;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Kapankah Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?

Maret 14, 2018
By jandika
Kapankah Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?-otospector

Mengganti ban mobil merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh dilupakan. Sering diabaikan, padahal jika ban rusak atau kondisinya abnormal, sangat membahayakan dalam berkendara dan bagian lain dari mobil bisa terkena dampaknya.

Kira-kira, kapan hal ini harus Anda lakukan ya? Berikut ulasan lengkapnya dari tim OtoSpector.

#1: Ban Bolak-Balik Kempes

Ban Kempes

Teman OtoSpector, jalan raya zaman now sungguh tidak bisa diprediksi. Banyak sekali orang usil yang menebar paku di jalanan agar ban kendaraan orang bocor. Hal ini pun sulit untuk dihindari, apalagi Anda yang mengendarai mobil.

Bila ban mobil Anda sudah sering kempes dan bolak-balik ditambal, lebih baik lakukanlah penggantian. Kondisi demikian membuat kekuatan ban untuk menahan beban semakin berkurang. Bukan hanya menghabiskan banyak uang, mobil pun bisa celaka bila hal ini dibiarkan terus-menerus.

#2: Permukaan Ban Pecah-Pecah

Ban Retak

Tinggal di wilayah yang panas ternyata dapat membuat permukaan ban pecah-pecah alias retak. Sebenarnya kondisi ini dapat dihindari apabila ban kerap diberi cairan khusus dan dicuci. Sayangnya banyak yang tidak sadar hingga akhirnya ban rusak.

Bila hal ini terjadi, solusinya adalah dengan ganti ban mobil sesegera mungkin. Setelah diganti, jangan lupa untuk merawatnya agar kondisi ban tetap lentur. Selain itu, sebisa mungkin jangan membiarkan mobil terus-menerus terpapar sinar matahari.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Cepat Soak

#3: Ganti Ban Mobil Bila Permukaannya Benjol

Ban Benjol

Satu hal lagi mengenai jalanan di kota-kota Indonesia, banyak yang berlubang! Hal ini kadang tak bisa dihindari oleh pengendara dan malah kerap “dihajar” dalam kecepatan tinggi. Kebiasaan seperti itu pun dapat membuat ban mobil rusak dan menggelembung alias benjol.

Kondisi benjol ini diakibatkan oleh putusnya kawat yang terjalin di dalam ban. Ban yang terus dibiarkan seperti ini berpotensi mengalami pecah dan membahayakan Anda sebagai pengendara. Maka itu, bila hal ini terjadi segeralah ganti ban mobil Anda.

#4: Permukaan Ban Semakin Menipis

Kedalaman Alur Ban

Ganti ban mobil wajib dilakukan bila permukaannya telah semakin menipis. Kondisi seperti ini bisa Anda ketahui dengan mudah tanpa harus melakukan pengecekan ke tukang tambal ban atau bengkel. Anda cukup mengecek indikator tread wear indicator (TWI) yang tersedia pada setiap unit ban.

Apa itu TWI? TWI merupakan penunjuk batas wajar keausan sebuah ban yang tertera di permukaannya. Ada pabrikan yang menuliskan indikator tersebut berupa tulisan “TWI” ada pula yang menggunakan simbol khusus seperti segitiga atau persegi.

Nah, bila permukaan ban sudah menyamai posisi indikator TWI, itulah waktunya untuk melakukan ganti ban mobil.

Baca Juga: Siapkan Biaya Tambahan Berikut Saat Akan Membeli Mobil Bekas

#5: Odometer Mencapai 40 ribu KM

Panel Dashboard

Salah satu acuan yang sering digunakan mengenai kapan sebaiknya ganti ban mobil adalah dengan melihat jarak tempuh mobil itu sendiri. Angka odometer yang sering digunakan adalah di 40 ribu kilometer. Jika kita anggap pemakaian wajar mobil adalah 15 ribu kilometer per tahun, berarti diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali.

Dilansir dari situs michelinman.com, saat melakukan penggantian ban, Anda juga perhatikan usia ban tersebut. Meskipun dalam kondisi baru dan bagus, jika usia ban sudah mencapai 10 tahun, ban bisa dibilang sudah kadaluarsa. Kenapa? Seiring waktu, kondisi lingkungan tempat penyimpanan ban akan mempengaruhi fleksibilitas karet ban dan ban akan cenderung mengeras.

 

Kapankah Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?

Maret 14, 2018
By jandika
thumbnail-Kapankah Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?-otospector

Mengganti ban mobil merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh dilupakan. Sering diabaikan, padahal jika ban rusak atau kondisinya abnormal, sangat membahayakan dalam berkendara dan bagian lain dari mobil bisa terkena dampaknya.

Kira-kira, kapan hal ini harus Anda lakukan ya? Berikut ulasan lengkapnya dari tim OtoSpector.

#1: Ban Bolak-Balik Kempes

Ban Kempes

Teman OtoSpector, jalan raya zaman now sungguh tidak bisa diprediksi. Banyak sekali orang usil yang menebar paku di jalanan agar ban kendaraan orang bocor. Hal ini pun sulit untuk dihindari, apalagi Anda yang mengendarai mobil.

Bila ban mobil Anda sudah sering kempes dan bolak-balik ditambal, lebih baik lakukanlah penggantian. Kondisi demikian membuat kekuatan ban untuk menahan beban semakin berkurang. Bukan hanya menghabiskan banyak uang, mobil pun bisa celaka bila hal ini dibiarkan terus-menerus.

#2: Permukaan Ban Pecah-Pecah

Ban Retak

Tinggal di wilayah yang panas ternyata dapat membuat permukaan ban pecah-pecah alias retak. Sebenarnya kondisi ini dapat dihindari apabila ban kerap diberi cairan khusus dan dicuci. Sayangnya banyak yang tidak sadar hingga akhirnya ban rusak.

Bila hal ini terjadi, solusinya adalah dengan ganti ban mobil sesegera mungkin. Setelah diganti, jangan lupa untuk merawatnya agar kondisi ban tetap lentur. Selain itu, sebisa mungkin jangan membiarkan mobil terus-menerus terpapar sinar matahari.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Cepat Soak

#3: Ganti Ban Mobil Bila Permukaannya Benjol

Ban Benjol

Satu hal lagi mengenai jalanan di kota-kota Indonesia, banyak yang berlubang! Hal ini kadang tak bisa dihindari oleh pengendara dan malah kerap “dihajar” dalam kecepatan tinggi. Kebiasaan seperti itu pun dapat membuat ban mobil rusak dan menggelembung alias benjol.

Kondisi benjol ini diakibatkan oleh putusnya kawat yang terjalin di dalam ban. Ban yang terus dibiarkan seperti ini berpotensi mengalami pecah dan membahayakan Anda sebagai pengendara. Maka itu, bila hal ini terjadi segeralah ganti ban mobil Anda.

#4: Permukaan Ban Semakin Menipis

Kedalaman Alur Ban

Ganti ban mobil wajib dilakukan bila permukaannya telah semakin menipis. Kondisi seperti ini bisa Anda ketahui dengan mudah tanpa harus melakukan pengecekan ke tukang tambal ban atau bengkel. Anda cukup mengecek indikator tread wear indicator (TWI) yang tersedia pada setiap unit ban.

Apa itu TWI? TWI merupakan penunjuk batas wajar keausan sebuah ban yang tertera di permukaannya. Ada pabrikan yang menuliskan indikator tersebut berupa tulisan “TWI” ada pula yang menggunakan simbol khusus seperti segitiga atau persegi.

Nah, bila permukaan ban sudah menyamai posisi indikator TWI, itulah waktunya untuk melakukan ganti ban mobil.

Baca Juga: Siapkan Biaya Tambahan Berikut Saat Akan Membeli Mobil Bekas

#5: Odometer Mencapai 40 ribu KM

Panel Dashboard

Salah satu acuan yang sering digunakan mengenai kapan sebaiknya ganti ban mobil adalah dengan melihat jarak tempuh mobil itu sendiri. Angka odometer yang sering digunakan adalah di 40 ribu kilometer. Jika kita anggap pemakaian wajar mobil adalah 15 ribu kilometer per tahun, berarti diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali.

Dilansir dari situs michelinman.com, saat melakukan penggantian ban, Anda juga perhatikan usia ban tersebut. Meskipun dalam kondisi baru dan bagus, jika usia ban sudah mencapai 10 tahun, ban bisa dibilang sudah kadaluarsa. Kenapa? Seiring waktu, kondisi lingkungan tempat penyimpanan ban akan mempengaruhi fleksibilitas karet ban dan ban akan cenderung mengeras.

 

Baca Artikel Lainnya

Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
November 05, 2019
Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan. Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Oktober 23, 2019
Uzone.id – Nyari mobil bekas itu gampang-gampang susah. Kadang, ngeliat di foto cakep abis, eh, ketika diliat ternyata biasa aja atau malah dibawah ekspektasi. Belum lagi kalau harus menghadapi pedagang gak jujur, dan sialnya, kita awam terhadap sebuah mobil. Jadinya kayak beli kucing di dalam karung, eh beli mobil di dalam karung maksudnya. Nah, ternyata ada cara yang
Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
November 05, 2019
Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan. Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Oktober 23, 2019
Uzone.id – Nyari mobil bekas itu gampang-gampang susah. Kadang, ngeliat di foto cakep abis, eh, ketika diliat ternyata biasa aja atau malah dibawah ekspektasi. Belum lagi kalau harus menghadapi pedagang gak jujur, dan sialnya, kita awam terhadap sebuah mobil. Jadinya kayak beli kucing di dalam karung, eh beli mobil di dalam karung maksudnya. Nah, ternyata ada cara yang
Menilai Orisinalitas Mobil Bekas, Bisa Dilihat Dari 5 Faktor Ini
Menilai Orisinalitas Mobil Bekas, Bisa Dilihat Dari 5 Faktor Ini
Oktober 22, 2019
Meski “statusnya” mobil bekas, namun tidak selalu kondisinya tidak terawat dan penuh masalah. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya bisa saja masih cukup baik. Semua itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya. Mobil-mobil bekas yang masih dalam kondisi orisinil ini tentu saja punya nilai yang lebih di mata calon pembeli. Anda yang mungkin berminat, juga
Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah  6 Indikasi Ini
Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini
Oktober 17, 2019
Wajar jika sebuah mobil bekas memiliki berbagai kekurangan pada berbagai komponen. Apalagi, jika mobil tersebut sudah cukup berumur atau sering dioperasikan sebelumnya. Salah satu komponen vital yang wajib ditengok adalah sistem pengereman. Sebelum menjajal mobil tersebut di jalanan, tak ada salahnya kita mengecek rem terlebih dulu demi menjaga keamanan. Adanya kekurangan pada rem bisa terbaca
Artikel Terbaru
Baca Artikel Lainnya
Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
November 05, 2019
Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan. Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Oktober 23, 2019
Uzone.id – Nyari mobil bekas itu gampang-gampang susah. Kadang, ngeliat di foto cakep abis, eh, ketika diliat ternyata biasa aja atau malah dibawah ekspektasi. Belum lagi kalau harus menghadapi pedagang gak jujur, dan sialnya, kita awam terhadap sebuah mobil. Jadinya kayak beli kucing di dalam karung, eh beli mobil di dalam karung maksudnya. Nah, ternyata ada cara yang
Menilai Orisinalitas Mobil Bekas, Bisa Dilihat Dari 5 Faktor Ini
Menilai Orisinalitas Mobil Bekas, Bisa Dilihat Dari 5 Faktor Ini
Oktober 22, 2019
Meski “statusnya” mobil bekas, namun tidak selalu kondisinya tidak terawat dan penuh masalah. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya bisa saja masih cukup baik. Semua itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya. Mobil-mobil bekas yang masih dalam kondisi orisinil ini tentu saja punya nilai yang lebih di mata calon pembeli. Anda yang mungkin berminat, juga
Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah  6 Indikasi Ini
Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini
Oktober 17, 2019
Wajar jika sebuah mobil bekas memiliki berbagai kekurangan pada berbagai komponen. Apalagi, jika mobil tersebut sudah cukup berumur atau sering dioperasikan sebelumnya. Salah satu komponen vital yang wajib ditengok adalah sistem pengereman. Sebelum menjajal mobil tersebut di jalanan, tak ada salahnya kita mengecek rem terlebih dulu demi menjaga keamanan. Adanya kekurangan pada rem bisa terbaca
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Oktober 13, 2019
Berbeda dengan mobil baru yang jelas asal-usulnya, mobil bekas terkadang bisa punya beragam latar belakang. Salah satunya, mobil tersebut berasal dari aktivitas ilegal, alias curian. Secara fisik, antara mobil legal dan ilegal, tentu saja tidak ada perbedaan secara langsung. Namun bukan berarti kita tidak bisa membedakannya. Asalkan cermat dalam memilih, kita bisa mendapat “warning”, apakah