;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

5 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir

September 06, 2016
By jandika
5 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir-otospector

Musibah banjir yang sering terjadi mengakibatkan banyak mobil bekas banjir yang dibersihkan, kemudian dijual kembali sebagai mobil bekas dalam kondisi “prima”.

Oleh karena itu, peminat mobil bekas harus ekstra hati-hati dalam memilih mobil, karena mobil bekas terendam banjir menyimpan segudang masalah. Selain masalah pada mesin, kelistrikan mobil juga sering menjadi bermasalah karena pernah terkena air.

Bagaimana caranya menghindari membeli mobil bekas banjir? Perhatikan ciri-ciri mobil kena banjir di bawah sebelum membeli mobil Anda berikutnya.

#1: Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap

Perhatikan bau interior saat Anda pertama kali masuk mobil. Apakah tercium bau tidak sedap seperti bau apek? Bila iya, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir. Bau ini disebabkan oleh bagian yang basah dan susah dibersihkan secara tuntas.

Anda juga harus berhati-hati juga dengan parfum interior mobil yang berlebihan, karena mungkin digunakan oleh penjual untuk menyamarkan bau yang tidak normal.

#2: Endapan Kotoran atau Lumpur

Endapan Lumpur

Membersihkan mobil bekas banjir bukanlah suatu hal yang mudah, seringkali ada beberapa tempat yang terlewatkan oleh penjual. Oleh karena itu, kita harus jeli memperhatikan endapan kotoran/lumpur yang tidak wajar pada sudut dan sela interior.

Kotoran ini terbawa air banjir yang masuk ke dalam interior mobil. Tempat-tempat yang perlu diperhatikan contohnya adalah lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

Selain pada interior, perhatikan pula kisi-kisi radiator mobil. Jika ada sampah yang tersangkut, sudah rusak atau tidak orisinil, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir.

Baca Juga: 6 Langkah Melakukan Test Drive Mobil

#3: Karat

Karat Pada Pedal Gas
Karat Pada Pedal Gas

Ciri lain mobil bekas banjir adalah karat dan korosi. Periksa eksterior, pastikan tidak ada karat yang tidak wajar atau menyeluruh pada body dan kolong. Pada interior, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa, salah satunya adalah karat pada jok mobil dan pedal.

#4: Kerusakan Mesin

Oli Tercampur Air

Pada mobil bekas terendam banjir, oli di dalam mesin mobil tersebut akan tercampur dengan air. Periksa warna oli mesin, apabila warnanya coklat keputihan, itu indikasi bahwa air pernah masuk ke dalam mesin.

Selain warna oli, Anda juga perlu perhatikan suara mesin mobil tersebut. Suara mesin yang belum diperbaiki setelah kena banjir akan terdengar lebih kasar dan keras dari normal.

#5: Kerusakan Elektronik

EPS Indikator

Semua alat elektronik sangat rentan terhadap masalah jika terkena air, sama halnya dengan komponen elektrik pada mobil. Periksa setiap fungsi perangkat elektronik seperti lampu, audio, AC, wiper dan perangkat elektronik lainnya, pastikan semua berfungsi dengan normal.

Pastikan juga lampu indikator EPS (Electric Power Steering) pada dashboard tidak menyala. EPS adalah salah satu komponen elektrik yang sering rusak pada mobil bekas banjir.

Cara Memastikan Mobil Bebas Banjir

Memang tidak mudah membeli mobil bekas dengan kualitas prima, banyak trik yang penjual gunakan untuk menutupi kekurangan mobil yang dijual. Akan tetapi, jika pembeli teliti dalam memeriksa, sebenarnya mobil bekas bisa diketahui kualitasnya.

Cara yang lebih mudah dan aman adalah menggunakan jasa ahli yang sudah berpengalaman dalam melihat indikasi mobil bekas banjir seperti OtoSpector. Pengecekan indikasi bekas terendam banjir sudah termasuk dalam 150+ Poin Inspeksi kami.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

5 Mobil Paling Irit BBM Selain LCGC Tahun 2020

Oktober 16, 2020
Pada masa pandemi seperti saat ini, urusan konsumsi BBM tentunya jadi isu yang penting. Terutama bagi orang-orang yang tetap beraktivitas sehari-hari seperti biasa, menggunakan kendaraan pribadi. Yang mereka butuhkan, mobil paling irit BBM, namun tetap sesuai mewakili selera dan kepribadian mereka. Bicara soal mobil paling irit BBM tentu kita akan langsung terpaku pada mobil-mobil Low
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Bekas Murah Harga di Bawah Rp50 Jutaan, Tipe SUV

Oktober 12, 2020
Banyak mobil bekas murah saat ini, mengingat di pasaran memang sedang membanjir penawaran dari penjual. Akan tetapi jangan sembarangan memilih mobil begitu saja. Pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Contohnya, mobil yang tangguh dan siap menghadapi medan yang kurang menguntungkan. Jalanan yang rusak atau ancaman banjir, misalnya. Apalagi musim hujan sudah di depan
Baca Lebih Lanjut

Harga Avanza Bekas Tetap Tinggi, 5 Alasan Ini Yang Mempengaruhi Orang Memilihnya

Oktober 08, 2020
Di antara ratusan model kendaraan dari berbagai merek yang pernah dijual di Indonesia, Toyota Avanza boleh dikata paling fenomenal. Selain sempat tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi selama sekitar 13 tahun (sejak 2006 ke 2019), harga Avanza bekas tetap tinggi dan stabil. Mobil dengan julukan “mobil sejuta umat” ini konon memang mampu menjawab kebutuhan orang
Baca Lebih Lanjut

Lelang Mobil Murah dan Bergaransi, Kolaborasi Caready dengan Otospector

Oktober 05, 2020
Tertarik beli mobil bekas di balai lelang mobil? Jangan khawatir, karena sekarang membeli mobil bekas di balai lelang Caready semakin aman. Mobil-mobil yang dijual di Caready dijamin sudah diinspeksi oleh Otospector, bahkan mendapat garansi.   Dengan membeli mobil yang sudah lulus inspeksi Otospector, maka gambaran tentang kondisi mobil dapat diketahui secara pasti. Pembeli juga dapat menentukan
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya