Mengenali BPKB Asli atau Palsu, Begini Ciri-cirinya

November 20, 2019
By Thomas W
Mengenali BPKB Asli atau Palsu, Begini Ciri-cirinya-otospector

Salah satu kelengkapan legalitas yang diperlukan saat jual-beli mobil bekas adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Bahkan BPKB ini boleh dibilang sebagai dokumen paling vital. Tanpa BPKB asli sebaiknya urungkan niat untuk membeli mobil.

Masalahnya, saat ini ada banyak BPKB palsu yang beredar. Keberadaan sindikat pemalsu dokumen-dokumen kendaraan juga membuat peredarannya semakin marak di masyarakat. Untuk itu, calon pembeli harus jeli dalam mengenali BPKB mana yang asli dan palsu.

Nah, berikut ini sejumlah cara untuk mengenali BPKB asli atau palsu yang ditulis oleh Traffic Menagement Centre Polda Metro Jaya:

#1: Cover BPKB asli lebih mengkilap daripada yang palsu.

BPKB Mobil

Dari pemeriksaan sekilas, jelas cover BPKB asli akan terlihat lebih bagus dibandingkan dengan yang palsu. Warnanya lebih mengkilap dan meyakinkan

#2: Hologram dari BPKB asli tak akan berubah warna

BPKB Asli atau Palsu

Hologram dari BPKB tidak akan berubah warna dan tetap terlihat berwarna silver jika disorotkan ke sinar, sementara yang palsu akan memancar dengan warna kuning. Jangan mudah terkecoh oleh penampilan yang sekilas akan menipu.

Baca juga: Bukan Hanya karena Aki, Ini 5 Penyebab Lain Mengapa Mobil Susah Distarter

#3: Adanya nomor di bawah bagian hologram

BPKB Mobil Hologram

Nomor ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisili. Namun sejumlah nomor tak akan bisa dideteksi pembacaannya karena memang bersifat rahasia milik Korlantas.

#4: Ciri ke-4 adalah pada bagian identitas pemilik.

BPKB Asli atau Palsu

Identitas pemilik yang palsu acapkali ditemukan dalam kondisi seperti dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus. Ciri ini dapat dikenali jika kita memang jeli.

#5: Pada halaman ke-14 ada logo Korlantas

BPKB Korlantas

Logo Korlantas akan muncul hanya jika disinari menggunakan ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

Baca juga: Inilah Pilihan Mobil Bekas Mudah Dijual Kembali

Meskipun secara teknis mobil sudah dirasa oke dan cocok, namun jika legalitasnya meragukan, sebaiknya kita harus tetap ekstra waspada. Sebab, masalah surat-surat kendaraan bisa saja berakibat pada masalah hukum. Amit-amit, ya!

Jika memang berniat memeriksa surat-surat kendaraan, ada baiknya untuk meminta bantuan kepada orang yang paham. Atau jika ingin lebih aman, silakan pergunakan jasa inspeksi mobil bekas yang aman dan terpercaya

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Mobil Untuk Yang Tinggal Di Pegunungan

Januari 18, 2024
Hallo otofriends, coba bang min tanya, kira-kira kalau kamu tinggalnya seperti dipegunungan, kamu bakalan memilih mobil apa? Mungkin dari otofriends yang membaca artikel ini bakalan memilih mobil-mobil kebanyakan yang ada diperkotaan. Seperti dari segmen city car, contohnya Brio, bahkan mobil-mobil sedan lainnya. Kita cari tahu dulu apa kebutuhan yang paling mendasar untuk mereka yang tinggal
Baca lebih lanjut

Gak Cuma Esemka Ini 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Update 2024

Januari 18, 2024
Meski menjadi salah satu pasar otomotif yang cukup besar di dunia, ternyata merek mobil buatan Indonesia malah tidak ada yang berumur panjang. Beberapa merek mobil memang pernah diupayakan hadir oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, namun kelanjutannya malah dipertanyakan. Walau belum ada mobil nasional, industri otomotif Indonesia sudah mampu mengekspor mobil dan suku cadang ke berbagai
Baca lebih lanjut

Cek Harga Vios Bekas Per 2024, Mulai Rp 65 Juta

Januari 17, 2024
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca lebih lanjut