Bukan Cuma Aki, Inilah 5 Penyebab Mobil Susah Distarter

Juli 29, 2023
By jandika
Bukan Cuma Aki, Inilah 5 Penyebab Mobil Susah Distarter-otospector

Saat mobil susah distarter, orang-orang cenderung mengira bahwa ada masalah pada aki. Ketika dilakukan pemeriksaan, tahu-tahu aki mobil masih dalam keadaan bagus dan prima. Lantas, kalau bukan aki yang rusak, apa penyebab mobil jadi tak bisa distarter?

Selain aki, ternyata banyak penyebab lain mengapa mobil susah distarter. Agar ke depannya tidak panik saat menghadapai masalah seperti tersebut, wajib tahu deretan penyebab mengapa mobil tak bisa dinyalakan. Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk, OtoFriends!

#1: Mobil Susah Distarter Akibat Masalah Busi

busi mobil bekas

Salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil ialah busi. Bila bagian ini bermasalah, maka starter mobil pun dapat terkena dampaknya. Busi yang kotor atau sudah usang adalah dua faktor penyebabnya.

Pertama, busi yang kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar starter dapat bekerja. Saat mobil tak bisa distarter, coba lihat busi yang ada di dalam ruang mesin. Bila kotor, segera bersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus.

Penyebab kedua ialah busi yang sudah tak baik lagi. Kondisi seperti ini membuat mobil susah distarter ketika masih dalam keadaan panas. Saat mesin sudah dingin, barulah starter dapat dilakukan. Busi seperti ini lebih baik diganti agar tak menghambat kinerja mobil kesayangan.

#2: Alternator atau Dinamo Ampere yang Rusak

alternator mobil bekas

Dilansir OtoSpector dari otomotif.kompas.com, penyebab lain mobil sulit distarter ialah alternator yang rusak. Alternator merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil pun pasti tak akan bisa menyala walau aki dalam kondisi baik.

Alternator sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan terjadi pada mobil-mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Bila menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan di bengkel.

Baca Juga: 5 Ciri Alternator atau Dinamo Ampere Rusak

#3 Aliran Bahan Bakar yang Tak Lancar

mesin mobil bekas

Keadaan mobil susah distarter kerap terjadi saat mobil sedang panas. Ternyata salah satu faktor penyebabnya ialah aliran bahan bakar yang tak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin. Selain itu, tak bercampurnya bahan bakar dengan udara juga bisa jadi penyebab lain mobil tak bisa distarter dalam kondisi ini.

Tak hanya saat mobil panas, potensi mobil sulit distarter akibat bahan bakar pun dapat terjadi di pagi hari. Masalah ini disebabkan oleh pompa bahan bakar (fuel pump) dari tangki menuju karburator melemah akibat kondisi dingin. Cukup hentak fuel pump di dalam ruang mesin maka ia akan kembali berfungsi.

#4: Koil Terlampau Panas

koil mobil bekas

Selain busi, koil juga punya andil untuk menyalakan starter mobil. Fungsinya sendiri ialah menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt). Setelah itu, maka arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.

Jika sewaktu-waktu mobil susah distarter, lakukan pengecekan pada koil. Koil yang rusak bisa diketahui dari suhunya yang terlampau panas. Lakukan penggantian komponen satu ini agar sistem mobil Anda dapat berjalan normal kembali.

Garansi mobil bekas

Baca Juga: Cara Mengenali Kerusakan Mobil dari Asap Knalpot

#5: WTS Bermasalah

water temperatur sensor dari mobil bekas

WTS (water temperature sensor) atau sensor suhu juga berpotensi membuat mobil susah distarter. Bila terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

Semoga pejelasan dari OtoSpector di atas bermanfaat untuk Anda, OtoFriends! Manfaatkan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membantu kamu cek mobil bekas yang akan kamu beli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Segini Perkiraan Biaya Ganti Cat Mobil

Maret 09, 2024
Pemilik mobil yang ingin memperbarui warna body mobilnya biasanya akan mencari tahu informasi seputar biaya ganti cat mobil. Maklum saja, pengecatan bodi mobil bukan pekerjaan yang sering kita lakukan. Biasanya cuma saat warna body sudah pudar akibat usia mobil atau ketika ada kerusakan pada body. Dengan mengetahui kisaran biaya ganti cat mobil, pemilik bakal bisa
Baca lebih lanjut

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca lebih lanjut

Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

Maret 08, 2024
Mana nih yang mau otw mudik lebaran tahun 2024? Spesial buat kamu yang bawa mobil udah berumur atau tua. Jangan lupa cek beberapa komponen yang bisa menyebabkan penyakit untuk mobil-mobil tua. Buat yang pada mau otw mudik, terutama saat dua minggu mau lebaran, biasanya jalanan cukup macet. Nah saat mudik emang nggak bisa diprediksi bakalan
Baca lebih lanjut