Saat mobil susah distarter, orang-orang cenderung mengira bahwa ada masalah pada aki. Ketika dilakukan pemeriksaan, tahu-tahu aki mobil masih dalam keadaan bagus dan prima. Lantas, kalau bukan aki yang rusak, apa penyebab mobil jadi tak bisa distarter?
Selain aki, ternyata banyak penyebab lain mengapa mobil susah distarter. Agar ke depannya tidak panik saat menghadapai masalah seperti tersebut, wajib tahu deretan penyebab mengapa mobil tak bisa dinyalakan. Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk, OtoFriends!
Salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil ialah busi. Bila bagian ini bermasalah, maka starter mobil pun dapat terkena dampaknya. Busi yang kotor atau sudah usang adalah dua faktor penyebabnya.
Pertama, busi yang kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar starter dapat bekerja. Saat mobil tak bisa distarter, coba lihat busi yang ada di dalam ruang mesin. Bila kotor, segera bersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus.
Penyebab kedua ialah busi yang sudah tak baik lagi. Kondisi seperti ini membuat mobil susah distarter ketika masih dalam keadaan panas. Saat mesin sudah dingin, barulah starter dapat dilakukan. Busi seperti ini lebih baik diganti agar tak menghambat kinerja mobil kesayangan.
Dilansir OtoSpector dari otomotif.kompas.com, penyebab lain mobil sulit distarter ialah alternator yang rusak. Alternator merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil pun pasti tak akan bisa menyala walau aki dalam kondisi baik.
Alternator sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan terjadi pada mobil-mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Bila menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan di bengkel.
Keadaan mobil susah distarter kerap terjadi saat mobil sedang panas. Ternyata salah satu faktor penyebabnya ialah aliran bahan bakar yang tak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin. Selain itu, tak bercampurnya bahan bakar dengan udara juga bisa jadi penyebab lain mobil tak bisa distarter dalam kondisi ini.
Tak hanya saat mobil panas, potensi mobil sulit distarter akibat bahan bakar pun dapat terjadi di pagi hari. Masalah ini disebabkan oleh pompa bahan bakar (fuel pump) dari tangki menuju karburator melemah akibat kondisi dingin. Cukup hentak fuel pump di dalam ruang mesin maka ia akan kembali berfungsi.
Selain busi, koil juga punya andil untuk menyalakan starter mobil. Fungsinya sendiri ialah menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt). Setelah itu, maka arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.
Jika sewaktu-waktu mobil susah distarter, lakukan pengecekan pada koil. Koil yang rusak bisa diketahui dari suhunya yang terlampau panas. Lakukan penggantian komponen satu ini agar sistem mobil Anda dapat berjalan normal kembali.
WTS (water temperature sensor) atau sensor suhu juga berpotensi membuat mobil susah distarter. Bila terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.
Semoga pejelasan dari OtoSpector di atas bermanfaat untuk Anda, OtoFriends! Manfaatkan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membantu kamu cek mobil bekas yang akan kamu beli.
Bagikan