Beli Mobil Bekas? Ketahui dan Siapkan Juga Biaya Tambahan

Januari 22, 2018
By jandika
Beli Mobil Bekas? Ketahui dan Siapkan Juga Biaya Tambahan-otospector

Apakah Anda tengah mempersiapkan diri untuk membeli mobil di awal tahun ini? Selain mengeluarkan uang untuk membeli mobil, ternyata ada pula biaya tambahan lain yang perlu dipersiapkan.

Kira-kira biaya tersebut mencakup apa saja? Supaya tidak kaget dan bisa mempersiapkan keuangan lebih matang, ketahui dulu daftarnya di bawah ini.

#1: Biaya Provisi

Kredit Mobil Bekas

Jika Anda membeli mobil bekas dengan cara mencicil, ada biaya yang keluar saat Anda melakukan pembelian cicilan yaitu biaya provisi alias administrasi.

Besarnya biaya tambahan ini sendiri dapat berbeda sesuai dengan tempat pengajuan pinjaman. Faktor lain yang memengaruhi nominal biaya provisi adalah harga mobil yang akan dibeli.

Di samping biaya provisi ada pula biaya yang disebut dengan fidusia atau biaya tanda bukti kepercayaan. Saat Anda mengajukan pinjaman uang ke leasing, umumnya biaya fidusia yang dikenakan berkisar Rp50 ribu.

#2: Biaya Pengecekan

OtoSpector Inspeksi Kendaraan

Sebelum melakukan pembelian, sebaiknya sewa jasa inspeksi atau pengecekan mobil bekas untuk memastikan kondisi serta kualitas mobil bekas idaman Anda. Salah satu jasa pengecekan mobil bekas terpercaya adalah OtoSpector.

Biaya pemeriksaan sendiri tergantung pada jenis mobil yang akan Anda beli. Nominalnya pun sangat terjangkau. Dengan melakukan pemeriksaan, Anda bisa terhindar dari risiko mengeluarkan uang lebih banyak!

Siapa tahu mobil bekas yang Anda beli menyimpan banyak masalah. Anda pun tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk men-servis dan memperbaiki mobil tersebut.

Baca Juga: 4 Alasan Anda Harus Cek Kondisi Sebelum Beli Mobil Bekas

#3: Biaya Balik Nama

Trik Tukar Tambah Mobil Bekas

Saat membeli mobil bekas, mau tak mau Anda pun harus membayar biaya lain untuk mengganti kepemilikannya. Proses ini kerap disebut sebagai balik nama.

Ada dua pembagian biaya yang harus dibayarkan untuk mengurus balik nama kepemilikan mobil yaitu, biaya pajak dan juga non pajak.

Beberapa poin yang termasuk sebagai biaya pajak ialah:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang nominalnya 1,5% dari nilai jual kendaraan.
  • Biaya Balik Nama Kendaraan bermotor (BBN KB) yaitu 2/3 dari PKB.
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
  • Administrasi STNK.
  • Biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Sementara itu beberapa poin yang termasuk sebagai biaya non pajak adalah:

  • Biaya pengesahan hasil cek fisik.
  • Pendaftaran balik nama STNK.
  • Biaya pendaftaran balik nama BKPB.

Besaran dari biaya tersebut pun umunya berbeda-beda sesuai dengan daerah tempat tinggal.

Baca juga: Mengenali BPKB Asli atau Palsu, Begini Ciri-cirinya

#4: Biaya Asuransi

Asuransi Mobil

Biaya tambahan lain yang biasanya dikeluarkan saat seseorang membeli mobil bekas adalah asuransi. Biaya ini bersifat opsional jika Anda membeli secara cash, tapi diharuskan jika And membeli secara kredit.

Jumlah biaya premi yang harus disetorkan sendiri ditentukan oleh jenis mobil serta usianya. Hal ini dipengaruhi oleh kemungkinan kerusakan yang lebih besar dari mobil yang usianya lebih tua.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Berapa Biaya Mengganti Kaca Mobil Yang Pecah?

Februari 27, 2024
Kaca mobil merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Pasalnya jika tidak ada kaca mobil, mata kita sebagai pengemudi akan terkena angin kencang dan kotoran, kotoran itu bisa masuk ke dalam kabin mobil juga. Meski kaca mobil itu punya material yang bagus dan kuat, tapi kaca mobil bisa saja rusak atau pecah, karena waktu dari
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Depok dan Bogor

Februari 26, 2024
Warga Depok dan Bogor mana suaranya? Teruntuk kamu yang pengen beli mobil bekas berkualitas, bang min saranin kamu beli di showroom mobil bekas Otospector aja ya. Kamu bisa dapetin mobil yang sudah di inspeksi dan bergaransi. Tapi kalau kamu bingung dimana aja sih dealer rekanan Otospector yang ada di Depok atau Bogor? Cek aja di
Baca Lebih Lanjut

Karena 5 Alasan Ini Innova Diesel Terus Dicari

Februari 25, 2024
Sudah bukan kabar baru lagi kalau Toyota Kijang Innova diesel adalah salah satu jenis mobil yang paling sulit ditemui di bursa mobil bekas. Karena mobil ini biasanya tidak bakal lama-lama nongkrong di showroom. Begitu dipajang, tak lama bakal langsung terjual. Bukan cuma karena menyandang nama Toyota dan Innova, maka mobil ini laris manis di pasaran.
Baca Lebih Lanjut