin kencang laju kendaraan, makin kencang pula bunyi nya.

#5: Shockbreaker

Shockbreaker Bocor

Untuk memeriksa shockbreaker masih baik atau tidak, dapat dicek dengan melakukan test drive melewati jalan yang berlubang atau tidak rata. Pastikan guncangan tidak keras dan tidak ada bunyi keras/tidak wajar.

Selain test drive, kondisi shockbreaker juga bisa diperiksa dengan melihat kondisi fisiknya. Temukan shockbreaker yang terletak antara ban dengan fender mobil, perhatikan apakah shockbreaker mengalami rembes atau kebocoron.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

#6: Ban dan Velg

Untuk pemeriksaan velg mobil, perhatikan setir pengemudi apakah bergetar saat berjalan pada kecepatan yang cukup tinggi. Apabila setir bergetar, itu merupakah salah satu indikasi velg sudah tidak rata. Perhatikan juga bentuk fisik dari velg tersebut apakah terdapat gelombang, penyok, atau retak.

Ban Aus
Ban yang sudah aus

Untuk ban, perhatikan kedalaman kembang atau alurnya, pastikan alur masih cukup dalam dan permukaan ban tidak aus. Selain itu, pastikan juga karet ban tidak ada yang retak dan masih elastis. Jika iya, segera ganti ban untuk mencegah ban pecah di jalan yang sangat membahayakan.

Pemeriksaan Kaki-Kaki pada Mobil Bekas

Kaki-kaki merupakan bagian yang rentan rusak pada mobil bekas. Hal ini dikarenakan komponen kaki-kaki selalu bergerak saat mobil digunakan, sehingga sering rusak karena pemakaian.

Dengan tips di atas, kami harap Anda menjadi lebih mengerti mengenai cara memeriksa kaki-kaki mobil. Butuh cara yang lebih aman dan pasti? Gunakan jasa inspeksi Otospector untuk memeriksa mobil bekas pilihan Anda. 150+ Poin Inspeksi kami sudah mencakup pemeriksaan kaki-kaki dan juga test drive.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya